15 Masjid Termegah, Terbesar dan Termewah di Indonesia

Kali ini Mediasiana.com akan membahas 15 Masjid Termegah, Terbesar dan Termewah yang ada di Indonesia. Masjid yang mempunyai ruangan yang besar dan juga sirkulasi udara yang baik membuat jamaah lebih betah dan nyaman dalam melakukan ibadah. Namun kenyamanan melakukan ibadah tergantung pada hati seseorang. Dan juga tempat ibadah ini juga mempunyai peran penting dalam membantu seseorang nyaman dalam beribadah kepada Allah SWT.

Di Indonesia banyak sekali Masjid yang Megah dan juga mempunyai keunikan tersendiri, karena pada hakekatnya bangunan Masjid di Indonesia ada yang dibangun pada era kezamanan tertentu, seperti jaman belanda, jaman kewalian dan juga jaman kerajaan.

Untuk menambah wawasan kita, berikut uraian mengenai 15 Masjid Termegah, Terbesar dan Termewah di Indonesia yang wajib Anda ketahui, berikut ulasannya:


15 Masjid Termegah, Terbesar dan Termewah di Indonesia
1. Masjid Istiqlal Jakarta
Untuk mengawali pembahasan kali ini, yaitu Masjid yang pertama Mediasiana.com memilih Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini berdiri di area Ibu Kota Jakarta di Lapangan Medan Merdeka masih satu Area dengan Monumen Nasional (Monas). Pembangunan Masjid ini di Prakarsai oleh Presiden RI, Ir Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Yang mana arsitek Masjid ini ternyata adalah seorang dari beragam Kristen yaitu Bapak Frederich Silaban.

Masjid Istiqlal dalam arsitektur bergaya modern dengan dinding masjid dan lantainya berlapis marmer, baja anti karat dan dihiasi ornamen-ornamen cantik geometrik. Bangunan ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasarnya. Kubah Masjid Istiqlal berdiameter 45 Meter dengan ditopang 12 tiang besar. Untuk menaranya setinggi 96,66 meter dengan menjulang ke sudut selatan masjid. Masjid ini dapat menampung sebanyak 200.000 orang jamaah.


Pada tiap hari-hari besar Islam, masjid istiqlal sangat di penuhi jamaah baik jamaah yang melalukan ibadah sampai juga dengan jamaah yang melakukan kunjungan wisata religi. Maka dengan fungsinya selain dijadikan Ibdah Masjid ini digunakan untuk kantor sekretariatan organisasi Islam di Indonesia, beberapa aktivitas sosial dan juga kegiatan umum.


2. Masjid Agung Baiturrahman banda Aceh

Masjid yang kedua ada Masjid Agung Baiturrahman Banda Aceh. Masjid ini terkenal kokoh, dapat kita saksikan ketika tragedi bencana tusnami yang terjadi di Banda Aceh pada tahun 2004 yang telah lalu, ketika bangunan yang ada di dekat Masjid terluluh lantahkan oleh hantaman Tsunami yang sangat dahsyat Masjid ini masih terlihat berdiri tegak dengan kokoh dan megahnya, menunjukkan bahwa Masjid ini mempunyai kekuatan yang tidak diragukan lagi dan ini bukti Kecintaan  dan bukti kecintaan Allah SWT kepada hambanya agar kita semua beriman dan bertaqwa.

Masjid Baiturrahman dibangun pada tahun 1612 pada masa kesultanan Iskandar Muda Mahkota Alam. Bangunan Masjid ini bergaya Moghul India, maka tidak heran jika diperhatikan Masjid Baiturrahman seperti bangunan Taj Mahal di India. Untuk luas masjid ini adalah 4.760 meter persegi dan mampu menampung sebanyak 9.000 orang jamaah. Lantai Masjid Baiturrahman terbuat dari marmer yang dibuat oleh negara Italia.


Masjid Baiturrahman memiliki satu menara induk,empat menara dan tujuh kubah. Masjid ini pada masa penjajahan Belanda juga pernah di Bakar oleh Penjajah Belanda pada 10 April 1873 ketika Belanda menyerang Kesultanan Aceh. Namun Masyarakatpun marah dan belanda mengaku bersalah dan bertanggungjawab memperbaiki masjid Baiturrahman ini.


Selain fungsi utamanya sebagai tempat beribadah, masjid ini juga kerap digunakan masyarakat sebagai objek wisata Religi, karena kemegahan masjid ini membuat pengunjung terkagum-kagum dengan keindahan karena pada bagian dalamnya terdapat ukiran-ukiran indah dan juga halaman masjid yang luas terdapat air mancur dengan gaya KesultananTurki Utsmani.


3. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Masjid termegah yang ketiga ada Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Saya pernah satu kali mengunjungi Masjid ini ketika hendak pulang ke Kalimantan dari Semarang. Memang betul sekali Masjid ini sangat megah, mewah dan juga besar. Dapat saya saksikan secara langsung bagian ruangan masjid yang luas dan juga di area samping terdapat menara masjid yang menjulang tinggi. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya di bangun pada tahun 4 Agustus 1995 yang digagas oleh walikota Surabaya sejak jaman itu yaitu Bapak Soenarto Soemoprawiro.

Keunikan yang ada pada masjid ini adalah kubahnya yang besar, menaranya dengan kepanjangan 99 meter dan terdapat 4 kubah kecilnya. Dan untuk mihrab masjid ini adalah mihrab masjid terbesar yang ada di Indonesia. Luas bangunan masjid dan dengan fasilitas penunjang yang ada pada area Masjid ini seluas 22.300 meter persegi. Dengan panjang 147 meter dan lebarnya 128 meter.


Rancangan masjid Nasional Al-Akbar Surabay di rancang oleh tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dinding dasn lantai dalam Masjid ini terdiri dari Marmer yang didatangkan langsung dari Lampung. Adapun untuk fungsinya selain menjadi tempat ibadah, masjid ini digunakan sebagai objek wisata religi, berdiskusi dan juga pusat kegiatan keagamaan.


4. Masjid Kubah Emas Depok

Masjid kubah Emas atau Masjid Dian Al Mahri dibangun di tepi jalan Meruyung Limo, Di Kecamatan Limo Depok Jawa Barat. Masjid ini menarik banyak orang karena Kubahnya yang berwarna emas dan memang betul bahan utamanya terbuat dari emas. Selain kubahnya yang terbuat dari Emas, relief hiasan di atas langit-langit tempat imam juga dilapisi emas setebal 18 karat. Masjid Kubah Depok memiliki 5 kubah, satu kubah utama dan 4 kubah yang kecil. Dan seluruh kubahnya dilapisi 2-3 milimeter emas dan mozaik kristal, maka akan memancarkan sinar yang kemilau. Lantai masjidnya di hiasi dengan kaligrafi, untuk mahkota masjidnya berlapis parado sebanyak 168 buah.

Untuk gaya bangunan mengikuti khas bangunan Masjid Timur Tengah, untuk gerbang masuk masjid terdapat hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamennya. Untuk lampu  gantung masjidnya terbuat dari bahan kuningan dan berlapis emas seberat 2,7 ton dan pengerjaan ini di garap oleh arsitek dari Italia. Ruangan masjid didominasi dengan warna monokrom dengan warna utamanya yaitu warna krem untuk memberi karakter kesan yang hangat bagi pengunjung. Materialnya terbuat dari marmer yang di impor dari Italia.


5. Masjid Islamic Center , Kota Samarinda

Masjid termegah yang kelima adalah Masjid Ilsmaic Center Samarinda. Maka tidak heran masjid ini adalah Masjid terbesar dan termegah yang kedua se Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Luas area kompleks Masjid mencapai 43.500 meter persegi, untuk luas bangunan Masjid mencapai 7.115 meter. Untuk luas lantai basement mencapai 10.235 meter persegi. Dan luas lantai mezanin mencapai 5.290 meter persegi. Jumlah menara masjid sebanyak 7 buah dengan ketinggian 99 meter yang mempunyai makna asmaul husna yaitu dengan nama-nama Allah 99 macam.

Untuk lantai utamanya terdiri 15 lantai dengan ketinggian tiap lantai mencapai 6 meter. Lantai tangga menuju bagian utama masjid terdapat 33 anak buah tangga dengan makna 33 biji tasbih, atau anda bisa berzikir sambil melangkah di anak tangga ini. Untuk sisi bagian masjid terdapat 6 menara yang ikut memperindah masjid ini. Untuk menara dibagian pintu masjid terdapat 2 menara dengan ketinggian 57 meter. Masjid Islami Center ini, selain difungsikan utamanya sebagai tempat beribdah juga dijadikan tempat wisata religi dan juga pusat kajian-kajian Agama islam.


6. Masjid Rahmatan Lil Alamain, Indramayu Jawa Barat

Masjid termegah yang ke enam ada di Masjid Rahmatan Lil Alamain Indramayu Jawa Barat. Masjid Rahmatan lil alamin mempunyai area komplek seluas 6,5 hektar dan dapat menampung 200 ribu orang jamaah. Masjid Rahmatan Lil Alamin dibangun pada 5 April 2000 tepatnya di Desa MekarJaya Kecamatan Haurgelulis Indramayu Jawa Barat. 

Masjid Rahmatan Lil Alamain mempunyai tujuh lantai, yang berukuran 99X99 meter persegi disetiap lantainya. Dan dilantai yang ke tujuh sekaligus dijadikan Atap Masjid dan dapat menampung sekitar 4000 jamaah. Bangunan Masjid ini bergaya tradisonal kontemporer. Untuk mihrabnya bergaya ala masjid di Cordoba yang dibangun oleh bani umayah. Di masjid ini terdapat lima kubah utama dan empat kubah kecil mengelilingi kubah utama dan dilihat dari atas akan seperti melingkar.

Pada setiap sudut masjid terdapat delapan sudut dengan melambangkan arah mata angin. untuk pondasi masjid dirancang sedemikian rupa agar tahan gempa maka rancangan ini sering disebut sebagai pondasi kapal atau raft pondation. Untuk kerangka masjid menggunakan baja dengan kualitas terbaik di dunia yang di impor dari Polandia, Rusia dan Korea.

7. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah dirancang oleh Ahmad Fanani dengan perpaduan gaya khas Jawa, Romawi dan juga Islam. Masjid ini dibangun pada 2001 dan selesai secara keseluruhan ditahun 2006. Gaya bangunan utama masjid dengan ciri khas bangunan Jawa dengan bagian ujungnya terdapat kubah dengan berdiameter 20 meter.

Sedangkan gaya Romawi nampak pada bagian 25 pilar yang terdapat pada pelataran masjid, dan untuk kubahnya dilengkapi dengan empat menara dengan ketinggian 62 meter. Dan untuk pilar masjid bergaya koloseum Athena Romawi kuno, dengan dihiasi kaligrafi yang indah. Gerbang pinta masuk masjid dengan hiasan kaligrafi yang bertuliskan dua kalimat syahadat serta terdapat huruf arab melayu dengan tulisan Sucining Guno Gapuraning Gusti. Di Masjid ini juga terdapat wisma penginapan dengan 32 kamar. Maka tidak heran Masjid ini selain fungsi utamanya sebagai tempat beribadah juga sebagai objek wsiata religi dan kajian islam.

8. Masjid Agung An-nur Pekanbaru Riau
Masjid Agung Agung An-nur Pekabaru Riau sangat megah sekali, dapat kita saksikan bersama bahwa area komplek masjid yang sangat luas dan bangunan Masjid yang besar dan megah. Masjid Agung An-Nur di bangun pada tahun 1963 dan selseai pada tahun 1968. Gaya bangunan dengan khas Melayu, Turki, India dan juga Arab. Untuk wujud masjid Agung Annur sekarang ini adalah hasil renovasi yang dilakukan pada tahun 2000. Luas komplek masjid mencapai 12,6 hektar dengan tersedianya lahan terbuka hijau, lahan parkir dan juga pusat kajian-kajian islam. Dengan bentuk masjidnya dengan kubah yang ada maka tidak heran kalau dilihat dengan seksama Masjid ini mirip dengan bangunan Tajmahal, maka masjid ini dijuluki sebagai Tajmahalnya Riau.

Perancang masjid Agung An-Nur Pekanbaru ini adalah Roseno, masjid ini mampu menampung 4.500 jamaah. Bangunan masjid terdapat tiga lantai yang memiliki beberapa fungsi diantaranya: untuk lantai pertama digunakan untuk kantor dan pertemuan sedangkan bagian lantai satu dan dua untuk shalat.

Untuk tangganya terdapat 3 yang terletak di bagian muka satu buah anak tangga dan dua buah tangga berada di samping. Untuk bagian atasnya terdapat 13 pintu dan bagian bawah terdapat 4 buah pintu, dan masing-masing lantai terdapat aula dan juga kamar yang cukup luas. Untuk fungisnya Selain sebagai tempat beribadah juga sebagai tempat kajian islam, pendidikan TPA dan Keorganisasian Islam.

9. Masjid Agung Kediri Jawa Timur

Masjid Agung Kediri adalah masjid yang indah dengan khas budaya jawa dan romawi, masjid ini juga mempunyai menara setinggi 99 meter. Maka tidak heran di dalam masjid ini terdapat ornamen ataupun mozaik dengan khas romawi yang sangat indah. Dinding dan juga lantai dengan bahan dasar Marmer membuat nyaman jamaah berada disini karena suhunya sejuk. Tiang yang terdapat pada masjid ini sebanyak 106 buah, maka kalau kita lihat betapa indahnya terlihat dari samping. Masjid ini dibangun pada tahun 1771 dan sekarang sudah selseai direnovasi. Bangunan masjid ini seluas 1.338,8 meter persegi dan area masid seluas 4.780,6 meter persegi. Dan fasilitas yang ada di masjid ini diantaranya 80 kran, wc dan juga area parkir yang luas.

10. Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar
Masjid termegah yang ke sepuluh kali ini adalah masjid Al Markaz Al islami Makassar, dibangun pada tahun 1994 dan selsesai pada tahun 1996. Bangunan masjid terdiri dari tiga lantai dan bangunanya terbuat dari batu granit. Untuk luas area komplek masjid sekitar 10.000 meter persegi dan Luas bangunan masjid 6.932 meter persegi, sungguh sangat megah ya. Masjid ini dapat menampung 10.000 jamaah. Fasilitas yang terdapat disini juga beragam ada taman, TPA, Kantor MUI, perpustakaan dan juga toko belanja. Maka tidak heran banyak pengunjung datang kesini selain untuk beribadah juga dengan tujuan wisata religi. Alamat masjid berada di Kecamatan Bontala Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Masjid Al-Markaz Al Islami diprakarsai oleh Jenderal M. Yusuf, beliau sebenranya terinspirasi dari sejak beliau menjadi pimpinan perjalanan ibadah haji, maka tidak heran gaya bangunanya khas timur tengah.

11. Masjid Agung Tuban Jawa Timur
Masjid Agung Tuban adalah masjid yang megah berada di tengah Alun-alun kota Tuban. Masdi ini didirikan oleh Adipati raden Ario Tedjo (Bupati Tuban) yang pertama pada abad ke-15 saat tuban dikuasai oleh Kerajaan Majapahit. Setelah dilakukan renovasi masjid ini terlihat megah dan indah dengan gaya bangunanya bergaya Masjid Imam di Iran, untuk interiornya bergaya masjid di cordoba spanyol dan untuk ukiran tangganya khas Jawa. Untuk ukirannya pada tangga menggunakan bahan kuningan murni. Masjid ini juga dijadikan tempat kajian islam dan juga objek wisata walaupun fungsi utamanya sebagai tempat beribadah.

12. Masjid Raya Al-Munawwar Ternate

Masjid Al-Munawwar Ternate adalah masjid yang sangat megang yang berada di Ternate Maluku Utara. Masjid ini dibangun berada di bi bibir pantai kota ternate. Masjid ini dibangun pada tahun 2003 dan selesai pada Tahun 2010 tepatnya pada tanggal 6 agustus sudah di pakai oleh masyarakat umum. Pembangunan masjid ini menghabiskan biaya 48 Miliar rupiah. 

Pembangunan masjid Al-Munawwar ini berada di area enam hektar, dan luas masjidnya mencapai 9512 meter persegi. Masjid ini dapat menampung 15.000 orang jamaah.Masjid ini terdapat empat menara dengan ketinggian 44 meter. Untuk keramik, lampu di langsung di impor dari turki. Maka tidak heran bangunan ini khas kental dengan bangunan melayu dan timur tengah. Masjid ini juga mendapatkan julukan masjid terapung, karena pada posisinya berada di bibir pantai.

13. Masjid At-Tin TMII
Masjid At-Tin adalah masjid yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Nama At-Tin senagaj di ambil dari nama surat yang ada di dalam Al-quran yaitu surat At-tin. Masjid ini dibangun pada tahun 1997, dengan luas area komplek 70.000 meter persegi. Masjid ini dapat menampung 9.000 orang jamaah. Masjid ini juga khas dengan bangunan Timur Tengah.

14. Masjid Agung Madani Riau

Masjid Agung Madani adalah masjid megah dan mewah yang ada di Provinis Riau. Masjid ini bernama Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu. Masjid ini berada di Jalan Perkantoran Pemda Rokan Hulu Pematang Berangan, Rambah, Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Pembangunan Masjid ini digagas oleh Bupate Rokan Hulu, Drs. H. Achmad M.Si dan masjid ini menjadi ikon kabupaten Rokan Hulu. 

Pembangunan masjid ini dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada hari jum'at 25 syaban1431 Hijriah bertepatan pada 6 Agustus 2010. Bangunan masjid didirikan pada area seluas 22 hektar dengan luas bangunan masjid 18.500 meter persegi dan dapat menampung 20.000 jamaah. Dana untuk pembangunan masjid ini menghabiskan sebanyak 400 milyar. Dengan kuba utamanya berdiameter 25 meter ditambah dengan satu buah menara yang menjulang tinggi 99 meter. Gaya arsitektur bangunan mengadopsi gaya modern dan ketimur tengahan.

15. Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin
Masjid ini berada di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, masjid ini didirikan pada tahun 1981. Majsid ini sudah berdiri pada masa kerajaan banjar dan pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Luas Kompleks masjid ini seluas 100.000 meter persegi. Pada zaman kolonialisme Belanda mengenal tempat ini dengan fort Tatas atau Benteng Tatas. Bangunan Masjid ini tertdiri atas bangunan menara dengan luasnya 5250 Meter persegi dan tempat ibadah seluas 3250 meter persegi. Menara masjid dengan satu buah menara dengan ketinggian 45 meter. Info lebih lanjut bisa baca di: https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Raya_Sabilal_Muhtadin

Nah, itulah 15 Masjid Termegah, Terbesar dan Termewah di Indonesia, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua dalam mengetahui masjid tersebar dan juga sejarah masjid yang ada di Indonesia ini. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel