15 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Topcer banget..!!!

Daun Jarak adalah daun yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Asal daun jarak adalah dari Meksiko dan Amerika bagian selatan. Nama ilmiah daun jarak adalah Ricinus communis yang mengandung zat penting yang di butuhkan oleh tubuh manusia. Manfaat getah daun jarak juga bisa digunakan untuk obat, maka tidak heran daun jarak sangat diminati dalam dunia perobatan herbal. Daun jarak juga sudah populer di kalangan masyarakat jadi mudah untuk didapatkan. Dari segi buahnya juga ada manfaatnya. Manfaat daun jarak sebenarnya sangat banyak. Dari daunnya, getahnya bahkan juga batangnya bermanfaat.


Manfaat buah daun jarak bisa digunakan sebagai bahan obat alami. Jadi kalau Anda mengonsumsi obat dari daun jarak lebih di sarankan ketimbang mngkonsumsi obat kimiawi. Masyarakat biasa mengenal daun jarak ini adalah Daun jarak pagar karena kebiasaan masyarakat menanam pohon jarak di pinggiran halaman rumah atau bisa dijadikan pagar. Jadi manfaat daun jarak pagar ini bisa dimanfaatkan obat menurunkan panas pada bayi, melancarkan BAB, untuk menghilangakn kurap dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa simak ulasannya berikut ini:

1. Daun Jarak untuk menurunkan panas pada bayi (Daun Jarak Berkhasiat untuk Bayi)

Daun jarak pagar ternyata berkhasiat untuk menurunkan panas pada bayi. Jadi bagi bunda yang mempunyai balita dan badannya panas maka Bunda bisa menggunakan daun jarak sebagai obat herbal. Untuk cara menggunakannya yaitu, sipakan saja 2 - 3 helai daun jarak kemudian cuci bersih, lalu oleskan minyak goreng yang bersih atau belum pernah dipakai di bagian permukaan daun tersebut lalu panaskan daun jarak di atas api selama 2 menit, sampai permukaan daun jarak panas merata.

Dan setelah itu, Anda bisa meletakkan daun jarak tersebut di bagian perut bayi ataupun di bagian punggung bayi tersebut. Nah, agar daun jarak tersebut tetap menempel di bagian perut ataupun punggung Anda bisa lilitkan perban agar tetap melekat.

2. Daun cara bisa mengobati sakit Gigi

Selain dapat dijadikan sebagai obat penurun panas, ternyata daun jakar bisa digunakan untuk obat sakit gigi. Jadi kalau Anda sedang sakit gigi maka anda bisa menajdikan daun jarak sebagai obatnya, karena daun jarak ini mengandung fitofarmaka yang bernama alkaloid, maka getah daun jarak diklaim bisa meredakan sakit gigi.

3. Daun jarak bisa untuk obat BAB

Nah baki Anda ataupun teman Anda yang lagi kesulitan untuk buang air besar bisa menggunakan daun jarak sebagai obatnya. Adapun cara pemakainnya adalah yang pertama sediakan 5 - 7 helai daun jarak lalu bersihkan, setelah itu kukus hingga matang. Setelah matang bisa Anda makan sebagai lalapan campuran makan Anda, kemudian rasakan khasiatnya.

4. Daun jarak bisa mengobati sakit sariawan

Ternyata selain sebagai obat BAB ataupun sakit gigi, daun jarak bisa digunakan untuk mengobati sakit sariawan. Karena daun jarak mengandung senyawa anti inflamasi pada getah daun jarak dapat dijadikan sebagai obat alternatif dan diyakini efektif menyembuhkan sakit sariawan.

Adapun untuk cara penggunaanya adalah, silahkan ambil getah daun jarak dengan kapas yang biasa digunakan untk pembersih telinga, lalu oleskan pentolan kapas tersebut ke getah daun jarak setelah getah meresap pada kapas maka oleskan pada bagian yang terkena sariawan, lakukan secara ruitn 2-3 kali sehari.

5. Daun jarak untuk obat Kurap

Kurap adalah penyakit kulit yang sering di alami manusia. Akan tetapi apakah Anda tahu bahwa daun jarak bisa menjadi obat penyakit kurap?, dan ternyata daun jarak mengandung senyawa aktif yaitu undesilent. Untuk cara penggunaanya yang pertama sediakan daun jarak 4-7 helai lalu bersihkan dan kemduian rendam pada minyak kelapa di piring kecil sekitar 1 jam, lalu panaskan daun tersebut dan di lanjutkan oleskan minyak kelapa tadi dipermukaan daun jarak jangan terlalu kering, agak basah.

Setelah itu silahkan oleskan pada bagian permukaan kulit yang terkena penyakit kurap lalu tutup dengan kain kering dan bersih. Lakukan hal tersebut ketika hendak tidur, birakan sampai pagi, lalukan dengan ruitn hingga kurap menghilang.

6. Daun Jarak Bisa mengobati Luka

Daun jarak yang mengandung senyawa anti bakteri, bisa dijadikan untuk obat luka pada kulit, terutama luka Anda yang sudah terkena infeksi bakteri Anda bisa memakai daun jarak sebagai obatnya. Cara penggunaanya yaitu anda oleskan getah daun jarak di area kulit yang terluka, maka oleskan secara ruitn sampai luka anda kering dan sembuh.

7. Daun jarak untuk obat Rematik

Penyakit rematik yang biasa muncul akibat otot persendian mengalami peradangan dan pembengkakan. Maka tidak heran penyakit rematik bisa meneyrang persendian bagian tubuh manapun. Apabila Anda terkena rematik maka aktivitas Anda bisa terhambat dan susah sekali dalam melakukan aktfitas seperti biasanya. Cara penggunaan daun  jarak sebagai obat rematik adalah dijadikan ramuan herbal alami. Cara menggunakannya adalah sediakan dulu daun jarak 6-10 lembar. Kemduian bersihkan lalu tumbuk sampai halus. Kemduian silahkan tuangkan sedikit air hangat secukupnya. Lalu diamkan 30 detik dan oleskan pada bagian tubuh Anda atau sendi Anda yang terkena rematik tersebut. Lakukan olesan setiap hari 3 kali secara ruitn sampai Anda sembuh dari penyaklit rematinya.

8. Daun jarak untuk obat Radang

Radang biasa menyerang pada bagian daun telinga, maka untuk mengobatinya Anda bisa menggunakan daun jarak, karena daun jarak mengandung anti inflamasi. Cara meracik ramuannya yaitu, sediakan 5 helai daun jarak, rebus sekitar 10 menit hingga mendidih airnya, lalu diamkan hingga air hangat, usahkan air 3 gelas saja, jangan terlalu banyak. Setelah air rebusan hangat maka minumlah secara rutin setiap hari sampai penyakit radang Anda sembuh.

9. Memperbesar ukuran Penis

Entah ini fakta hanya mitos, ada sebagian masyarakat meyakini bahwa daun jarak efektif untuk memperbesar ukuran penis pria. Karena kandungan fitronutrien yang terkandung di dalamnya maka dapat berfungsi memblokir aromatase, sehingga produksi pada testosteron meningkat, dan hal ini di sinyalir dapat bermanfaat untuk memperbesar ukuran penis secara alami.

10. Mengencangkan Payudara

Mempunyaui payudara wanita yang kencang adalah dambaan setiap wanita. Nah untuk para wanita yang menginginkan payudaranya kencang secara natural maka Anda bisa menjadikan daun jarak sebagai obat herbal dalam mengencangkan Payudara Anda. Nah, cara penggunaanya adalah sediakan 4-6 lembar daun jarak, lalu Anda bersihkan dan tumbuk sampai halus, setelah halus silahkan oleskan pada payudara Anda secara merata dan diamkan sekitar 15 menit, setelah itu bersihkan payudara Anda. Lakukan secara ruitn hingga Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

11. Merawat Kesehatan Rambut

Nah, bagi Anda yang mungkin rambutnya tidak subur, maka Anda bisa menjadikan Buah Biji jarak sebagai penyubur rambut Anda. Cara penggunaanya adalah tumbuk biji buah jarak 20-35 hingga halus lalu peras hingga keluar minyaknya dan oleskan minyak tersbeut di kepala Anda hingga merata, lakukan rutin setiap hari minimal 2 kali sehari. Setelah Anda selseai mengoleskan dimakan sekitar 15 menit setelah itu silahkan bilas kepala Anda dengan air bersih.

12. Mengatasi Keputihan Pada Bayi

Nah, bagi kalangan orang tua yang mempunyai bayi tetapi terkena penyakit keputihan pada area mulutnya akibat bakteri candida maka Anda bisa menjadikan daun jarak sebagai obatnya. Cara penggunaanya adalah ambil getah daun jarak lalu oleskan pada bagian mulut bayi yang terkena keputihan hingga sembuh, lakukan secara ruitn minimal 2 kali sehari, maksimal 3 kali sehari.

13. Daun jarak untuk Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah salah satu hal yang dibenci setiap orang, bahkan ketombe ini membuat orang jadi tampil tidak pede. Nah bagian, ternyata Daun Jarak bisa digunakan untuk mengatasi ketombe lou. Adapun cara menggunakannya adalah siapkan 6 lembar daun jarak lalu cuci hingga bersih setelah itu tumbuk sampai halus dan kemudian oleskan pada area rambut Anda secara merata dan diamkan hingga 10 menit, kemduian bilas rambut Anda dengan air bersih menggunakan shampoo yang cocok untuk kulit Anda. Lakukan secara berkala bisa 2 hari 2 kali.

14. Meredakan Nyeri Pada Menstruasi

Nah, bagi para wanita yang sedang mengalami masa menstruasi Anda bisa menjadikan daun jarak sebagai pelancar menstruasi Anda, karena daun jarak ini di sinyalir bersifat emenagogue asam ricinoleic yang bisa membuka aliran menstruasi sehingga rasa nyeri bisa di kurangi dan aliran menstruasi menjadi lancar.

15. Menyembuhkan Sakit Batuk dan Mengencerkan dahak

Nah, bagi kalian yang lagi batuk-batuk biasa atau batuk berdahak, maka Anda bisa menjadikan daun jarak sebagai obatnya. Cara pengguannya cukup mudah yaitu Anda cukup merebus daun jarak tersebut lalu minum airnya, dalam sehari 2 kali minum hingga batuk berdahak Anda reda.

Nah itulah 15 Manfaat daun jarak yang bisa saya uraikan, sebenarnya ada lagi manfaat yang lainnya. Namun dari banyaknya manfaat dari Daun Jarak, daun jarak juga mempunyai efek samping seperti :

  • Gangguan pada lambung
  • Gangguan pada pencernaan
  • Iritasi pada usus
  • Menimbulkan mual-mual
Nah, bagi Anda yang mengalami hal tersebut bisa menghubungi dokter terdekat di wilayah Anda, karena pada hakekatnya kalau obat tersebut tidak cocok untuk tubuh Anda ada baiknya jangan menggunakannya kalau khawatir bisa konsultasikan pada dokter atau para ahli obat herbal. Nah, demikian ulasan tentang manfaat daun jarak untuk kesehatan. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk pembaca, selamat mencoba semoga sukses, sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel