16 Manfaat Pete Untuk Kesehatan Tubuh, Harus Tau..!

inilah Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan - Petai atau Pete adalah buah yang mempunyai aroma menyengat seperti buah jengkol. Namun bedanya buah bentuk bentuknya lebih kecil dan aromanya lebih khas dari aroma buah jengkol. Buah petai juga memanjang dan berderetan dalam satu rumpunnya. Buah petai banyak kita jumpai di Negara Indonesia ini, maka tidak aneh kalau masyarakat Indonesia suka mengonsumsi Petai dan harga petai dipasaran juga cukup mahal satu rumpun atau satu helainya bisa dihargai 2.000 ataupun 4.000 rupiah. Saya kalau lagi makan dirumah makan orang jawa biasa juga mesan petai goreng. Menurut saya kalau makan nasi dicampur dengan petai rasanya lebih nikmat dan lebih puas. Meskipun rasa petai ada pahit-pahitnya sedikit tapi petai dapat memberikan kepuasan tersendiri.


Masyarakat Indonesia suka dengan petai namun mayoritas hanya mengonsumsi semata layaknya makanan, ternyata petai ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Ada beberapa manfaat Petai yang harus kita ketahui dalam membantu badan kita agar tetap sehat seperti halnya sebagai berikut ini:


1. Buah Petai Dapat Mengatasi Anemia


Anemia apa itu sih?. Jadi, Anemei adalah salah satu kondisi dimana tubuh kita kekurngan sel darah merah. Jadi kalau kita kekurangan sel darah merah pada tubuh kita maka akibatnya badan tubuh kita akan mudah lemas dan kerap pusing mendadak atau mata berkunang-kunang. Karena sel darah merah itu sendiri mengandung hemoglobin yang dapat menyebarkan oksigen pada tubuh. Kalau kita terdapat cukup asupan sel darah merah maka oksigen yang ada pada tubuh kita dapat merata dan tubuh akan menjadi lebih sehat dan prima. Maka dengan hal tersebut kita sangat di anjurkan mengonsumis buah petai setiap hari.


2. Buah Petai Dapat Mengatasi Depresi


Depresi adalah salah satu bentuk tekanan pada kejiwaan manusia. Jadi depresi ini bisa dikatakan kesedihan atau stress yang mendalam dan berujung emosi tidak stabil. Akibatnya kalau manusia sering mengalami depresi kerja otaknya akan terganggu bahkan sampai fungsi sarafnya dan rawan sekali, karena berisiko bisa menjadikan orang sehat menjadi gila mendadak.


Dan ternyata, buah petai ini bisa mengatasi atau mengurangi depresi yang sedang menyerang manusia. Sebenarnya Depresi sih biasanya dikarena beban masalah lalu masuk kedalam pikiran dan yang paling bagus ya harusnya masalahnya diselseiakan. Namun ternyata buah petai ini mampu mengurangi tekanan depresi yang di alami manusia karena buah ini mengandung zat triptofan yaitu sejenis protein yang diubah tubuh nantinya menjadi serotonin. Dan zat ini nantinya akan memperbaiki mod Anda untuk menjadi lebih baik lagi, jadi stres atau Depresi yang sedang Anda alami menjadi berkurang.


3. Buah Petai Dapat Mengatasi PMS Saat Menstruasi


Biasanya kalau wanita itu lagi datang bulan suka sekali uring-uringan gak jelas. Bahkan membuat lelaki disampingnya merasa bingung maunya itu apa sih sebenarnya. Dan lagi-lagi buah petai ini bisa digunakan untuk obat mengatasi mod wanita yang buruk saat mereka menstruasi. Dengan wanita yang lagi menstruasi mengonsumsi petai maka modnya akan perlahan menjadi baik seperti halnya mereka sedang terkena depresi saja. Buah petai yang mengandung B6 tersebutlah yang mengontrol gula darah dalam tubuh dan memperbaiki mod manusia.


4. Buah Petai Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Ternyata buah petai ini mempunyai kandung zat kalium yang tinggi yang dapat menurunkan risko terkena stroke. Dari riset yang dilakukan oleh The New England Journal of Medicine bahwa buah petai ini menurunkan kematian karena stroke sekitar 40%.


5. Buah Petai Dapat Mengatasi Sembelit


Buah peta sejuta manfaat ini ternyata dapat mengtasi sakit sembelit. Sembelit ini kalau istilah umumnya susah buang air besar. Coba Anda susah buang air besar bagimana rasanya? pasti tidak mau kan ya. Nah, ternyata buah putai ini mengatasi hal ini lou. Buah petai mengandung serat yang cukup tinggi yang dapat melancrakan Anda Buang Air Besar, nah oleh karena itu rajin-rajinlah mengonsumsi buah petai ini ya..!


6. Buah Petai Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak


Ada sebuah riset yang dilakukan di Twickenham dengan melibatkan 200 siswanya, bahwa setelah para siswa mengonsumis petai sebelum ujian dimulai dapat mempermudah para siswanya nantinya dalam menegrjakan soal ujian. Jadi buah petai ini ternyata dapat menstimulon kerja otak manusia. Wah hebat juga buah petai ini ya.


7. Buah Petai Dapat mengatasi Mabuk Perjalanan


Buah petai ternyata dapat mengatasi orang mabuk menjadis sadar, karena kandungan zat yang ada di dalam buah petai dapat mengontrol gula darah dan juga dapat mengantarkan oksigen merata kedalam tubuh manusia.


8. Buah Petai Dapat Mengatasi Begah dan Muntah


 Buah petai ternayat mampu mengatasi rasa panas yang ada di dadad karena kebanyakan makan lou ya, petai ini memiliki efek antasid pada tubuh manusia. Selain itu, buah petai juga dapat menghindarkan manusia dari muntah yang tidak dikehendaki.


9. Buah Petai Dapat Mengatasi Luka Lambung


Buah petai ternyata dapat digunakan untuk merawat pencernaan, karena tekstur buahnya yang lembut dan halus bermanfaat menetralkan asam lambung dan mengurangi terkena iritasi lambung kita lou ya.

10. Buah Petai Dapat Mengatasi Rasa Gatal Pada Gigitan Nyamuk

Kali ini manfaat berasal dari kulit buah petai, bahwa kulit buah petai dipercaya dapat mengatasi rasa gatal atau bengkak yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

11. Buah Petai Dapat Menjaga Sistem Saraf

Dengan kandungan vitamin B yang cukup tinggi, buah petai dapat menenagkan sistem saraf pada manusia.

12.  Buah Petai Dapat Memberikan Dorongan Energi Pada Tubuh

Buah Petai ternyata mengandung 3 macam gula alami yaitu ada Sukrosa, Glukosa, dan Fruktosa. Dengan 3 macam gula tersebut dikombinasikan dengan serat yang ada pada buah petai. Dan hal tersebut ternyata dapat membuat tubuh Anda akan lebih bertenaga dan ternyata ada sebuah riset pada buah pete ini, bahwa buah pete dapat membuat seseorang melakukan aktivitas berat selama 90 menit lamanya.

13. Buah Petai Dapat Menstabilkan Emosi Seseorang

Khasiat buah pete ternyata dapat menjadi obat bagi penderita Seasonal Affective Discoder (SAD), jenis penyakit ini banyak dijumpai di negara yang beriklim empat musim. Seperti Jepang. Efek triptofan pada buah pete dapat membantu dalam pembentukkan serotonin pada tubuh. Zat neurotransmiter pada buah pete dapat membuat seseorang lebih rileks dan lebih cepat membuat seseroang mudah mengantuk.

14. Buah Petai Dapat Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Khasiat buah petai yang mengandung Vitamin B6 dan B12 serta Kalium dan magneisum ini ternyata dapat membantu tubuh untuk mengatasi kecanduan zat nikotin.

15.  Buah Petai Dapat Melawan bakteri

ekstrak biji buah petai ternyata mengandung zat trithiolane dan zat hexathionine yang memiliki kandungan anti-bakteri. Jadi buah petai ini ternyata cukup efektif untuk melawan golongan bakteri terutama golongan bakteri Gram-negatif.

16. Buah Petai Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah petai juga mengandung zat beta-sitosterol dan stigmasterol yang dapat berfungsi sebagai menunrukan gula darah, namun percobaan ini baru diterapkan pada binatang yang sedang terkena diabetes dan kalau di uji coba kehewan yang sehat maka tidak ada efek yang muncul.

Nah, itulah 16 manfaat buah petai untuk kesehatan, namun buah petai ini tidak disarankan di mkonsumsi banyak-banyak ya terutama untuk anak-anak. Jadi konsumislah dengan sewajarnya saja. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan untuk membaca sampai juma di pembahasan artikel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel