Pengertian Metode Penelitian Menurut Sugiyono

Pengertian Metode penelitian menurut Sugiyono (2013:2) adalah sebuah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Berdasarkan hal tersebut terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu cara ilmiah, data, tujuan dan kegunaan.

Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian berdasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Sedangkan Rasional yang berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara yang masuk akal sehingga terjangkau oleh penalaran manusia.

Emperis adalah sebuah penelitian yang dapat di amati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dengan cara-cara yang digunakan. Sistematis yang artinya cara-cara penelitian ini menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis. Sumber:  Sugiyono (2013:2).

Jenis Jenis Metode Penelitian
Macam metode penelitian:

Berdasarkan tujuan penelitan:
·  Penelitian dasar
·  Penelitian pengembangan (R & D)
·  Penelitian terapan

Berdasarkan tingkat kealamiahan tempat penelitian
·  Penelitian eksperimen
·  Penelitian survey
·  Penelitian naturalistik

Terdapat beberapa metode penelitian diantaranya, metode penelitian survey dan naturalistik/kualitatif. Berdasarkan jenis penelitian tersebut maka dapat dikemukakan bahwa, dalam metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian eksperimen dan survey. Sedangkan metode penelitian kuialitatif adalah metode penelitian naturalistik. Sumber : Sugiyono (2013:4-7).

Daftar pustaka : Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta, Bandung, 2013

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Metode Penelitian Menurut Sugiyono"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel