Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Menurut Sugiyono

Pengertian Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan, sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. Metode ini juga disebut sebagai metode positivistik karena berlandasan pada filsafat positivisme. 

Metode ini sebagai metode ilmiah/scientifc karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut metode discovery. Karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini disebut metode kuantitatif karena berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Sugiyono (2013:7)

Metode Kualitatif dimanakan sebagai metode bar, karena popularitasnya belum lama. Dinaman metode postpositivistik karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Metode ini juga disebut sebagai metode artisktik karena dalam proses penelitiannya lebih bersifat seni (kurang terpola) dan disebut sebagai metode interpretive karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Sugiyono (2013:7-8)

Daftar Pustaka: Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatid, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2013.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Menurut Sugiyono"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel