Widget HTML Atas

11 Cara Menidurkan Bayi, Perlu Diketahui Oleh Seorang Ibu !

Cara menidurkan Bayi. Menidurkan bayi bukan perkara mudah, terkadang ada saja moment bayi susah untuk ditidurkan mungkin hal ini menyangkut kebiasaannya selama ini dalam cara orang tuanya menidurkan bayi tersebut sehingga ketika bayi tersebut hendak tidur tidak semudah dengan bayi yang lainnya. Apalagi bayi yang sudah terlelap dan terbangun kembali maka hal ini bisa membuat seorang ibu bahkan seorang ayah menjadi kelelahan dalam menidurkan bayi. Bila hal ini terus terjadi maka akan berdampak pada kesehatan bayi serta ibu bayi tersebut. Nah untuk itu, mari simak uraian berikut ini untuk cara menidurkan bayi yang efektif.

Biasanya bayi yang baru lahir belum memiliki pola tidur tetap, karena si bayi dalam usia ini belum bisa membedakan mana suasana siang dan suasana malam hari, sehingga bayi cenderung tidak mengikuti siklus tidur dengan normal.



Nah, silahkan Anda simak Cara Mendiurkan Bayi 
Berikut ini adalah cara menidurkan bayi yang dapat Anda coba dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Hindari Menidurkan Bayi Dengan Cara Mengayunnya
Pada umumnya mayoritas banyak orang suka sekali membuat ayunan untuk sikecil, apalagi saat ingin menidurkannya sering seorang ibu menidurkan bayi di dalam ayunan, padahal hal ini membuat bayi tidak tenang dalam tidurnya,  karena kalau terbiasa dilakukan terus menerus maka bayi akan susah untuk tidur disaat tidak berada di ayunan. Jika bayi terlihat sudah mengantuk alangkah baiknya cukup baringkan di ranjang (tempat tidur) untuk menenangkan dirinya sendiri.
  • Jangan Biasakan Menidurkan Dengan Cara Diajak Keliling Kampung
Kerap saya menemui orang tua menggendong anaknya keliling kampung, ketika saya tanyai ternyata orang tua tersebut sedang menidurkan anaknya, nah cara ini menurut saya tidak bagus. Selain menyulitkan orang tua juga kebiasaan ini tidak bagus untuk sang bayi. Jika kondisi tidak hujan maka bisa dilakukan kalau hujan ? bagaimana, ? apakah bayi akan mau tidur dengan mudah apa tetep rewel ? 
  • Atur Suhu Ruangan Yang Nyaman
 Tidur adalah kesempatan untuk menenangkan diri dan menyamankan diri. Nah, kalau suhu ruangan panas maka bayi akan sulit untuk tidur, bahkan orang dewasa saja ketika hendak tidur dan merasakan kondisi suhu ruangan yang panas saja tentunya akan tidak nyaman dan mudah untuk tidur apalagi kalau hal ini dialami oleh sang bayi. Maka agar mudah bayi tertidur lelap aturlah suhu ruangan agar tidak panas, bisa Anda menghidupkan kipas angin atau AC.
  • Berikan Pakaian Yang Nyaman Pada Bayi
Supaya bayi mudah dalam tidurnya alangkah baiknya dalam memakaikan pakaian pada bayi jangan terlalu ketat ataupun tebal. Sesuaikan pakaian pada bayi sewajarnya saja, artinya berikan pakaian pada bayi yang pas pada tubuhnya serta perhatikan kainnya jangan kain yang tebal. Karena bayi juga bisa dehidrasi dan merasa kepanasan. Alangkah baiknya untuk pakaian disesuaikan juga dengan suhu udara.
  • Penerangan Ruangan
Pencahayaan pada ruangan ternyata juga berpengaruh pada sang bayi ketika hendak tidur, nah untuk itu atur penerangan ruangan pada kamar bayi jangan terlalu terang agar bayi mendapatkan kehangatan tersendiri. Penerangan yang baik akan membangun ketenangan pada sang bayi untuk tertidur lelap.
  • Hindari Suara Bising
Agar bayi dapat tertidur pulas maka yang tidak kalah penting adalah hindari bayi dari suara yang dapat mengganggu tidurnya seperti suara-suara keras. Berikan suara yang tenang nyaman kalau bisa seorang ibu sambil menyanyikan sebuah lagu untuk sang bayi, maka hal ini akan memudahkan bayi untuk tidur lebih cepat dan pules.
  • Mengelus elus Bayi
Memberikan sentuhan lembut pada bayi ternyata akan membantu bayi lebih cepat tertidur pules, Anda dapat mengelus-elus bayi pada bagian kepalanya dengan perlahan sampai bayi merasa nyaman dan hal ini bayi merasa mendapatkan kehangatan kasih sayang orang tua.
  • Mengganti Popok Bayi Sebelum Tidur
Cara ini juga tergolong penting dan dapat menjaga kenyamanan bayi saat tidur, ketika kondisi popok tidak basah maka akan membuat bayi tertidur lebih pules dan tidak bangun dalam tengah malam, karena popoknya kering dan nyaman.
  • Pastikan Bayi Sudah Kenyang
Ketika bayi sudah dalam kondisi kenyang maka akan memudahkan bayi lebih cepat tertidur dengan pules, berbeda ketika bayi tertidur dalam keadaan perut lapar atau haus maka bayi akan susah tertidur bahkan akan rewel. Nah untuk kalangan Ibu alangkah baiknya perhatikan dalam hal ini agar bayi tidak rewel dan tidurnya pules.
  • Berikan Aroma yang Wangi pada Ruangan
Aroma yang harum akan membuat bayi merasa nyaman bahkan akan mendorong bayi lebih mudah tertidur, ketimbang aroma ruangan yang berbau tidak sedap. Maka hal ini silahkan Anda selaku orang tua berikan aroma yang nyaman dan wangi sesuai dengan kesukaan wewangain pada sang bayi.
  • Hindari Kontak Mata Pada Bayi
Agar bayi cepat tertidur lelap, bagi orang tua jangan biasakan mengajak bayi kontak mata, karena bayi suka dengan kontak mata apalgi dengan seorang yang di anggapnya lucu bahkan seorang ibu itu sendiri, agar bayi cepat tertidur alangkah baiknya hindari kontak mata ini.

Nah, itulah 11 cara menidurkan bayi yang perlu diketahui oleh seorang Ibu, agar sang bayi mudah tertidur dan tidak rewel dalam kebiasaan bayi ketika ingin memuali tidurnya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat buat pembaca, selamat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Janganlupa kunjungi situs Mediasiana setiap hari, karena kami akan memberikan tips yang tidak kalah penting lainnya.

.....KLIK 1X (CLOSE).....