Widget HTML Atas

4 Cara Merawat Speaker Agar tidak cepat Rusak

4 Cara Merawat Speaker Agar tidak cepat Rusak

Inilah cara merawat Speaker agar tidak cepat rusak. Peralatan Audio seperti spekaer adalah peralatan Eletronik yang menjadi pelengkap dalam kebutuhan sekunder sebagian orang. Maka tidak heran setiap rumah pasti terdapat speaker walaupun speaker itu bentuknya mini. Akantetapi biasanya Speaker ini mudah rusak kalau penggunanya asal-asalan dalam meletakkannya dan juga tidak diperhatikan dalam merawatnya. Nah buat kalian yang mungkin lagi mencari tutorial cara merawat speaker agar tidak cepat rusak bisa kalian baca ulasan berikut ini. Karena dalam artikel kali ini Gadgetsiana akan memberikan beberapa tips cara mudah menjaga speaker agar tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.


Ada 4 Cara Mudah Merawat Speaker Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Dalam merawat sebuah barang eletronik terutama Speaker maka Anda tidak perlu mempunyai skill khusus, hanya cara sederhana saja yang dapat kalian lakukan. Namun kebanyakan orang berpikir mereka tidak ahli dalam bidang ini dan menyepelekannya, padahal dalam merawat barang eletronik ini sangat dibutuhkan untuk diterapkan dalam sehari-hari. Nah bagia kalian yang ingin mengetahui tips cara merawat speaker agar tidak mudah rusak berikut ini..!

1. Letakkan Speaker kalian di Tempat yang Tepat

Salah satu hal yang harus kalian perhatikan bagi pemilik Speaker yaitu tempat yang kalian jadikan sebagai area tempat meletaknya sebuah speaker. Jangansampai kalian meletakkan speaker kalian langsung terkena paparan sinar matahari ataupun didekat bendar yang mempunyai cairan yang berpotensi bisa merusak speaker itu sendiri.

Ketika speaker kalian terkena paparan sinar matahari secara langsung maka Speaker kalian akan cepat rusak terutama pada kualitas suaranya menjadi menurun dan hal ini akan berdampak pada speaker yang tidak mempunyai kualitas yang bagus. Serta cairan yang berbahaya atau seperti air biasa saja bisa merusak speaker. Maka dari itu hendaknya hindari spekaer kalian di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung.

2. Jangan Mletakkan Speaker di Tempat yang Lembab

Cara yang kedua ini tergolong mudah untuk dilakukan, akantetapi kesadaran setiap orang sangat berbeda-beda. Ada baiknya kalau ingin spekaer kalian itu awet jangan kalian letakkan di area yang lembab, karena hal ini dapat merusak bagian kabel dan juga struktur rangkaian sistem speaker itu sendiri. Cara mengatasinya adalah ketika kalian meletakkan spekaer ada baiknya lapisan paling bawah di kasih gamjal ataupun di lapisi kain yang kering agar tidak langsung menempel pada lantai.

3. Bersihkan Speaker Secara Berkala

Membersihkan Spekaer bukan berarti disini Gadgetsiana menyarankan untuk membongkar, akantetapi tidak. Cukup kalian lap bagian sela-sela speaker dan juga permukaan body speker agar tidak ada debu ataupun sarang laba-laba yang menempel. 

Kalau kailan yang ahli eletktronik ataupun tukang service speaker bisa Anda bongkar dan bersihkan bagian dalamnya, biasanya area dalam spekaer banyak debu yang menempel. Tapi bagi kalian yang bukan ahlinya sebaiknya jangan lakukan pembongkaran takutnya nanti ada kabel yang terputus ataupun sistem error.

Bersihkan spekaer menggunakan Lab agak sedikit basah, setelah di Lap ada baiknya di lap kembali dengan kain yang kering. Jangan kalian me Lap Spekaer dengan kain basah yang berlebihan karena ini juga tidak bagus untuk body dan sistem perangkat spekaer.

4. Tata dan Letakkan kabel Speaker dengan Rapi

Dalam merawat Speaker selain membersihkannya juga memperhatikan tata letak spekaer dan juga merawat kabel speaker karena ini masih dalam satu komponen. Kalau kabel colokan spekaer untuk menyambung ke listrik putus maka spekaer juga tidak bisa menyala. Untuk itu perhatikan cara meletakkannya dan kondisikan dengan rapi agar kabel tidak cepat rusak dan putus.

Nah, itulah 4 tips cara mudah merawat spekaer agar spekaer awet dan tidak cepat rusak, semoga tips kali ini dapat bermanfaat. Janganlupa kunjungi situs Gadgetsiana setiap hari karena kami akan memberikan tips dan trik lainnya. Terimakasih sudah berkunjung.