Widget HTML Atas

Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus di Laptop atau Komputer

Inilah cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus di Laptop atau Komputer. Ketika data penting Anda tidak sengaja terhapus biasanya Anda akan panik, apalagi data penting Anda sudah terhapus sejak 2 jam yang lalu atau 1 hari yang lalu. Ketika ingin membuka dokumen Anda ternyata filenya sudah hilang. Pasti Anda akan pusing tujuh keliling tuh. Nah untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di laptop ataupun komputer, maka Gadgetsiana akan memberikan solusinya. Untuk itu silahkan Anda simak ulasan kali ini 
sampai tuntas ya !




Cara Mudah Mengembalikan Data atau File Yang Terhapus di Laptop atau Komputer


Sebelum Anda memvonis bahwa file Anda tidak akan pernah kembali seperti sedia kala maka ada baiknya Anda lakukan percobaan sesuai dengan apa yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini, untuk itu tetap simak baik-baik ulasan berikut ini.

Sebenarnya ketika data Anda terhapus di Laptop ataupun Komputer hal tersebut sebenarnya tidaklah benar hilang. Dalam hal ini saya akan memberikan trik khsusus dalam mengembalikan file atau data yang hilang secara misteri. Sebenarnya kita bisa menggunakan bantuan software yang sudah ada di laptop ataupun komputer dalam mengembalikan File atau data yang terhapus.

1. Periksa Recycle Bin pada Laptop atau Komputer Anda

Aplikasi Recylce Bin ini biasanya sudah ada di Laptop ataupun Komputer Anda tanpa harus Anda mendownload Aplikasi ini di internet. Karena dalam sistem windows secara default akan secara otomatis sudah terpasang Recycle Bin. 

Adapun untuk fungsi Recycle (kotak sampah) Bin ini adalah untuk mengecek file sampah atau dokumen yang sudah dihapus ataupun terhapus. Maka sebelum file yang ada di kota sampah ini di hapus ada baiknya Anda cek kembali apakah data tersebut penting atau tidak. Kalau data tersebut penting Anda bisa me-Restore data yang ada di Recycle Bin dengan mengklik kanan dan pilih restore maka data Anda akan kembali di poisis semula dan aman.

2. Manfaatkan Fitur Windows Restore Previous Versions

Dalam mengembalikan data yang sudah terhapus di komputer Anda dan file ini juga tidak terdapat di kotak sampah (Recycle Bin) maka Anda bisa melakukan cara yang kedua ini. 

Adapaun untuk caranya adalah, silahkan Anda buka Folder yang awalnya ada di sebuah tempat data tersebut berada, setelah itu klik kanan pada Folder dan pilih Restore Previous Versions, dengan Anda mengklik restore maka file yang tadinya sudah tidak Ada di Kotak sampah maka akan bisa kembali dengan cara ini, karena sistem restore ini adalah bisa melakukan restore data secara mundur kepada tanggal sebelum data tersebut terhapus.

3. Memeriksa File yang terhapus di dalam Data Backup File

Coba Anda ingat kembali apakah sebelumnya Anda pernah melakukan backup data pada komputer Anda ke dalam media cadangan eksternal seperti Hardisk, Flashdisk, CD/DVD dan lainnya. Jika Anda pernah melakukan hal tersebut maka Anda bisa mencek kembali seluruh media eksternal Anda, karena kemungkinan besar data tersebut bisa Anda temukan di eksternal data.

Namun kalau sudah dilakukan pengecekkan dan data tersebut juga masih tidak ditemukan dan bahkan Anda tidak pernah melakukan backup data, maka hal ini bisa Anda jadikan sebuah pelajaran agar nantinya Anda bisa lebih berhati-hati dalam menghapus file ataupun data, dan rajinlah membackup data pada komputer Anda kalau sewaktu-waktu komputer Anda terserang virus ataupun hang.

4. Anda bisa menggunakan Software Khusus Yang Bisa digunakan untuk Recovery File

Jika langkah di atas sudah Anda lakukan namun belum juga membuahkan hasil, maka Anda bisa melakukan langkah yang terakhir ini yaitu Anda bisa menggunakan bantuan Software khusus yang mempunyai fungsi untuk me-Recovery File yang telah hilang atau terhapus. Kalau Anda tidak mau ribet menginstall Aplikasi Recovery File Anda juga bisa mendownload Aplikasi Portablenya saja, jadi tidak perlu install bisa langsung Anda jalankan. 

Nah, untuk software ini Anda bisa mendownload software Recuva untuk mengembalikan file yang hilang karena terhapus. Software Recova ini bisa Anda dapatkan yang versi portablenya. Software Recova ini sudah sering digunakan banyak orang dalam membantu mereka menemukan kembali fite ataupun dokumen yang hilang karena terhapus ataupun di hapus. 

Selain aplikasi Recova ada juga aplikasi Undelete 360 yang bisa Anda download di Internet. Aplikasi ini juga gratis dan sangat mudah untuk dioperasikan. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi karena tutorial cara penggunannnya juga sudah banyak di internet. 

Nah, selain dua software di atas, sebenanrnya ada lagi Aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan. Silahkan saja download dan pilih software sesuai dengan selera Anda masing-masing. Demikianla informasi mengenai Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus di Laptop atau Komputer. Semoga bermanfaat dan janganlupa kunjungi situs Gadgetsiana setiap hari, karena kami akan upadte dan memberikan informasi yang tidak kalah menarik.
.....KLIK 1X (CLOSE).....