Widget HTML Atas

Kriteria Kenyamanan Masjid

BOGOR -  Mengunjungi beberapa masjid yang memang ternama di wilayah Bogor seperti Masjid Raya Bogor, Masjid At-taqwa di Atang Sandjaya, Masjid Al-Madina Jampang dan Masjid Raya Telaga Kahuripan di Kahuripan, beberapa masjid memang memiliki keunikan yang menonjol tersendiri, salah satunya seperti masji Al-Madina Jampang, yang memiliki nuansa bak hamparan rumput dibagian pelataran masjid.


Kriteria Kenyamanan Masjid

Selain masjid-masjid yang telah di sebutkan, masih banyak lagi masjid yang berada dibogor, mulai dari yang sangat megah, megah, sederhana sampai yang sangat cukup untuk sekedar shalat. Lalu apasih yang membuat warga bersemangat untuk melaksanakah shalat dan berlama-lama di masjid untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an atau bahkan hanya sekedar saling membagi kisah atau ilmu yang bermanfaat ? yakni kenyamanan. 


Kenyamanan mampu memberikan nuansa yang menambah keinginan untuk kembali berkunjung bahkan merekomendasikan kepada sanak saudara, kerabat bahkan teman yang ingin mengadakan kegiatan-kegiatan keislaman.


Ada beberpa kriteria yang mampu membuat masjid menjadi lebih nyaman:

Memeperhatikan jumlah keran
Keran menjadi salah satu hal yang penting di masjid, bisa dibayangkan jikalau banyak pengunjung atau warga yang mau shalat tapi keran yang tersedia sangat sedikit, tentu menjadi poin yang dapat mengurangi kenyamanan bagi masyarakat yang hendak shalat. 

Suasana Masjid yang bersih

Kebersihan sebagian dari iman adalah tagline yang memang sudah mendarah daging, sudah barang pasti kebersihan sangat penting guna mendapatkan poin tambahan dalam hal kenyamanan, pernahkah pembaca mampir ke masjid yang karpetnya atau mukena nya memiliki bau seperti amis atau apek akibat karpet yang basah dan tidak terkena sinar matahari atau dijemur ? 

Lalu apakah pemabaca akan kembali atau merekomendasikan masjid tersebut kepada kerabat ? tentu tidak bukan. Maka kebersihan sangatlah penting, mulai dari karpet, mukena bahkan latar masjid.


Suara adzan yang merdu

Adzan adalah panggilan atau seruan yang juga perlu diperhatikan untuk menambah kenyamanan pada masjid, tidak dipungkiri bahwa suara Adzan yang bagus mampu menambah minat masyarakat untuk kembali berkunjung. 

Imam yang memiliki suara yang bagus 

Sama dengan Adzan, suara Imam yang bagus juga mampu menjadi poin tambah pada kenyamanan. Terlebih jika imam seorang tahfidz dan memiliki kemampuan menucap makharaj yang baik. 

Lalu bahagimana cara mewujudkannya ? mulai dari diri sendiri yakni membuat majid atau mushola yang ada di lingkuangan tempat tinggal kita jauh lebih aktif, karna tak perlu masjid yang megah untuk membuat nyaman, namun perlu adanya perhatian khusus yang memang tertuju pada Masjid. Seperti membuat karang taruna atau perkumpulan pemuda pemudi yang memang bergerak untuk memberikan kenyamanan pada masjid.


Bisa ditambah dengan adanya pelatihan adzan diusia dini, mengaji dan uang kas antar masyarakat untuk mengumpulkan uang guna memberikan kafalah pada marbot masjid, dana guna membangun fasiitas yang lebih memadai dan memberikan kenyamanan. 


Mari, mulai dari saat ini perhatikan masjid yang ada dilingkungan kita.


Penulis : Ulfi Alfionita

(STEI SEBI)
.....KLIK 1X (CLOSE).....