Manfaat Berorganisasi Untuk Masa Depan

Manfaat Berorganisasi Untuk Masa Depan
Nyesel Ga organisasi, Manfaatnya Besar Lho. Banyak yang mengira bahwa dengan mengikuti organisasi adalah pekerjaan membuang-buang waktu. Tak sedikit yang beranggapan organisasi hal yang menyita waktu, membuang tenaga, waktu, pikiran, bahkan menguras biaya. Hal-hal ini membuat persepsi yang membuat otak kita berpikir negative.


Padahal banyak yang bisa didapat saat mengikuti organisasi. Tak hanya dari sisi membangun kerjasama, tapi dari pengetahuan, social, kepribadian. Wah, nyatanya dengan kita mengikuti organisasi manfaatnya besar lho. Yuk simak penjelasannya. Berikut poin besar manfaat yang didapat jika mengikuti organisasi :

1. Membentuk kepribadian

Dengan berorganisasi, kepribadian yang kita miliki lama kelamaan akan berubah menjadi lebih baik. Lah kok bisa? Mungkin ini persepsi penulis aja kali. Eits engga kok. Ini sudah diamati dan diteliti lho.

Secara tidak langsung, jika kita mengikuti organisasi akan sering bertatap muka dengan orang lain. Pribadi kita yang tertutup, seiring berjalannya waktu akan membuat kita menjadi peribadi yang terbuka. Karakter yang sebelumnya dimiliki adalah karakter yang jelek, ketika berkumpul dengan orang-orang yang memiliki karakter baik akan tertular.

Contohnya : Orang yang tidak biasa berkomunikasi depan umum, ketika berorganisasi pelan-pelan akan belajar mengemukakan pendapat. Sehingga kesulitan komunikasi tersebut akan berubah menjadi bisa.

2. Menambah relasi

Organisasi ternyata memperluas jaringan berteman lho. Seringnya interaksi kita dengan orang lain membuat jaringan pertemanan bertambah. Dari yang tadinya tidak kenal menjadi kenal melalui organisasi. Dari sebuah event antar organsisasi ternyata mempertemukan dan membuat pertemanan. Dan seterusnya. Memang apa sih manfaatnya?  Dengan relasi, membuat banyak kemudahan. Entah itu membuat kerjasama kah? Atau sharing kah? Meminta pertolongan juga bisa lho. Jadi tidak hanya ajang silaturrahim saja. Contohnya : Anda ingin membuat sebuah kegiatan, lalu membutuhkan link untuk bekerja sama. Ketika sudah dekat dengannya lewat organisasi. Maka menjadi factor untuk mempermudah bekerja sama. Atau bahkan Anda ingin pergi ke suatu daerah, tapi Anda baru pertama kali ke sana. Anda bisa memanfaatkan relasi Anda untuk menjadi media informasi. Dan masih banyak lagi contohnya.

Menambah pengetahuan dan skills
Emang bisa ya? Lewat organisasi mendapat pengetahuan dan skills. Bukannya organisasi Cuma ngurus orang doing? Wah ga dong. Padahal lewat organisasi kita mendapat pengetahuan dan juga skills lho.

Dengan berorganisasi kita saling sharing apa yang dimiliki. Ketika sesi berdiskusi, masing-masing dari kita mengemukakan pendapatnya. Nah dari pendapat tersebut menambah kosa kata pengetahuan di otak. Lalu bagaimana dengan skills kita? Saat ada event atau agenda organisasi, skills terpendam dalam diri kita perlahan akan terasah. Contoh : Misal Anda memiliki bakat komunikasi yang baik, tapi belum tau jika memiliki bakat tersebut. Lewat organisasi Anda terasah dan akhirnya menyadari bahwa komunikasi Anda bagus.

Atau contohnya lainnya, ternyata Anda orang yang kreatif. Karena terlalu sering berhadapan dengan buku membuat Anda kaku. Dan di organisasi ini Anda terasah melalui agenda, kegiatan, atau event yang diadakan membuat Anda berlatih untuk berpikir kreatif. Dan masih banyak contoh lainnya.

3. Media Hiburan

Bagi Anda yang selalu berhadapan dengan buku, computer, atau hal-hal yang membosankan. Melalui organisasi ini mendapatkan hiburan. Kok bisa sih? Bukannya organisasi bikin pusing? Karena ga hanya memikirkan diri sendiri, tapi orang lain juga diurus. Wah pemikiran stagnan ini harus dibuang. Karena organisasi, kita dipertemukan dengan orang-orang yang berbeda karakter. Perbedaan tersebutlah menjadi warna dalam organisasi.

Banyak hal aneh yang akan ditemui saat berbicara. Entah dari gaya bicara, karakter ataupun logatnya. Contoh lainnya : Semisal dalam satu organisasi tersebut lagi jenuh, Anda bisa mengusulkan untuk jalan-jalan. Nah selain bisa berlibur, Anda juga mempererat hubungan satu sama lainnya. Dan banyak contohn lainnya.

4. Ladang rezeki dan ibadah

Waduh, kan ga semua organisasi itu media rezeki dan ibadah. Gimana sih? Tenang-tenang. Anda harus melihat dari sudut yang berbeda. Memang tak semua yang terkait organisasi langsung menunjukkan media rezeki dan ibadah. Bisa jadi, hal tersebut tersirat dan tidak tersurat. Contohnya : Ketika Anda lapar, lalu ada yang membawa makanan ke dalam organisasi. Wah, jadi dapat rezeki berupa makanan kan?. Lalu, ketika teman Anda sedang dalam keadaan buruk, Anda bisa memotivasinya. Media ibadah juga bukan? Ya, karena mengingatkan hal yang baik satu sama lain adalah dakwah.

So? Masih tidak tertarik dengan kegiatan organisasi? Poin-poin besar yang dijelaskan di atas adalah rangkuman manfaat yang bisa didapat jika mengikuti organisasi. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Yuk sebelum terlambat, karena tidak ada terlambat untuk hal yang baik. Penyesalan adanya di belakang, kalua di belakang namanya pendaftaran.

Oleh : Aulia Putri Oktaviani Jusri
Mahasiswa STEI SEBI Life Style

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Informasi Update Terbaru Artikel Mediasiana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel