7 Tips Lolos SBMPTN Dengan Mudah, yuk Baca !

Inilah tips agar lolos SBMPTN yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Sebelum Mediasiana jelaskan panjang lebar alangkah baiknya akan saya jelaskan dulu pengertian SBMPTN agar Anda semua bisa lebih faham. Jadi kepanjangan SBMPTN adalah Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri. Dalam sistem ini penerimaan mahasiswa baru di kampus-kampus perguruan tinggi negeri serentak menggunakan pola ujian tertulis secara Nasional. Dalam sistem SBMPTN ini sangat menguntungkan juga untuk calon pendaftar sebagai calon mahasiswa karena dalam proses ujian tertulisnya menguntungkan karena lebih efesien, murah dan uga fleksibel, karena mekanisme ini menggunakan lintas wilayah. Selain itu sistem pendaftaran SBMPTN juga dapat dilakukan secara Online.


Namun perlu Anda ingat sistem SBMPTN ini sangat ketat, karena banyak pelajar Indonesia memilih sistem ini, karena mereka menargetkan untuuk bisa kuliah di perguruan tinggi Negeri, Besar dan juga beragam Prodi. Jadi Anda harus siap mental dan juga materi ilmu pengetahuan sesuai dengan jurusan yang ingin Anda ambil nantinya, karena persaingannya cukup ketat.

Agar Anda mudah lolos SBMPTN, silahkan Anda baca tips berikut ini:

1. Tentukan Target

Sebelum pengumuman pendaftaran SBMPTN rilis, ada baiknya Anda sudah menetukan jauh-jauh hari jurusan yang ingin Anda pilih dan juga Kampus yang jadi target untuk kuliah. Dengan menetukan target ini maka akan mempermudah Anda nnatinya dalam menyiapkan pembekalan baik itu materi ujian dan juga syarat pendaftarannya.

2. Cari informasi dan bertanya kepada Senior

Agar Anda mudah dalam mengikuti SBMPTN ada baiknya carilah informasi  kepada senior atau mahasiswa yang lulus melalui SBMPTN tahun lalu. Dengan seperti ini Anda akan mendapatkan gambaran mengenai teknis pendaftaran dan juga teknis ujiannya. Jadi Anda akan lebih siap nantinya dalam mengikuti SBMPTN.

3. Lakukan Latihan Menjawab Soal, Ikuti Bimbingan dan Kerja Kelompok

Dengan ruitn latihan menjawab soal sesuai dengan jurusan yang ingin Anda ambil akan mempermudah Anda nantinya dalam mengikuti ujian tertulis. Serta kalau Anda merasa tidak puas belajar latihan mandiri silahkan saja iktui Bimbingan Belajar dan juga kerja kelompok agar Anda nantinya bisa mendapatkan masukan dari orang yang berpengalaman dan lebih banyak mendapatkan referensi untuk bekal mengikuti SBMPTN ini.

4. Tetapkan Motivasi dalam diri

Anda harus yakin bisa lolos SBMPTN tahun ini, untuk itu bekal kepercayaan dan juga dorongan dalam diri seseorang juga penting. Dengan Anda percaya diri, yakin dan semangat maka Anda akan lebih bergairah dalam mengikuti ujian tertulis dan juga tes lainnya yang ada pada SBMPTN.

5. Buat jadwal belajar

Ada baiknya untuk mematangkan bekal yang maksimal maka Anda hendaknya membuat jadwal belajar. Dengan hal ini Anda akan bisa disiplin dalam belajar dan juga lebih efektif dalam memanfaatkan waktu untuk bisa lolos SBMPTN.

6. Sempatkan waktu istirahat

Belajar itu penting akantetapi jangan terlalu diporsir takutnya nanti ketika pembukaan SBMTN kamu malah sakit. Jadi istirahat juga penting. Dengan Anda meluangkan waktu beristirahat maka kesehatan Anda akan lebih terjaga dan siap menjalani ujian SBMPTN.

7. Berdoa, Ibadah dan Minta Restu kepada Orang Tua kalian

Berusaha di anjurkan, akantetapi Ibdah dan ber'doa kepada Tuhan juga jangan sampai ditinggalkan. Dengan Anda berdo'a dan beribadah sebelum menghadapi ujian SBMPTN maka diri Anda akan lebih tenang dan percaya diri dalam mengikuti SBMPTN ini. Karena lulusnya Anda juga tidak lepas dengan ketetapan Tuhan.

Selain itu, Minta Restu kepada kedua orang tua atau Bapak/Ibu Anda juga penting agar Anda bisa lebih dimudahkan dalam mengikuti SBMPTN dan juga lolos SBMPTN dengan mudah dan berkah.

Nah, itulah 7 tips agar Anda bisa lolos SBMPTN dan bisa mengambil program studi seperti apa yang Anda inginkan jauh-jauh hari serta menjadi mahasiswa di kampus yang Anda dambakan. Yang terpenting kamu harus rajin latihan jawab soal sesuai dengan jurusan yang ingin di ambil, cari informasi seluas-luasnya kepada senior yang udah lulus di SBMPTN dan ibdah serta minta restu orang tua. Semoga tips kali ini dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi kita semua agar mudah lulus di SBMPTN. 

Terimakasih sudah berkunjung, janganlupa kunjungi situs Mediasiana setiap hari, karena kami akan memberikan informasi yang menarik dan inspiratif lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel