10 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat Blog Anda di Mesin Pencari

Teknik SEO yang natural adalah tujuan dari semua pelaku penggelut media online. Baik itu berupa situs website maupun blog. Namun ada juga dari kalangan penyaji situs online ini biasanya untuk mendongkark trafiknya menggunakan Boot maupun dengan Jasa iklan prabayar. Namun semua itu hanya mampu bertahan sekejap saja. Yang mereka dapatkan hanya mampu bertahan selama masa kontrak.

Belajar SEO natural itu penting, dimata Google maupun mesin pencari lainnya cara bermain menggunakan boot tarffik tersebut masih tergolong cara yang elegal. Namun untuk cara Prabayar ngiklan-artikel sih, aman-aman aja seperti di Google Ads. Asalkan mereka tidak melakukan penyepaman. Kalau hal tersebut dilakukan maka media online Anda akan mempunyai repotasi buruk dimesin Pencari. 



Pengertian SEO: SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization lebih ringkasnya  memaksimalkan Fitur Mesin Pencari. Banyak dari kalangan Blogger juga belajar teknik SEO. Namun tidak sedikit yang masih bingung dan sulit dalam penerapannya. Seperti saya ini dulu saya juga bingung dan tidak paham apa itu SEO dan bagaimana cara penerapanya. Dan seiring berjalannya waktu saya terus memahami, belajar dan ber-eksperimen, ya walaupun masih tergolong minim akantetapi lumayanlah dengan menggunakan Teknik SEO bisa meningkatkan Trafik Blog dengan Signifikan.

Berikut ini adalah Teknik SEO Paling Ampuh Untuk Meningkatkan Traffik Blog dan Meningkatkan Peringkat Blog Anda di Mesin pencari:
  1. Install Plugin SEO (bagi pengguna Wodpress)
  2. Daftarkan Blog ke Webmaster Tools Google
  3. Buat List /daftar artikel atau Sitemap
  4. Buat Blog Anda menjadi cepat
  5. Usahakan Riset Kata (Keyword)
  6. Buat Artikel Dengan Rasa Gembira (Lengkap dan Menarik)
  7. Letakkan Kata Kunci di beberapa paragraf
  8. Tanam Link Internal
  9. Optimasikan Gambar Yang di Pasang di Artikel Blog
  10. Bermain Backlink
Teknik SEO terbaik ini nantinya akan bisa meningkatkan Peringkat Blog Anda di Mesin Pencari Google maupun mesin pencari yang lainnya. Disini saya bukan menggunakan wordpres ya, akantetapi menggunakan Blog dengan Hostingnya Blogger.com

Eksperimen ini terus saya lakukan sampai saya bisa menemukan titik teratas bagimana saya bisa mendapatkan jumlah traffik yang saya harapkan. Perlu kalian ingat, dalam menerapkan Teknik SEO hendaknya ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, untuk itu akan saya jelaskan pada artikel kali ini, mohon kalian simak ulasannya sampai habis ya..!

Teknik Belajar SEO itu bukan cuma ahli menyusun kata, tetapi pintar juga dalam memasang kunci pada susunan artikelnya. Jadi Buatlah artikel yang cukup panjang, karena sekarang ini banyak sekali website ataupun blog yang mengulas Topik SEO yang menurut saya sudah bagus-bagus ulasannya dan artikelnya juga panjang sekali. Baik, tanpa banyak pembicaraan lagi berikut akan saya uraikan 10 cara SEO yang bisa Anda coba nantinya, berikut pembahasannya:

1.  Install Plugin SEO (bagi pengguna Wodpress)

Karena saya menggunakan Blogger, maka saya tidak harus menginstall Plugin seperti halnya memakai CMS Wordpress. Nah, buat kalian yang menggunakan CMS Wordpress maka diharuskan terlebih dahulu untuk menginstall Plugin Yoast SEO-nya. Setelah terintall maka silahkan Anda pasang. Biarkan Plugin bekerja terlebih dahulu. Karena sistem Kerja Yoast SEO ini akan menganalisis semua artikel yang ada di Blog Anda. Seperti Heading Sub Heading, panjang artikelnya, kelengkapan kalimat atau panjangnya kalimat. Sehingga Anda nanti hanya akan melihat laporan dari plugin Yoast SEO ini apabila ada artikel Anda yang bermasalah, maka Anda bisa memperbaikinya dengan cepat. 

Berbeda dengan Blogger, kalau pakai Blogger kita tidak bisa menganalisis secara otomatis, bisanya mencek tiap artikel secara manual. Dan hal ini sangat menyita waktu sekali. Namun bagi kalian pengguna Blogger.com jangan pesmimis, karena blogger cetusan Google jangan ragu dan khwatair, yang terpenting sebelum Anda mempublikasikan artikel kalian hendaknya di cek kembali agar dapat menghindari kesalahan kata ataupun kalimat.

2. Daftarkan Blog ke Webmaster Tools Google

Cara yang kedua ini adalah cara yang paling mudah, yaitu kita hanya di suruh untuk mendaftarkan blog yang kita buat ke Webmaster Tools atau bisa juga disebut sebagai Google Search Console. Fungsinya adalah agar website maupun blog yang kalian punya bisa terdaftar di Google dan terverifikasi kepatenannya. Dengan demikian artikel-artikel yang kalian publhis akan di rayapi oleh mesin Google dengan mudah.

Google Search Console juga dapat digunakan untuk men-submit artikel yang baru di publhikasikan. Jadi kalian tidak harus menunggu 3-5 hari untuk dapat menemukan artikel yang baru kalian publhis. Dengan menggunakan fitur Sub-mit artikel ini, maka artikel baru kalian tersebut akan sudah muncul di mesin pencari Google atau Google Search. Dengan cara ini nantinya dapat memaksimalkan SEO ini sendiri. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi halaman Google Search Console silahkan klik alamat berikut ini: https://search.google.com/search-console/about

3. Buat List /daftar artikel atau Sitemap

Membuat daftar artikel atau Sitemap ini adalah salah satu cara untuk memanfaatkan fitur mesin pencari terutama di Google Search ya. Karena disini saya membahas perihal blog maka akan saya fokuskan pada Blog saja dulu. Jadi dengan adanya Sitemap ini akan memudahkan pengunjung blog dalam memilih dan memilah judul artikel yang sedang mereka cari. Dengan memaksimalkan fitur ini maka Blog Anda akan lebih disukai pengunjung dan juga di sukai oleh Google. Karena robot google menyukai blog yang memiliki sitemap. Dengan adanya Site Map juga akan mendongrak blog Anda agar bisa mendaptkan Site Link.

4. Buat Blog Anda menjadi cepat

Untuk bersaing dengan kompetitor blog yang lainnya, maka selain 3 cara diatas, kalian juga harus memaksimalkan kecepatan tampilan blog Anda. Karena google akan menayangkan pada laman pencariannya blog-blog yang memiliki kualitas tercepat. Pada hakekatnya mesin pencari google akan memproses dengan cepat apa yang sedang di cari oleh para pengunjungnya melalui mesin pencari. Demi memberikan kepuasan pada pengunjung Google maka setiap per detiknya google akan menampilkan beberapa situs pada laman mesin pencari. Biasanya blog yang mampu nongol di mesin pencari adalah Blog yang memiliki tampilan (Template) yang Responsive dan juga loadingnya cepat. 

Untuk itu, agar blog Anda mampu muncul di halaman pertama Google yang harus Anda lakukan selain 3 hal di atas adalah memaksimalkan kecepatan Blog Anda biasanya hal ini dilakukan perbaikan pada script atau koding Template kalian.

5. Usahakan Riset Kata (Keyword) 

Maksudnya disini adalah, sebelum Anda menulis sebuah artikel ada baiknya Anda melakukan Riset terlebih dahulu, kata kunci apa yang sedang ramai di cari pengunjung dan juga bagimana volume persaingannya serta mampu berlaku berapa lama kunci tersebut ramai di cari orang banyak. Dalam hal ini Anda bisa menganalisisnya di Google Ads (Google Planner), Ubersuggest, ataupun di mesin Keyword yang lainnya. 

Dengan kalian menerapkan teknik ini maka, kalian akan lebih mudah untuk menarik visitor dari google. Saran saya silahkan kalian analisis dan atur strategi, buat suatu artikel yang sebenarnya hal tersebut belum berlaku pada minggu ini namun akan berlaku di minggu yang akan datang, sehingga nantinya artikel Andalah yang terpublhis duluan di mesin google sehingga persaingan nantinya tidak terlalu banyak.

6. Buat Artikel Dengan Rasa Gembira (Lengkap dan Menarik)

Perlu kalian pahami, dalam menulis sebuah artikel usahakn dengan gaya kalian sendiri, jangan mengikuti gaya orang lain. Hal ini dilakukan agar kalian menulis artikel tidak dalam zona tekanan akantetapi dalam zona bahagia karena sedang menuangkan buah pikiran kedalam bentuk artikel. Jadi dalam penulisannya akan lebih mudah untuk dapat menulis artikel dengan cukup panjang dan sesuai dengan standar penulisan yang di sukai Google. Google suka artikel yang ideal berkisar 300 kata - 1.000 kata. Dan yang tidak kalah penting adalah ulasannya lengkap, menarik dan tidak terbelit-belit. Karena google ini dibuat untuk manusia, maka sebaiknya kalian membuat artikel juga berdasarkan rasa kemanusiaan ya, agar situs Anda lebih banyak dikunjungi manusia ketimbang pengunjung robot.

7. Letakkan Kata Kunci di beberapa paragra

Dalam meletakkan kata kunci atau Keyword di suatu artikel tidak cukup dengan satu kata kunci saja. Maka ada baiknya Anda meletakkan kata kunci di beberapa paragraf yang lainnya. Contohnya Seperti: 

Paragraf 1. Manfaat Buah Mangga, 
Paragraf 2. Kandungan buah Mangga, 
Paragraf  3. Buah Mangga Bagus untuk Kesehatan.

Cara penempatan keyword juga harus disesuaikan dengan kalimat didepannya, agar tidak terkesan memaksakan dan menjadikan rancu dalam penyusunan kalimat. Jadi agar peletakkan kata kunci strategis usahakan dalam penyusunan kalimatnya tepat sesuai huruf eja.

8. Tanam Link Internal

Menanam Link internal ini nantinya akan memperkuat Serp dalam artikel kalian. Jadi mesin pencari Google juga akan merayapi beberapa artikel. Jadi dalam menanamkan Link ini sebaiknya di lakukan. Namun jangan asal menanam link dalam suatu artikel, apalgi link tersebut hanya bersifat sementara, contoh pendaftarn mahasiswa tahun 2019. 

Biasanya situs yang di buat oleh pihak kampus hanya berlaku pada tahun tersebut dan di tahun sesudahnya sudah berganti lagi dan situs pada tahun 2019 sudah dihapus. Artinya link yang kalian tanam adalah link mati atau rusak. Dan hal ini juga tidak bagus untuk mendongkrak traffik blog kalian. Maka yang baik adalah tanam link yang bersifat permanen seperti link Blog artikel kalian sendiri ataupun link situs-situs besar yang mempunyai daya hidupnya jangka panjang seperti Youtube, google, facebook, yahoo dan lainnya.

Fungsi dengan adanya link internal juga dapat menjadi rujukan bahwa pengunjung blog kalian mengunjungi situs yang kalian rekomendasikan di dalam artikel tersebut. Cara ini juga diyakini cukup efektif untuk meningkatkan trafik blog.

9. Optimasikan Gambar Yang di Pasang di Artikel Blog

Fungsi meng-Optimasi Gambar pada halaman Blog amupun Gambar yang ada di dalam artikel adalah agar halaman terload dengan cepat, sehingga akan mempermudah pengunjung menemukan artikel yang sedang mereka cari. Kalau Kalian menyajikan gambar yang berukuran besar dan jumlahnya juga banyak dan tidak di optimalkan maka loading blog kalian akan terasa lambat dan berat, apabila suatu saat pengunjung mengklik alamat situs kalian dan mendapati loading atau tampilan situs bekerja lambat maka mereka akan pergi meninggalkan situs kalian dan mengunjungi blog yang lainnya. tentu saja kalau hal seperti ini terus terjadi kalian akan kesulitan untuk mendapkan pengujung, kecuali kalau situs kalian adalah situs yang penting sekali mereka akan rela menunggu.

10. Bermain Backlink
Bermain Backlin atau Pasang Backlink adalah salah satu cara jitu dan masih ramai untuk dilakukan pada musim ini. Apalagi ada muncul teknik REO. Teknis bermain Backlink ini kalian harus mencari situs-situs yang mempunyai traffik tinggi. Biasanya situs-situs bertraffik tinggi ini adalah situs yang udah tua dan sudah banyak dikenal orang dari segi kualitas kontennya. Baik itu situs merita seperti tribunnews, Hipwe, Medium dan lainnya.

Dengan adanya Backlink akan mampu menarik pengunjung dari situs besar tersebut pergi mengunjungi situs atau blog kalian. Jjadi backlink ini bisa dikatakan seperti rantai makanan. Blog kalian akan bergantung pada trafik artikel yang ada di situs besar tersebut. Oleh karenba itu dalam menanamkan backlink pada suatu situs hendaknya di telusuri kembali agar kalian bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah 10 Teknik SEO yang ampuh dan bisa kalian coba dan diterapkan dalam mengelola dan meningkatkan blog kalian. Cara diatas adalah cara yang tergolong mudah, namun semua itu juga perlu dengan proses, kita tidak bisa menginginkan seperti apa yang di harapkan. Jadi kalau belum berhasil tetap berusahalah dan ber-eksperimenlah dengan sungguh-sungguh. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel