3 Cara Ampuh untuk Meraih Kenikmatan Shalat Khusyu

3 cara untuk Meraih Kenikmatan Shalat Khusyu

1. Fokus dan Fokus 

Fokuskan pikiran dan konsentrasi kita pada 
satu titik sentral : keagungan dan 
kemuliaan Sang Ilahi. 
Cara yang relatif mudah untuk membangun kepasrahan kita pada Sang Ilahi adalah dengan membayangkan begitu banyak kenikmatan yang telah Dia berikan pada kita : pada oksigen yang kita hirup, pada keluarga yang menaungi kita, pada rezeki yang telah kita peroleh, pada kesehatan tubuh kita, pada limpahan air yang terus mengalir, dan jutaan kenikmatan lainnya.

Merasakan begitu banyak kenikmatan hidup itu mestinya membuat kita mengucap syukur dan rasa terima kasih yang tiada terhingga kepada Yang Maha Memberi.

Ya, rasa syukur yang terus mengalir itu harus selalu dilantunkan kepada begitu banyak nikmat yang telah kita rasakan. Dan shalat, adalah media yang paling ampuh untuk menghaturkan rasa syukur itu kepada Sang Ilahi.

Menjadikan shalat sebagai ritual untuk mengantarkan rasa syukur kepada Sang Ilahi atas begitu banyak karunia yang telah Dia limpahkan; akan membuat shalat kita menjadi lebih khusyu’ dan syahdu. Membayangkan limpahan karunia Ilahi yang terus mengalir pada kita, akan menumbuhkan rasa syukur dan cinta yang mendalam pada Sang Ilahi.


2. Pahami arti dan makna bacaan shalat

Innas sholaati, wanusuki, wamahyaya, wama maati lillahi rabbil ’alamiin. Laa syariikalahuu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimin. 

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, matiku hanya bagi Allah Tuhan sekalian alam, tiada sekutu bagiNya, dengan demikianlah aku diperintahkan, dan aku adalah orang yang berserah diri (muslim) . 

Ketika membaca Bismillahirrohmanirahiim ……bayangkan dan rasakan betapa besar rasa kasih sayang Allah SWT pada kita semua.

Ketika membaca Alhamdulillahir robbilalamiin…. bayangkan keagungan Allah SWT sang
pencipta alam semesta. 

Ketika membaca Arohmaanirrohiim bayangkan sifat kasih sayang Allah SWT yang meliputi alam semesta.......

3. Shalat berjema’ah di mesjid dengan tepat waktu

Kiat ketiga agar kita bisa shalat dengan khusyu’ adalah dengan cara : shalat berjama’ah di
mesjid dengan tepat waktu. Suasana mesjid yang sakral dan selalu dalam limpahan
rahmat dari Allah SWT akan membantu kita untuk bisa shalat dengan khusyu’.

Imam shalat berjama’ah di mesjid juga melakukan shalat dengan khusyu’ dan bacaan yang tartil. Itu juga akan mendorong kita untuk melakukan shalat dengan khusyu’ dan khidmat.

Sampaikanlah kebenaran, meski satu ayat. Jika rekan-rekan merasa artikel ini bermanfaat, mohon kiranya dapat diteruskan dan disampaikan kepada teman-teman yang lainnya.

0 Response to "3 Cara Ampuh untuk Meraih Kenikmatan Shalat Khusyu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel