8 Kesalahan Di Media Sosial yang Berdampak Buruk pada Bisnismu

8 Kesalahan dalam bermedia sosial terhadap bisnis online. Hai sahabat semuanya, ketika kita berbicara tentang bisnis Anda pasti tidak lepas dari yang namanya  aktivitas marketing. Tools marketing diantaranya adalah seperti dunia media sosial. 

8 Kesalahan Cara Bisnis Di Media Sosia

Pada artikel kali ini, saya akan sharing tentang kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh seorang marketer di media sosial, sehingga akibatnya berdampak buruk pada kelangsungan bisnisnya. Yang ingin bisnis online-nya sukses, mari simak terus bagian ini ya...!





8 Kesalahan di Media Sosial yang Berdampak Buruk pada karir Bisnis


1. Hanya membagikan sebuah konten tentang produk/perusahaan


Pada dasarnya Media sosial bisnis memang tujuannya untuk menyampaikan produk kepada audiens. akan tetapi dalam hal ini, kita juga harus memberikan suatu konten yang ringan ataupun konten selingan agar audiens tidak mudah bosan. Misalnya, membuat tips dan trick cara memotong kumis ataupun yang lainya. Jika Anda terus hanya menjual sebuah produk skin care, maka Anda akan dapat menyajikan tips merawat kulit wajah, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan acara contohnya seperti, giveaway, atau news seputar hal-hal terkini tentang dunia skin care.

2. Mengabaikan audiens


Kita semua tahu bahwa media sosial adalah tempat dimana pelanggan dapat berkomunikasi dengan kita selaku penjual produk. Di sanalah tempat mereka mencari informasi tentang suatu produk lebih jauh, sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut. Jika ada komentar yang masuk, diusahakan agar tim Customer Care segera membalasnya. Semakin cepat respon Anda kepada pelanggan, kredibilitas Anda tentunya akan semakin meningkat. Jika kita mengabaikan para audiens berlama-lama dalam kondisi kebingungan, maka bisa mereka akan kabur dan pindah memilih kompetitor Anda. Jangan sampai deh, sobat semua.

3. Jarang Update Konten di Media Sosial


Seperti halnya media sosial milik Anda pribadi, yang ada update foto setiap saat, brand Anda juga harus sering di munculkan di hadapan khalayak, tujuannya untuk meraih awareness. Maka dari itu, media sosial harus digunakan dengan tepat guna, dan selalu kita update dengan konten-konten segar. Jangan sampai Anda berikan jeda yang terlalu lama antara satu postingan dengan postingan yang lainnya. Cukup satu sekali setiap hari agar pengikut Anda semakin aware dan bertambah.

4. Tidak melakukan pendekatan dengan follower


Biasanya marketers seringkali lupa bahwa media sosial tidak hanya untuk beriklan tentang produk saja. Tapi juga sebagai suatu media untuk membangun hubungan dekat dengan para pelanggan. Kita juga perlu memahami apa yang mereka butuhkan, menggali insight, serta terus berusaha mewujudkan apa yang mereka butuhkan setiap saat.

5. Sering salah eja


Kesalahan sedikit saja yang Anda lakukan di media sosial bisa berdampak buruk pada bisnis Anda. Misalnya, seperti penulisan dalam bahasa asing yang keliru atau kesalahan EYD. Usahakan zero mistake atau koreksi sebelum artikel di publikasikan agar pelanggan tidak kabur.

6. Tidak mengetahui dengan benar kode eti bekerja di Media Sosial


Hal yang satu ini adalah terpenting dalam kesalahan menggunakan media sosial. Jangan sampai kamu menyebarkan data tempatmu bekerja yang bersifat rahasia karena ini jelas akan langsung mempengaruhi karirmu. Semua orang kantormu akan langsung tahu sekali kamu mempostingnya dan kamu pasti tidak akan dipertahankan lama oleh perusahaanmu ini karena sikapmu termasuk melanggar dan membahayakan perusahaan.


7. Membuat status yang berisi curhatan tentang tawaran pekerjaan di tempat lain


Jangan sampai kamu becerita tentang tawaran pekerjaan yang datang padamu di saat kamu masih bekerja di perusahaan yang lama. Semua yang kamu posting memang adalah halmu, tapi memposting hal seperti ini sama sekali tidak pantas. Jika kamu mendapatkan tawaran pekerjaan yang baru, maka sebaiknya kamu berkonsultasi dengan orang, bukan barang.

8. Memposting berita yang tidak benar atau menyebar fitnah


Sekalipun kamu memiliki pendapat tentang sesuatu, maka pastikan postinganmu itu bersifat positif. Jangan sampai kamu mengatakan hal-hal negatif dengan bahasa yang tidak kalah kasarnya. Apalagi yang bersifat memaki, mencemooh atau menyakiti orang lain secara verbal. Kamu harus bisa menahan dirimu sekalipun kamu sedang marah. Jangan luapkan amarahmu di media sosial. Media sosial bukan tempat yang tepat untuk marah-marah. 

Nah, sahabat semua sekarang sudah semakin banyak tahu kan ? ...
Yuk, kita bersama-sama meminimalkan kesalahan-kesalahan di atas, agar bisnis online kita semua dapat berjalan lancar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya..! Jangan lupa like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk kita semua :).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel