Panduan Lengkap Belajar Tehnik SEO

Belajar SEO adalah suatu cara yang bisa menjadikan blog kita nagkring di page one dalam mesin pencarian suatu situs, contohnya di google search, jadi dirasa perlu kita untuk belajar dalam tehnik seo tersebut. Dan kali ini saya akan membuat panduan yang bisa menuntun teman-teman blogger pemula untuk melakukan SEO secara bertahap. Diharapkan anda bisa belajar SEO dengan lebih mudah jika anda melakukan tahap demi tahap dari tutorial SEO ini.


APA Itu SEO? Dan Cara Kerja Search Engine


Sebelum memulai ada baiknya anda mengetahui apa itu SEO. SEO adalah sebuah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION atau OPTIMASI MESIN PENCARI. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa SEO adalah cara-cara yang dilakukan untuk membuat halaman web kita menjadi ranking pertama di mesin pencari yang dikehendaki. 

Tujuan dari kita belajar dan melakukan tehnik SEO tentu saja untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari itu sendiri. Kenapa kita harus mencari trafik? Apa alasan kita harus mencari trafik ?, pada dasarnya trafik adalah para pengunjung yang mengunjungi blog kita, trafik itu mempunyai nilai komersil, atau potensi bisnis. Jadi orang menghabiskan waktunya belajar SEO sebagian besar dikarenakan oleh alasan ekonomi, yaitu mencari income dari websitenya. Maka dari itulah trafik itu sangat penting. 


Oleh karena itu anda harus belajar terlebih dahulu dan mau menikmati proses dalam belajar SEO dengan benar, jika anda mau berhasil. Luangkan waktu 1 sampai 2 bulan ke depan untuk melakukan setiap tahap dengan benar. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memahami cara kerja dari mesin pencari. Mereka yang tidak paham dengan cara kerja mesin pencari akan cenderung berpikir optimasi SEO.


Untuk memberikan anda bayangan yang lebih mendalam dari keseluruhan proses belajar SEO ke depannya saya juga merekomendasikan anda membaca artikel ini sampai habis, karena SEO anda bisa menemui kesulitan kalau anda tidak melihat korelasi dari hal-hal yang dijelaskan di dalam artikel berikut.


Dalam usaha anda memahami SEO dan cara kerja search engine; anda harus berkenalan dengan 3 algoritma Google yang paling sering menjadi topik di dunia SEO. Anda perlu mengetahui 3 algoritma tersebut, agar anda tidak melanggar batas-batas yang bisa mendatangkan penalty di dalam optimasi SEO anda nantinya.


Dalam membuat atau membangun website juga perlu diperhatikan. Niche atau topik adalah sesuatu yang perlu anda perhatikan saat anda belajar SEO untuk membuat website atau blog. Niche adalah market atau pasar tertentu. Sebagai contoh; otomotif, internet marketer, kesehatan, olahraga, pendidikan dll.


Setiap niche mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda, dan market yang berbeda pula. Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan jika anda mau membuat sebuah website dengan banyak niche.


Setelah anda belajar apa itu SEO dan cara kerja Search Engine; anda juga sudah belajar batasan algoritma yang harus anda perhatikan, maka langkah selanjutnya adalah mengenal istilah kata kunci. Kata kunci adalah sesuatu yang diketikkan oleh pengguna Google saat mencari sesuatu. 


Sebagai contoh website yang menjual Hp Merek Samsung, ingin menguasai kata kunci: JUAL ONLINE Mobile Samsung, dan masih banyak lagi variasi kata kunci lainnya. Satu hal yang menjadi masalah adalah tidak semua kata kunci itu mempunyai jumlah pencarian yang besar, jadi anda harus menentukan kata kunci apa yang menjadi target utama dari optimasi SEO anda.


2 hal yang cukup umum berlaku di kata kunci adalah:

  • Semakin pendek, maka semakin besar pula persaingannya
  • Besar persaingan tidak menentukan nilai komersil kata kunci. Jadi berusahalah mencari kata kunci komersil yang belum dilirik banyak orang (persaingan rendah)
Setelah anda mengetahui apa itu kata kunci, dan kata kunci apa yang anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menggunakan kata kunci tersebut di dalam website anda. Jika anda salah dalam meletakkannya, maka bisa jadi anda harus bekerja lebih keras untuk memenangkan kata kunci tersebut.
  • 3 Hal Penting di dalam usaha SEO Anda 
Strategi Konten

Strategi konten belakangan ini disebut oleh praktisi SEO sebagai "SEO yang baru". Pada saat algoritma Panda dan Penguin dikeluarkan Google; banyak strategi yang sebelumnya populer menjadi tidak berguna lagi. Algoritma-algoritma dari Google ini sudah memaksa banyak pelaku SEO untuk menyusun ulang rencana optimasinya, karena optimasi sebelum-sebelumnya hanya berbuah penalty.

Anda harus tahu apa yang diinginkan oleh pasar anda; dan anda harus tahu apa saja yang bisa anda penuhi dari permintaan pasar anda. Untuk itu anda harus mempelajari apa yang namanya riset kata kunci. Riset kata kunci ini adalah salah satu hal yang paling banyak diabaikan oleh mereka yang baru belajar SEO dan hasil akhirnya adalah mereka sering memburu kata kunci yang tidak ada gunanya.

Mendapatkan Backlink
Ini adalah sekumpulan strategi untuk mendapatkan banyak link dari website lain menuju website anda. Backlink adalah istilah yang akan sering anda dengar dan akan sering membuat sakit kepala anda para pelaku SEO pemula. Kenapa ini membuat sakit kepala banyak orang? Karena mendapatkan backlink tidaklah mudah.

Belakangan barulah Google merilis bahwa website yang memberikan link keluar yang relevan akan mendapatkan keuntungan poin tambahan karena menyediakan referensi yang relevan untuk pembaca mereka. Bahkan link keluar yang relevan dihitung sebagai faktor kealamian website yang tidak spammy. Tapi ada 3 faktor yang perlu diperhatikan saat memberikan link keluar agar itu menguntungkan SEO website kita.
  1. Harus menuju website yang relevan dengan website kita
  2. Tidak boleh reciprocal link dalam artian ada link anda pada halaman web yang dituju, karena akan dianggap sebagai tukaran link
  3. Jangan terlalu banyak link keluar. 1 atau 2 saja sudah cukup. Jika terlalu banyak dan tidak berimbang dengan panjang konten anda, maka pertambahan poinnya akan tidak berimbang dengan poin yang keluar.
Media Sosial

Banyak pelaku SEO yang tidak paham apa pengaruh dari sosial media pada strategi SEO. Sebenarnya sosial media itu digunakan untuk merawat hubungan dengan mereka yang datang ke website anda melalui SEO. Jadi jika anda mendapatkan trafik dari SEO, maka entah bagaimana caranya anda mengajak pengunjung website anda untuk memberi like pada fanpage anda.

Jadi nantinya kalau anda mempunyai postingan baru atau produk baru, anda bisa mengundang mereka untuk kembali dan membaca tulisan terbaru dari anda. Jadi semakin lama trafik anda semakin besar, karena trafik bukan hanya datang dari mesin pencari, tapi juga dari pengunjung lama, yang anda rawat hubungannya dengan anda melalui media sosial. Jadi sayang sekali jika anda melakukan blogging tapi tidak mengajak orang untuk memberi like pada akun sosial media anda.


Demikian tutorial dan penjelasan SEO, semoga bermanfaat, selamat mencoba.

0 Response to "Panduan Lengkap Belajar Tehnik SEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel