7 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Kita

Mediasiana.com - Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh. Ketumbar adalah salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Ketumbar mempunyai aroma yang cukup menyengat dan khas sekali. ketumbar ini adalah bumbu masak khas Indonesia , selain memperkaya cita rasa masakan ternyata buah ketumbar ini bisa dimanfaatkan untuk obat herbal.

Manfaat dari Ketumbar ini dapat digunakan sebagai bahan utama obat herbal untuk mengatasi berbagai macam gejala penyakit. Efek samping dari ketumbar juga tergolong aman kalau dijadikan obat, karena ini tergolong obat herbal alami yang aman.

Apa saja manfaat dari Ketumbar ?


Yuk, simak informasi tentang manfaat ketumbar dan cara penggunaannya sebagai obat tradisional dan efek samping dari ketumbar ini!


Manfaat dari Ketumbar Untuk Kesehatan


Manfaat ketumbar sebagai bumbu masakan memang sudah tidak diragukan lagi, faktanya banyak dari berbagai jenis masakan yang menggunakan ketumbar ini sebagai bumbunya. Selain sebagai penyedap rasa ketumbar ini dapat membantu Anda untuk mengatasi berbagai masalah atau penyakit yang menggangu kesehatan Anda.

Berikut 7 Manfaat dari Ketumbar untuk Kesehatan


1. Ketumbar dapat membantu mengatasi gangguan Pencernaan dan Wasir


Manfaat dari ketumbar untuk kesehatan adalah dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Perawatan secara rutin menggunakan ketumbar ini ternyata bisa mengatasi sindrom iritasi pada usus besar.

Selain itu, ketumbar ini bisa mengatasi penyakit seperti perut kembung, diare, sembelit, bahkan sampai dengan cacingan. Ketumbar yang kaya akan antioksidan yang terdapat pada bijinya ini dapat membantu pergerakan usus dan dapat membantu produksi enzim pencernaan. Buag air besar akan semakin lancar maka Anda akan terhindar dari yang namanya penyakit WASIR.

2. Ketumbar dapat menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut serta merawat Kulit


ketumbar yang kaya akan anagetik ini dapat membantu Anda untuk meredakan sakit gigi, selain itu ketumbar juga kaya akan antibakteri sehingga dapat menjaga kesehatan pada gigi dan mulut kita. Apalagi salah satu penyebab sakit gigi dan juga bau mulut disebabkan karena adanya bakteri, maka ketumbar ini cukup ampuh untuk membasmi bakteri yang ada pada mulut kita.

3.  Ketumbar dapat bermanfaat untuk mengatasi infeksi jamur dan bakteri pada Tubuh


Selain dapat membunuh bakteri, ternyata ketumbar ini bisa juga menyembuhkan jamur yang tumbuh pada kulit kita, jadi mengonsumis ketumbar baik berupa dijadikan bumbu masak tentunya sangat bagus sekali untuk menambah kesehatan tubuh manusia.

4. Ketumbar juga Bagus untuk Penderita Diabetes


Ketumbar ini dipercaya dapat mengurangi kadar gula pada tubuh manusia, maka ketumbar ini sangat bagus di konsumsi bagi mereka yang terkena penyakit diabetes, namun tidak ada salahnya juga penderita diabetes memeriksakan kesehatannya secara ruitn ke dokter.

5. ketumbar dapat menurunkan Kadar Kolstrol Jahat


Cara penggunaan Ketumbar sebagai obat untuk menurunkan kadar kolstrol jahat pada tubuh, dengan cara direbus lalu di ambil airnya dan diminum secara rutin setiap hari. Karena rebusan ketumbar ini dapat membuang plak jahat yang menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung.

6. Ketumbar dapat meringankan nyeri sendi


Ketumbar yang masih berhubungan dengan sifat analgesik dan juga asam linoleat maka ketumbar dipercaya dapat meringankan penyakit nyeri sendi. Namun dalam hal ini ketumbar hanya meringankan saja bukan untuk mengatasi penyebab utama dari nyeri sendi.

7. Ketumbar dapat digunakan untuk mengatasi batuk dan pilek


Kandungan ketumbar yang kaya vitamin C serta Antioksidannya ini dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga ketumbar ini dipercaya dapat mempercepat penyembuhan penyakit batuk dan pilek.

Penutup


Nah itulah ke 7 manfaat dari Ketumbar, selain sebagai bumbu masak ternyata ketumbar bisa digunakan untuk bahan obat herbal. Namun  dalam penggunaan Ketumbar ini tergantung pada masing-masing orang. Mau digunakan sebagai obat juga bisa ataupun hanya digunakan untuk bumbu masak. 

Semoga ulasan artikel kali ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi para pembaca, demikian ulasan tentang ketumbar sampai jumpa di pembahasan artikel yang lainnya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel