Mengenal Ciri Ciri Demokrasi Pancasila Yang Ada di Indonesia

Mediasiana.com - Ciri Ciri Demokrasi Pancasila. Jika kita membahas mengenai demokrasi tentunya sudah ada beberapa demokrasi yang berlaku di Indonesia. Salah satunya yakni demokrasi Pancasila. Dimana demokrasi yang satu ini memang mempunyai dasar kekeluargaan atau sering kita sebut dengan gotong royong.

Hadirnya demokrasi tersebut tak lain hanya untuk membuat rakyat semakin sejahtera hidupnya. Bahkan dalam demokrasi Pancasila ini juga mengandung beberapa unsur yang terkait dengan kesadaran religius, budi pekerti maupun kebenaran sekaligus kepribadian dari bangsa Indonesia. Supaya lebih jelas lagi pastinya anda perlu mengerti mengenai ciri-ciri demokrasi Pancasila.


Mengenal Ciri Ciri Demokrasi Pancasila Yang Ada di Indonesia


Lantas apakah sebetulnya demokrasi Pancasila itu? Menurut pengertian umum sebetulnya demokrasi Pancasila ini merupakan sebuah paham demokrasi yang berlandas pada nilai dalam suatu ideologi Pancasila.


Banyak sekali menyebutkan jika paham demokrasi ini asalnya dari falsafah hidup bangsa Indonesia. Hingga akhirnya digali menurut kepribadian rakyat Indonesia. Dari falsafah hidup ini akhirnya melahirkan sebuah falsafah negara yakni Pancasila. Dimana semuanya sudah terkandung dalam Pembukaan UUD 1945.

Mengenal prinsip dari demokrasi Pancasila


Negara kita Indonesia memang sudah menganut demokrasi Pancasila. Dimana nilai pokok yang telah terkandung didalamnya ini terbilang jelas bahkan sudah terurai pada Undang Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945 tersebut telah menyebutkan terdapat dua prinsip yang menjadi nilai utamanya. Yakni:

  1. Indonesia merupakan  negara dengan asas atas hukum. Dimana negara Indonesia ini memang berdasarkan pada hukum bukan lagi pada kekuasaan.
  2. Sistem konstitusional. Pemerintahan Indonesia memang berdasar pada sistem konstitusi dimana  kekuasaan kini tidak terbatas lagi.

Mengulik tentang ciri demokrasi Pancasila


Ciri-ciri demokrasi Pancasila ini tentunya terbilang spesifik sekali terhadap kebutuhan bangsa maupun negate dengan demokrasi yang sudah diberlakukan pada negara lainnya. Mungkin kini anda harus mengerti pembahasan mengenai ciri dari demokrasi Pancasila. Adapun untuk beragam cirinya yakni:

  1. Kedaulatan berada di tangan rakyat sehingga kekuasaan yang tertinggi tentu saja atas dasar kehendak rakyat.
  2. Selalu berdasarkan pada gotong royong dan kekeluargaan. Dimana demokrasi memang tidak lepas dengan prinsip kekeluargaan maupun gotong royong. Sebab hal tersebut sudah menjadi budaya maupun ciri masyarakat Indonesia.
  3. Pengambilan sebuah keputusan tentu saja melalui sebuah musyawarah supaya mampu mencapai mufakat. Tentunya dari sini keputusan yang diambil bukan dengan memaksakan kehendak satu golongan saja.
  4. Tak mengenal adanya partai oposisi maupun partai pemerintahan juga menjadi ciri-ciri demokrasi Pancasila. Demokrasi tersebut terbilang netral sehingga mereka tidak memihak melainkan semua lapisan masyarakat berusaha bekerja sama membangun negaranya.
  5. Antara hak maupun kewajiban sudah selaras. Demokrasi Pancasila ini memberikan pengakuan atas hak maupun kewajiban jika keduanya ini harus berjalan beriringan supaya mampu mencapai masyarakat madani.
  6. Ciri-ciri demokrasi Pancasila yakni mampu menghargai adanya hak asasi manusia. Dimana hak ini terbilang hal mendasar sehingga tidak boleh diganggu gugat siapapun apalagi negara.
  7. Kebijakan pemerintah yang tidak memperoleh persetujuan nantinya bakalan disalurkan melalui wakil rakyat yang saat ini duduk pada lembaga tinggi negara. Sehingga tiada ada dukungan lagi terhadap demonstrasi maupun pemogokan hanya karena sebuah kerugian.
  8. Tidak menganut pada sistem partai tunggal. Dengan kata lainnya memonopoli sebuah hak politik warga negara yang bertentangan terhadap fungsi partai politik.
  9. Ciri-ciri demokrasi Pancasila juga tak lepas dari pemilu yang dilakukan secara terbuka bahkan terbilang jujur dan adil. Dari sini kegiatan pemilu semakin dijunjung tinggi di negara kita Indonesia. Hasil dari pemilu tentu saja bisa diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia.
  10. Tiada lagi tirani minoritas maupun diktator mayoritas. Hal ini mengandung sebuah makna akan persamaan dari warga negara dimana mereka mempunya kedudukan sama di berbagai bidang tanpa ada yang terkecuali.
  11. Lebih mengedepankan kepentingan umum ataupun rakyat. Ciri-ciri demokrasi Pancasila yang satu ini tentunya sudah anda ketahui. Dimana demokrasi tersebut memang lebih mementingkan kebutuhan umum dibandingkan kepentingan pribadi ataupun sebuah golongan.
Itulah tadi sekilas pembahasan kita terkait dengan pengertian maupun ciri-ciri demokrasi Pancasila. Dimana demokrasi yang satu ini memang berdasar pada UUD 1945. Semuanya dilakukan secara terbuka tanpa ada yang tersembunyi.

Bahkan demokrasi tersebut juga merujuk pada gotong royong sehingga rasa kekeluargaan pun tetaplah terjaga. Hal ini tidak akan menjadi pemecah belah masyarakat dalam bersosialisasi dengan lainnya.

Mungkin anda pun membutuhkan sebuah berita paling update dimana dari situ berbagai macam informasi bisa diperoleh. Semua berita terbaru maupun terkini sekarang ini bisa anda peroleh hanya dari inews. dengan sajian konten berkualitas menjadikan semua orang tertarik mengikuti perkembangan berita yang terbaru. Semoga saja dengan sedikit pembahasan kita mengenai ciri demokrasi Pancasila ini menjadikan anda semua semakin paham dengan sistem demokrasi tersebut. Karena masih ada beberapa sistem demokrasi lainnya yang patut anda pelajari. Setidaknya kini anda bisa mempelajari salah satu sistem demokrasi yang sudah berkembang di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ciri Ciri Demokrasi Pancasila Yang Ada di Indonesia"

Post a Comment