7 Tips Hindari Stres Menjelang Ujian Nasional di Sekolah

Mediasiana.com - Tips Hindari Stres Ujian Nasional. Halo sobat semua berjumpa kembali di situs Mediasiana.com. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang Cara mudah dalam menghadapi ujian Nasional agar tidak Stres. Kita tahu bahwa ujian Nasional akan segera tiba. Bahkan persiapan simulasi ujian atau Try Out akan segera dilaksanakan pada bulan Desember. 

Tips Hindari Stres Menjelang Ujian Nasional di Sekolah

Nah, untuk itu saya akan berikan 7 tips cara agar kalian bisa siap dan tidak tegang dengan namanya Ujian Nasional.

Ujian Nasional adalah salah satu rangkaian kegiatan yang sering dilakukan pada saat kita kelas 6 ataupun kelas 9 dan kelas 12 di sekolah SD, SMP dan juga SLTA/SMA/SMK. Karena dengan kita mengikuti Ujian Nasional maka kita akan tahu seberapa besar kemampuan kita dalam menyerap materi pendidikan selama 3 tahun terakhir. 


Pelaksanaan Ujian Nasional untuk sekarang ini sudah berbasis Computer. Jadi dalam menjawab soal sudah melalui komputer dan setiap soalnya ada waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu kita akan sulit mencontek seperti ujian jaman dulu yang masih menggunakan media pensil forkomputer secara offline, untuk itu kalian harus siap.

Posisi dalam Ujian Nasional juga tidak berdempetan, nantinya akan ada jarak disetiap peserta ujiannya. Jadi duduknya akan sendiri-sendiri. Selain itu disetiap ruangan akan ada pengawas Ujian, maka tidak heran Ujian Nasional ini menjadi momok bagi para pelajar dan sesuatu yang ditakuti, karena kelulusan selama 3 tahun sekolah 40% di tentukan oleh hasil dari kita menjawab soal Ujian Nasional.

Nah, utnuk menjawab persoalan klasik seperti ini yang biasa terjadi pada setiap Tahunnya, maka dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi tips buat kalian para soabt Mediasiana yang sekarang sudah duduk dibangku kelas akhir di sekolah kalian. Untuk itu saya mohon kalian bisa membaca tips-tips yang sudah saya tulis dibawah ini.

7 Tips Hindari Stres Menjelang Ujian Nasional


1. Lakukan menjawab soal-soal latihan UNBK


Otak manusia juga membutuhkan dengan namanya latihan atau pemanasan. Jadi sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dilakukan, sebaiknya jauh-jauh hari Anda sering belajar dan menjawab soal latihan yang sudah di berikan oleh guru entah itu guru Mata Pelajaran yang bersangkutan maupun Guru Bimbel.

Dengan hal ini maka otak Anda akan bekerja dengan baik dan nantinya tidak ada yang namanya tekanan yang terlalu berat sehingga Anda tidak mudah stress saat Ujian Nasional Berlangsung.

2. Belajar Pada Waktu Yang Tepat


Sebenarnya ada waktu belajar yang tepat yaitu di pagi hari pada jam 04.00 - 06.00 dan untuk waktu malam ada di pukul 19.30 - 21.00. di waktu tersebut otak manusia akan lebih fresh dan kinerja otak akan normal, karena pada waktu tersebut tidak banyak melakukan aktivitas yang terlalu beart, sehingga dalam proses belajar Anda akan lebih mudah memahami materi pelajaran.


3. Lakukan Olahraga


Dengan Olahraga akan membuat tubuh dan juga otak Anda menjadi rileks. Dengan olahraga pada waktu mendekati hari-hari Ujian Nasional akan dilaksanakan maka akan membuat Anda lebih nyaman dan siap dalam menghadapi Ujian Nasional

Olahraga yang dilakukanpun jangan terlalu berat dan juga susah, cukup Anda melakukan olahraga yang sederhana saja bisa lari atau joging, berenang dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda menguatkan daya ingat dan juga akan membuat otak dapat bekerja dengan sempurna.

4. Cukupi Asupan Gizi Tubuh Anda

Dengan memakan makanan yang bergizi ternyata ini akan membantu tubuh menjadi sehat dan kuat, juga tubuh akan lebih siap dalam menghadapi Ujian Nasioanl. Maka tidak heran, ketika seseorang dalam keadaan perut kosong dalam belajar akan susah untuk konsentrasi begitu sebaliknya kalau perut kenyang sedang dalam keadaan belajar maka akan mudah mengantuk. Untuk hal ini sebaiknya isi perut Anda dengan makanan yang secukupnya saja jadi makanlah secara teratur 3 X sehari.

5. Kerja kelompok 

Kerja kelompok sambi diskusi menjawab soal latihan Ujian Nasional ternyata dapat mempermudah Anda dalam belajar dan juga dapat menghindari dari rasa stress yang berlebihan karena Ujian Nasional. Dengan kerja kelompok akan mudah untuk memecahkan jawaban soal latihan dan dalam belajarnya juga lebih seru.

6. Liburan ataupun mendengarkan Musik

Nah, buat kalian yang pikirannya tertekan karena sebentar lagi mau ada Ujian Nasional maka Anda bisa membuang beban tersebut atau stres tersebut dengan cara berlibur atau mendengarkan musik kesukaan kalian. Dengan hal ini maka otak akan bekerja dalam keadaan normal serta hormon kebahagiaan yang ada di dalam tubuh akan meningkat sehingga stress karena ada Ujian Nasional akan berkurang. Apalagi sambil dengarkan musik dengan headset sambil bersepeda.

7. Beribadah dan Berdo'a kepada Allah SWT


Yang tidak kalah paling penting dan ini adalah paling utama menurut saya, karena segala sesuatu itu ada obatnya maka dalam hal ini apabila Anda resah dan Anda dalam fase stres maka lakukanlah ibadah dan berdo'alah kepada Allah SWT Tuhan Semesta Alam. Dengan menjalankan Ibadah kepada Allah maka otak dan juga hati akan lebih tenang. 

Penutup


Nah, Itulah ke 7 Tips Dalam Menghindari stres menjelang Ujian Nasional yang bisa saya bagikan. Semoga Anda nantinya tidak terlalu pusing dalam memikirkan Ujian Nasional. Saran saya carilah hiburan yang positif dan belajarlah di waktu yang tepat. Karena di waktu tersebut akan lebih menguatkan daya ingat otak Anda. Hindari juga belajar full time, karena hal itu bisa menyebabkan otak menjadi blank dan cepat stress.

Apabila artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman Anda yang lain, jangan sungkan silahkan saja share ke mereka, sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Hindari Stres Menjelang Ujian Nasional di Sekolah"

Post a Comment