10 Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama, ini dia!

Mediasiana.com - Bahaya Sering Menahan Kencing. Halo sobat semua berjumpa kembali di mediasiana.com. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi kesehatan tentang Bahaya Sering Menahan Kecing. 


Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama


Bahaya menahan kencing terlalu lama, bahkan kalau sering dilakukan akan berdamak fatal pada menurunnya kesehatan tubuh dan juga dapat memicu gejala berbagai penyakit mematikan. Bagi kalian yang keseringan menahan kencing maka sebaiknya sudahilah kebiasaan buruk tersebut sejak sekarang ini, karena dampak dari menahan kencing ini berisiko tinggi.

Bagi sobat mediasiana yang belum mengetahui bahaya dari keseringan menahan kecing maka saya sarankan untuk membaca sampai habis ulasan pada judul arttikel yang satu ini. Karena uraian yang akan saya berikan akan sangat bermanfaat untuk para pembaca budiman.



10 Bahaya dari sering menahan kencing terlalu lama



1. Penyakit Batu Ginjal



Anda pasti sudah pernah mendengar dengan BATU GINJAL. Nah, batu ginjal ini bisa terjadi kalau Anda sering menahan kencing, karena di dalam saluran kemih terjadi pengkristalan, air kemih yang mengendam terbentuk karena ada mineral dan garam asam, proses ini dalam keilmuan biasa disebut dengan nephrolithiasis. 

Dan kalau sudah mengendam maka Anda harus mengeluarkannya secara rutin dan tentunya rasanya sakitnya luar biasa ketika Anda sedang buang air kecil.


2. Memicu Infeksi pada saluran Kemih



Infeksi yang terjadi pada saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang tertapung pada uretra Anda. Oleh karena itu sangat disarankan Anda jangan terlalu sering menahan kencing terlalu lama. 

Pada dasarnya kencing ini juga bertujuan untuk membuang bakteri yang ada pada tubuh manusia, jikalau hal ini ditunda-tunda maka bakteri akan berkembang biak di dalam tubuh terutama pada saluran buang air kecil. Biasanya kalau seseorang sedang terkena Infeksi maka dia akan ingin terus membuang air kecil, walaupun dia tidak banyak minum air.


3. Memciu Infeksi pada kandung Kemih



Bakteri yang menumpuk dan berkembang biak pada uretra maka bisa menyerang hingga pada bagian ginjal. Apalagi infeksi seperti ini sering menyerang kaum wanita karena saluran uretra wanita lebih pendek ketimbang saluran uertra pria dan juga saluran uretra wanita lebih dekat dengan anus.


4. Kandung kemih Akan Mengalami Pembengkakan



Minum secara rutin dan sesuai dengan ukurannya sangat dianjurkan, karena hal ini nantinya akan dapat membersihkan ginjal. Pada umumnya saluran kemih dapat menampung hingga 15 ons cairan. Untuk menjaga kandung kemih normal dan tidak bengkak maka sebaiknya Anda membuang air kecil secara rutin dan jangan terlalu sering menahan kencing.


5. Kandung Kemih akan lebih Sensitif



Apabila kandung kemih bengkak dan sensitif maka Anda akan lebih sering buang air kecil, dan hal ini tentunya tidak wajar. oleh karena itu agar hal ini tidak terjadi pada Anda maka buanglah air kecil dengan rutin dan tidak menahannya terlalu lama.


6. Disfungsi Pada Buang Air Kecil



Disfungsi pada saluran kemih atau sering dikenal dengan sebutan Lowr Urinary Tract symptomps (LUTS). Hal ini akan berdampak buruk pada sistem saluran kemih. Dan dampaknya maka Anda akan terganggu dalam berkemih (tidak tuntas dalam membuang air kecil), gairah seks menurun dan juga bisa ngompol.


7. Interstitial Cystitis



Hal ini adalah gangguan pada saluran kemih, akibatnya yaitu kalau Anda akan kencing atau buang air kecil maka rasanya perih, hal ini disebabkan karena terjadinya infeksi yang disebabkan bakteri yang terdapat pada saluran kemih yang tidak tuntas.


8. Tidak Lagi Sanggup Untuk Menahan



Terlalu lama menahan kencing juga berakibat seseorang akan bisa mengompol bahkan hal ini bisa terjadi pada usia tua atau seseorang yang sudah berkepala 5. Nah, tentuya kita semua tidak menginginkan ini terjadi pada kita nanti di usia 50 an, jadi untuk saat ini jangan biasakan menahan kencing terlalu lama.


9. Kandung kemih Bisa Meledak



Yang lebih mengerikan yaitu terjadinya keruakan pada kantung kemih, dan fatalnya bisa meledak. Dan kalau meledak maka Anda harus melakukan operasi. Pasti hal ini rasanya sakit sekali.


10. Bisa Gagal Ginjal



Paling mengerikan kalau menderita gagal ginjal, selain sakit sekali juga bisa menghabiskan biaya yang banyak untuk berobatnya. Nah, untuk itu alangkahbaiknya mencegah daripada mengobati.


Kesimpulan



Dari uraian diatas, maka akan saya tarik kesimpulan, jangan suka menahan kencing terlalu lama karena itu berdampak buruk pada saluran kemih hingga menimbulkan penyakit yang mematikan.

Nah, dengan penjelasan diatas, semoga kalian semua bisa lebih faham dan mengerti bahayanya kalau sering menahan kencing terlalu lama. Sekian saja yang dapat saya informasikan pada artikel kali ini. Janganlupa baca artikel yang lainnya ya! sampai jumpa!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama, ini dia!"

Post a Comment