Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional, pada hari ini!

Mediasiana.com - Hari Ayah Nasional. Halo sobat semua berjumpa kembali di situs Mediasiana.com. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sebuah Topik yang lagi trending pada hari ini. Yaitu tentang Google Doodle Memperingayi Hari Ayah Nasional.

Sejarah Hari Ayah Nasional di Indonesia

Selain hari ibu ternyata ada juga hari ayah, baru kali ini saya menjumpai perayaan hari ayah. Setelah saya buka beranda Google Search muncul sebuah Gambar seperti sekumpulan burung ada burung yang lebih besar sedang memberikan makanan pada anak-anaknya. Dan ternyata Google Doodle sedang memperingati hari ayah guys, luarbiasa!

Google Doodle memperingati hari ayah tepat pada hari ini, karena Peringatan Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November.



Google Doodle memperingati Hari Ayah Nasional dengan  menampilkan sebuah animasi yaitu ada sang ayah burung dengan dikelilingi enam anaknya serta dihiasi dengan beragam warna khas logo Google. 




Sebenarnya ada tiga mode yang bisa dipilih, dari masing-masing animasi menampilkan keakraban sang ayah dengan anak-anaknya. Sebenarnya Hari Ayah Nasional ini pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006 silam yaitu pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. 

Dihimpun dari sebuah situs sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id, peringatan Hari Ayah di Negara Indonesia ini diprakarsai oleh salah satu paguyuban yang ada di Indonesia yaitu Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). 

Sebenarnya Ide ini tercetus secara mendadak setelah PPIP mengadakan sebuah Sayembara Menulis Surat untuk Ibu pada tahun 2014 yang lalu. "Mengenai Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? dan juga Kapan Peringatan Hari Ayah?" tanya salah seorang peserta sayembara secara mengejutkan. Dari situlah PPIP mulai mencari informasi mengenai kapan kita harus memperingati Hari Ayah Nasional, dan panitiapun melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta. Setelah melalui beberapa kajian dan proses yang cukup panjang saat itu, maka PPIP mendeklarasikan 12 November sebagai Hari Ayah di Indonesia.

Hari Ayah Nasional di Indonesa - Deklarasi ini serupa juga diadakan di daerah Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasinya mereka meluncurkan sebuah buku yang bertajuk Kenangan untuk Ayah dengan berisi 100 surat anak Nusantara yang sebelumnya sudah diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Buku itu pun kemudian dikirimkan kepada Presiden ke-6 Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono serta bupati di empat daerah penjuru Indonesia, yakni Sabang, Sangir Talaud, Merauke dan Pulau Rote. Sejak saat itulah, peringatan Hari Ayah Nasional ini ditetapkan. 

Sebagaimana ada Ibu pada suatu keluarga, seorang Ayah juga berperan penting dalam keluarga. Seorang ayah tidak sekadar nahkoda rumah tangga, melainkan juga memikul tanggung jawab sebagai pencari nafkah utama, pelindung, dan juga yang paling penting adalah memberikan kasih sayangnya kepada keluarga kecilnya. Saya mengucapkan Selamat Hari Ayah Nasional untuk seluruh Ayah di Indonesia!

Demikianlah tentang sejarah hari Ayah Nasional di Indonesia, semoga Ayah kita selalu dimudahkan dalam mencari rizkinya, segala urusannya, dan diberkahkan usianya. Apabil artikel ini dirasa bermanfaat, kiranya jangan sungkan untuk membagikannya ke temena-teman kalian ya! 

Janganlupa baca artikel yang lainnya ya, sampai jumpa!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional, pada hari ini!"

Post a Comment