7 Manfaat Bersedekah Baik untuk diri sendiri maupun orang lain

Mediasiana.com- Halo sobat semua berjumpa kembali di mediasiana.com. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai manfaat dari bersedekah.

Manfaat bersedekah ternyata begitu banyak, karena bersedekah membawa kebaikan bagi kehidupan manusia. Istilah Sedekah atau shadaqah atau shodaqoh merupakan perbuatan yang sangat mulia, sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain baik dia orang fakir miskin maupun orang yang berhak menerima sedekah, sedekah ini di luar dari yang namanya kewajiban zakat dan zakat fitrah.

Manfaat Bersedekah


Bersedekah kepada orang lain dilakukan rasa sukarela dan dengan hati yang ikhlas tanpa dibatasi oleh keadaan, baik itu waktu dan jumlah atau kadar tertentu. Sebenarnya Manfaat dari bersedekah ini sifatnya lebih luas dari sekedar zakat ataupun berinfak. Karena bersedekah tidak hanya dalam bentuk mengeluarkan atau menyumbangkan sebuah harta, melainkan bersedekah mencakup segala amal perbuatan baik.

Berikut ini akan saya uraikan 7 Manfaat dari bersedekah, untuk itu mohon kiranya bisa Anda baca pembahasannya sampai selesai!


Manfaat Bersedekah Baik untuk diri sendiri maupun orang lain


Sedekah juga Tak harus Selalu Berupa Uang. Bersedekah itu Tidak hanya berbentuk harta benda contonya seperti:

1. Menolong orang lain dengan tenaga dan pikiran, 
2. Memberikan senyum (bersapa) 
3. Memberi nafkah pada keluarga
4. Mengajarkan ilmu pengetahuan pada orang lain, berdzikir, dan lain sebagainya.

Cakupan perbuatan dalam bersedekah dalam Islam itu sangat luas sekali. Namun, agar lebih afdolnya yaitu harta benda yang Anda miliki juga sebaiknya harus disedekahkan kepada orang yang membutuhkannya.

Karena, banyak sekali balasan yang bisa Anda dapatkan dari bersedekah. Sesungguhnya Allah itu sangat memuliakan orang yang suka bersedekah serta Allah juga menjanjikan balasan-balasan yang sangat besar bagi orang yang suka bersedekah.

Balasan Allah SWT ini akan dapat kamu rasakan baik itu secara langsung atau tidak langsung, dimana Anda saat mejalankan kehidupan sehati-hari. Memangnya  apa saja balasan yang diberikan oleh Allah untuk umatnya yang bersedekah? 

Berikut ini akan saya ulas beberapa manfaat dari bersedekah yang bisa di dapatkan. semoga dengan adanya Anda membaca artikel ini dan mengetahui manfaat bersedekah, bisa membuat diri Anda tergerak ingin melakukan sedekah setiap waktu.

1. Bersedekah Dapat Menyembuhkan Penyakit


Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani yang artinya: “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”.

Hal ini berarti bahwa dengan melakukan sedekah, maka akan dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia (kekebalan tubuh), sehingga tubuh akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai penyakit.

2. Bersedekah Dapat Memanjangkan Umur


Manfaat bersedekah bagi kelangsungan hidup Anda adalah bisa memanjangkan umur Anda. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh At-Thabrani yang artinya: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“.

3. Bersedekah Dapat Menghindarkan dari Marabahaya


Manfaat dari bersedekah lainnya adalah sebagai penolak bala dan kejahatan. Serta bersedekah dapat melipat gandakan rizki yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya. Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Nabi Muhammad SAW bersabda, “As-shodaqotu-tasuddu-sab’iina-baaban-minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

Itulah di antara manfaat sedekah sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Quran: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245).

4. Bersedekah Dapat Membuka Pintu rezeki


Berikut Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”

Diriwayatkan dalam sebuah hadist riwayat Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu),,niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” 

Dimuka bumi ini banyak di antara  manusia yang takut miskin apabila gemar menyedekahkan hartanya kepada orang lain. Padahal, Allah sudah menjanjikan balasan yang berlipat ganda bagi orang yang melakukan sedekah.

Allah SWT berfirman dalam QS. Saba ayat 39 yang artinya :  "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

5. Bersedekah Bisa Melipatgandakan Rezeki


Allah SWT  berfirman dalam QS. Al-Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah - adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan - (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

6. Bersedekah Dapat Menghapus Dosa


Kita semua tahu bahwa manusia tidak pernah luput dari perbuatan dosa. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa - sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi).

Apalagi sedekah ini merupakan cara paling mudah yang sudah disediakan Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa yang telah diperbuat oleh manusia. Kamu tersenyum saja, sudah termasuk dalam nilai bersedekah. Karena senyum ini merupakan salah satu sedekah paling mudah yang dapat Anda lakukan setiap hari.

7. Bersedekah Sebagai Naungan di Hari Kiamat


Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda, "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya."

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah apalagi di bulan Ramadan.

Kesimpulan


Nah, itulah dari manfaat bersedekah, semoga para pembaca budiman setelah mengetahui manfaat dari bersedekah bisa gemar bersedekah ya, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat janganlupa di share ke teman Anda dan sampai jumpa di pembahasan artikel yang lainnya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel