Biografi: Inilah Sosok Ani Idrus Yang Harus Kita Ketahui

Mediasiana.com - Andi Idrus adalah seorang wartawati senior, dirinya pendiri dari media cetak Harian Waspada bersama suaminya H. Mohammad Said pada tahun 1947 M.

Ani Idrus adalah orang Sumatera Barat, beliau lahir di Sawahlunto Sumatera Barat pada tanggal 25 November 1918 dan wafat pada tanggal 9 Januari 1999 di Medan Sumatera Utara.

Biografi Ani Idrus, makam Ani Idrus terletak di area Pemakaman Umum di Jalan Thamrin, Medan. Ani Idrus pernah menjabat sebagai Pimpinan Umum Redaksi harian Waspada dan Majalah Dunia Wanita di Medan.


Ani Idrus juga mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama Yayasan Pendidikan Ani Idrus. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Sekolah Sepak Bola WASPADA, Medan, Direktur PT. Prakarsa Abadi Press, Medan dan Ketua Yayasan Asma Cabang Sumatera Utara.

Google Doodle memperingati kelahiran Ani Idrus. Sejak kecil Ani Idrus Sekolah dasar di Sawahlunto, kemudian dirinya melanjutkan ke jenjang sekolah madrasah dan mengaji di surau. Setelah ia lulus sekolah selanjutnya dirinya pindah ke Medan pada tahun 1928 dan masuk ke Methodist English School, Schakel School, Meisjeskop School, Mulo (taman Siswa) dan SMA sederajat.

Pada Tahun 1962 - 1965 Ani Idrus menjadi mahasiswa di UISU dan mengambil jurusan ilmu Hukum di Fakultas Hukum UISU. 

Dari perjalanan panjang itulah Ani Idrus sangat berjasa dalam dunia Pewratawanan terutama dalam dunia cetak, karena dirinya juga pernah menjabat sebagai Dewan Penasehat "Ikatan Wartawan Indonesia" pada tahun 1984 M.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi: Inilah Sosok Ani Idrus Yang Harus Kita Ketahui"

Post a Comment