Inilah Dampak Pencemaran Udara yang Jarang Kita Sadari

Mediasiana.com - Dampak Pencemaran Udara. Tentunya anda mengerti jika pencemaran udara ini menjadi salah satu permasalahan yang mengganggu kesehatan lingkungan.  Bahkan parahnya lagi polusi udara ini teryata juga bisa menjadi penyebab adanya penyakit kanker. Tentu saja ada beragam jenis polutan yang bisa membuat penciuman terganggu. Mulai dari sulfur dioksida, karbon monoksida, nitrogen oksida, ozon, senyawa organik volatil maupun lainnya. 


Dampak Pencemaran Udara yang Jarang Kita Sadari


Inilah mengapa anda perlu menjaga lingkungan agar tetap sehat dan terbebas dari pencemarannya. Karena banyak sekali dampak pencemaran udara yang bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh.



Tak bisa kita pungkiri lagi jika udara tentunya menjadi salah satu komponen paling penting sebagai penunjang semua kehidupan makhluk hidup. Tanpa adanya udara tentunya manusia tidak bisa bernafas. Hanya saja udara bersih yang berkurang seakan menjadi permasalahan cukup berat. Sebetulnya penyebab pencemaran udara itu cukup banyak sekali. Entah karena perbuatan yang dilakukan oleh manusia maupun adanya faktor alam.

Jaringan udara yang dinilai rusak sudah seharusnya segera anda perbaiki. Jangan sampai semuanya terlambat hingga akhirnya anda merasakan dampak pencemaran udara. Tentunya udara yang tidak bersih bisa menjadi pemicu beragam penyakit. Apalagi saat udara penuh polusi ini kita hirup maka tak menutup kemungkinan anda mengalami gangguan pernafasan. Dari sini anda perlu mengantisipasi supaya kondisi udara tetap bersih dan terjaga.

Banyaknya hal yang menjadi penyebab pencemaran udara seakan membuat siapapun merasa kebingungan. Memang tidak mudah mengatasi adanya polusi udara ini. Namun setidaknya anda tidak menyepelekan beragam dampaknya. Mungkin sekarang anda merasa penasaran dengan adanya dampak pencemaran udara. Dari pada anda merasa penasaran sebaiknya simak ulasan berikut ini:


Inilah 6 Dampak Pencemaran Udara yang Jarang Kita Sadari




1. Mengalami gangguan pada kesehatan



Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, udara menjadi salah satu pilihan komponen paling penting yang berada dalam kehidupan. Dimana udara membuat siapapun masih tetap hidup. Tetapi jika udara sudah tercemar dengan polusi pastinya udara tersebut tidak sehat lagi. Hingga akhirnya beragam gangguan pada kesehatan tubuh pun semakin banyak. Wajar saja hal ini teradi sebab udara yang terbilang kotor ini membuat penyakit terkesan lebih parah.


2. Adanya dampak ekonomi



Siapa sangka ternyata dampak pencemaran udara pun juga meluas hingga ke bidang ekonomi. Tentu saja hal ini bisa terkait oleh produktivitas setiap orang. Saat rasa tidak nyaman sudah dirasakan maka keluar rumah pun menjadi enggan. Hal ini akhirnya menimbulkan permasalahan dalam hal ekonomi baik pribadi atau bahkan negara.


3. Berdampak terhadap aktivitas pertanian



Bukan hanya manusia saja yang kini membutuhkan udara yang segar. Namun tumbuhan pun ternyata juga demikian. Tumbuhan memang membutuhkan udara supaya mampu berkembang dan tumbuh dengan subur. Inilah mengapa jangan sampai udara yang berada disekitar kita tercemar oleh polusi. Dengan kondisi udara yang terbilang tidak sehat dikarenakan pencemaran udara ini pastinya bisa mengganggu beragam aktivitas tumbuhan termasuk pertanian. Semisal saja dalam hal proses fotosintetis.


4. Terjadinya hujan asam



Siapa sangka ternyata udara yang tercemar ini dikarenakan sebuah zat sudah bercampur dengan udara bersih. Hingga akhirnya zat tersebut menimbulkan polusi yang bisa merugikan lingkungan. Dari sini kita pun harus lebih berhati-hati untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasanya beberapa zat yang begitu sensitif saat bertemu dengan air bakalan berubah menjadi asam. Dari sini terjadilah sebuah peristiwa yang dinamakan dengan hujan asam.


5. Terjadinya kerusakan pada lapisan ozon



Kini pencemaran udara yang terjadi secara terus menerus ternyata bisa berdampak pada lapisan ozon. Dimana zat kimia dalam jumlah lebih banyak ini bisa mencemari udara. Padahal lapisan ozon ini mempunyai kegunaan untuk memberikan perlindungan akan keganasan sinar matahari. Namun sayang sekali karena pencemaran udara, lapisan tersebut bisa rusak.


6. Adanya efek rumah kaca



Kali ini setiap manusia ternyata akan merasakan efek rumah kaca karena pencemaran udara yang telah terjadi. Adanya efek tersebut tentunya bisa membuat sinar UV maupun radiasi mampu dipantulkan secara besar-besaran dan akhirnya kembali lagi pada permukaan bumi.

Dengan melihat berbagai macam dampak pencemaran udara yang terjadi disekitar lingkungan. Sudah seharusnya anda melakukan pencegahan saat hal tersebut terjadi. Setidaknya anda harus mencari solusi paling tepat agar permasalahan terkait polusi udara bisa teratasi. Kesehatan anda pun nantinya tetap terjaga dari adanya udara yang sudah tercemar.


Penutup


Sebetulnya pencegahan bisa dilakukan jika manusia mau bekerja sama melakukan penanggulangan terhadap pencemaran udara ini. Setidaknya anda jangan melakukan pembakaran maupun penebangan pohon supaya polusi tidak terjadi.

Sebab pohon yang rindang menjadi sumber oksigen yang mampu membuat kita merasakan udara segar. Hadirkan jalur hijau dengan cara menanam sejumlah pohon pada tempat tertentu. Hal ini tak lain hanya bertujuan supaya udara yang kita hirup semakin segar dan lebih sehat. Kita sebagai masyarakat sudah seharusnya selalu menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan begitu anda tidak akan merasakan dampak pencemaran udara. Sebetulnya berbagai macam informasi bisa anda peroleh melalui internet. Terlebih untuk permasalahan resep makanan atau bahkan cara penanggulangan udara yang tercemar ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Dampak Pencemaran Udara yang Jarang Kita Sadari"

Post a Comment