7 Fakta Menarik Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia Tak Wajibkan Skripsi

Mediasiana.com - Risa Santoso. Rektor Termuda Indonesia dia adalah Risa Santoso seorang Wanita yang berusia 27 Tahun. Namanya viral setelah dirinya belakang Ini dilantik menjadi Rektor termuda di Indonesia di salah satu perguruan tinggi di Indonesia.

7 Fakta Menarik Risa Santoso


Risa Santoso terpilih dan dilantik menjadi rektor di Institut Teknologi &  Bisnis ASIA Malang pada 2 November 2019 yang lalu.


Risa Santoso adalah seorang wanita yang mempunyai segudang pengalaman dan prestasi. Risa Santoso,  BA., MA. Ed, kini menjadi rektor termuda di Indonesia.


Dilansir dari akun Instagram @bem_asiamalang " selamat atas dilantiknya Risa Santoso, BA., MA. Ed, sebagai rektor institut asia malang".

Usia Risa Santoso yang tergolong masih muda ini membuat takjub banyak orang apalagi dengan pengalaman dan pendidikannya yang sudah tidak diragukan lagi.

Menurut pakar psikologi bahwa usia dari 25 Tahun adalah fase dimana seseorang dalam jenjang dewasa awal.

Di usia seperti ini cenderung memiliki karakter yang produktif apalagi kalau sudah menikah maka akan lebih matang lagi dengan perkembangan fisik dan emosinya.

Pakar Psikologi, Rena Masri mengutarakan bahwa di usia mulai dari 25 Tahun sifat orang akan lebih dinamis, enerjik dan juga lebih update tentang perkembangan teknologi.

Mengutip dari berbagai sumber berita, bahwa inilah 7 Fakta Menarik Risa Santoso seorang Rektor Muda Indonesia

7 Fakta Menarik Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia Tak Wajibkan Skripsi


1. Pendidikan Risa Santoso


Risa Santoso lahir pada tanggal 27 Oktober 1992 di Surabaya. Dirinya pernah menjadi seorang mahasiswi di kampus Universitas yang bergengsi di luas negeri yaitu di California, Berkeley di bidang studi ekonomi, lulus sebagai S1 dari tahun 2012-2014.


Setelah dirinya lulus dari Universitas Berkeley California,  Risa Santoso melanjutkan studi S2-nya ke kampus elit dan bergengsi yaitu di Hardvard University Graduate School of Education, dari Tahun 2014-2015.

2. Pengalaman Risa Santoso dalam berorganisasi


Risa Santoso ternyata juga banyak memiliki pengalaman berorganisasi, dirinya pernah mengikuti berbagai kegiatan pelatihan kerja semasa dirinya duduk di bangku kuliah.

Dikala dirinya kuliah,  bahwa Risa Santoso pernah magang di Perguruan Tinggi Asia Malang selama Tiga Bulan. Serta dirinya pernah juga mengakui mengikuti beberapa program studi, diantaranya seperti menjadi tutor matematika, ekonomi, statistik di Diablo Valley College.

3. Risa Santoso Adalah Tenaga Ahli Muda di Kantor Staf Presiden


Dirinya bekerja sebagai tenaga ahli muda di kantor kepresidenan selama 1 Tahun 7 Bulan, dari bulan Agustus 2015 - bulan Februari 2017.


Selain itu,  Risa Santoso juga pernah menjadi Direktur pengembangan Bisnis di salah satu institut, yaitu Business Wisdom Institute selama 2 Tahun 9 Bulan.


4. Risa Santoso Pernah Menjadi Direktur Pengembangan



Sebelum dirinya terpilih menjadi rektor termuda di Indonesia, Risa Santoso bekerja di Institut Asia Malang dengan jabatan Direktur selama 2 Tahun 10 Bulan.  Dihitung dari bulan Februari 2017 -  sekarang 2019.

5. Program Rita Santoso Menjadi Rektor 


Skripsi bukan menjadi sebuah kewajiban. Rita Santoso menginginkan Mahasiswanya sukses dalam dunia kerja dan bisnis, karena menurutnya Skripsi ini adalah suatu hal yang sudah menjadi momok menakutkan bagi para mahasiswa. Kalau ada tugas,  mending dirinya lebih ke pada pembuatan program yang dilakukan mahasiswanya karena itu lebih bagus fokus pada Project yang dilakukan mahasiswa dan bagi masa depan mereka dan orang lain.

6. Mengadopsi Pendidikan Pola Luar Negeri 


Saat ini, Rita Santoso sudah menyiapkan beberapa program, dirinya mengaku memang menyiapkan beberapa model pendidikan model luar negeri. Termasuk untuk mengubah skripsi dari wajib menjadi pilihan. Hal itu juga merupakan adopsi dari luar negeri. Karena selama ini skripsi seolah menjadi hal yang sangat menakutkan.
“Kalau di luar negeri skripsi itu sifatnya pilihan bukan kewajiban. Hal itulah yang coba saya terapkan di sini. Karena memang sebenarnya boleh membuat alternatif dengan project akhir yang nantinya dijadikan laporan akhir,” jelasnya.

7. Harus Pitar Dalam Memanajemen Waktu dirinya ternyata  "Masih Lajang" 

Rita Santoso kini telah resmi menjadi rektor,  kesibukan dirinya tentu lebih padat. Apalagi dengan sejumlah program yang ingin ia terapkan di kampusnya. Tentu hal itu memerlukan kecermatan ketelitian agar program-program tersebut bisa berjalan sesuai rencana.
“Sekarang memang sebisa mungkin melakukan sesuatu sefektif mungkin. Apalagi sekarang saya terlibat dalam setiap agenda kampus. Tentu harus bisa maksimal semuanya,” tutupnya.
Nah,  itulah fakta Risa Santoso yang menginspirasi banyak orang terutama mimin sendiri selaku penulis. Semoga dengan adanya Sosok Risa Santoso dapat membawa Indonesia dan Bangsa Indonesia ini ke arah kemajuan yang lebih baik dan agar tida ketinggalan jauh dari negara tetangga bahkab negara Eropa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel