5 Tips Menemukan Jalan Keluar dari Permasalahan

Mediasiana.com - Permasalahan merupakan bagian dari hidup, sering kali kita merasa seperti menghadapi tantangan yang tanpa henti dan tidak pernah mendapat akhir yang bahagia saat kita menghadapi suatu masalah. Dalam menyelesaikan masalah tentunya memerlukan waktu.

Tips Menemukan Jalan Keluar dari Masalah

Banyak orang yang menjadi lemah karena hal ini namun tidak sedikit juga malah menjadi lebih kuat setelah mengalami fase ini. Setiap individu pada dasarnya memiliki kemampuan untuk belajar menghadapi kondisi-kondisi yang tidak sesuai dan tidak menyenangkan dalam hidupnya.


Jika Anda sedang memiliki masalah maka inilah,

5 tips menemukan jalan keluar dari permasalahan :

1. Identifikasi Masalah dan Tetapkan Tujuan

Siapapun itu, tidak akan dapat mengubah masalah itu terjadi atau tidak terjadi ada yang bisa dilakukan adalah menerima masalah itu dengan lapang dada. Andai dibuat sakit hingga menangis karena suatu masalah itu, merupakan respon emosional yang spontan tapi setelah itu cobalah bangkit untuk mencari sumber masalah dan kemudian berusaha mengatasinya.

Percayalah, seberat apapun masalah pasti ada jalan keluarnya. Tujuan hidup merupakan suatu yang sangat penting bagi setiap orang dalam menjalani sebuah kehidupan karena tujuan akan memberikan pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan. Orang-orang yang bosan dengan kehidupan dan merasa terjebak biasanya lebih merasa tertekan. Menetapkan tujuan akan memberikan motivasi tersendiri.

2. Bangun Pola Pikir Kreatif

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memejamkan mata  kiri dan ditutup dengan telapak tangan kanan, tangan kiri memegang bola kecil remasan kertas. Pandangan mata kanan yang terbuka membayangkan keinginan, impian, cita-cita yang ingin dicapai. Biarkan otak anda membentuk film masa depan, diamana bisa melihat, merasakan dan mendengar peristiwa yang terjadi dalam imajinasi menjadi fantasis dengan tangan kiri meremas-remas bola

Tekankan dalam hati, keyakinan tidak ada yang mustahil untuk terjadi didunia ini. jika anda anggap selesai, maka buka kedua mata seperti biasa, lalu gambarkan imajinasi dikertas.

Jadikan gambar itu sebagai tujuan pada papan mimpi atau dream board dan pasang di tempat yang mudah di lihat, rasakan keinginan besar yang memicu tindakan untuk mewujudkannya

3. Berfikir Positif

Dalam menjalani hidup, tentu saja kita sebagai manusia selalu ada masalah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Apa yang Tuhan berikan itu pastilah untuk menguji kita sebagai hamba apakah tetap berada dijalan-Nya atau tidak. 

Setiap orang punya masalah masing-masing, akantetapi yang membedakan orang yang satu dengan yang lain adalah bagaimana orang tersebut me-manage dan menyikapi masalah yang ia hadapi dengan berpikir positif, tentunya hal ini bisa menjadikan urat-urat saraf kita menjadi tidak tegang, sehingga pikiran menjadi jernih, mudah memutuskan hal-hal yang penting.

Oleh karena itu kendalikan diri Anda dan berpikirlah positif, serta katakan dalam diri Anda jika semuanya pasti bisa dilalui dengan baik, bahkan badai sekalipun.

4. Berdo’a

Berdoa merupakan salah satu tindakan positif yang bisa membantu Anda untuk bisa melalui segala masalah, bahkan di saat situasi tersulit sekalipun.

5. Jangan Putus Asa Menghadapi Masalah

Jangan pernah berputus asa menghadapi masalah. Berputus asa dalam menghadapi masalah berarti Anda telah gagal dalam menghadapi ujian hidup ini. Sering kali, dalam menyelesaikan masalah itu membutuhkan waktu dan juga proses, bahkan dalam proses penyelesaian masalah bisa sampai bertahun-tahun. Tentunya hal ini akan menjadi tantangan emosional yang akan mengarahkan kita untuk bisa mencari solusi instan karena hal ini juga bisa terjadi karena ketidak sabaran dan kemalasan pada diri kita. Padahal, jika kita berpikir jernih masalah tersebut memang membutuhkan waktu.

Penutup

Nah itulah 5 tips menemukan jalan keluar dari permasalahan, percayalah memiliki masalah bukan akhir dari segalanya. Semoga bermanfaat bagi Anda terutama yang sedang memiliki masalah, saya doakan semoga cepat teratasi. Terimakasih (

Penulis : Krida Rukmana

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Menemukan Jalan Keluar dari Permasalahan"

Post a Comment