10 Tips Belajar Efektif Menghadapi Ulangan Akhir Semester

Mediasiana.com - Cara belajar yang efektif. Belajar adalah suatu proses dimana suatu perilaku ditimbulkan, diubah atau diperbaiki melalui serentetan reaksi atas situasi (atau rangsang) yang terjadi. Cara belajar efektif juga perlu, proses belajar tidak hanya meliputi perilaku motorik (naik sepeda, berenang, mengemudi mobil, menari), tetapi juga berpikir (pelajaran sekolah tertentu seperti matematika dan sejarah) dan emosi (belajar sopan-santun, belajar bergaul, dan lain-lain). Belajar bahasa Inggris atau belajar komputer merupakan kombinasi antara belajar berpikir dan belajar motorik.

Tips Belajar Efektif 


Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester


Dalam waktu dekat ini,  murid-murid sekolah sudah dapat dipastikan mereka sibuk dengan persiapan menghadapi ulangan akhir semester. Dibawah ini akan dibahas 10 tips belajar efektif menghadapi ulangan akhir semester, yakni :

1. Ciptakan Suasana Belajar Yang Nyaman


Banyak hal yang bisa dilakukan dengan suasana belajar yang nyaman. Sambil mendengarkan musik atau tempat belajar yang sesuai dengan "mood". Belajar tersebut bisa dilakukan di kamar, ruang keluarga atau teras rumah dan sebagainya.

2. Memilih Waktu Yang Tepat


Memang tidak semua anak memiliki waktu belajar yang sama, namun biasanya waktu yang tepat untuk menguasai materi pelajaran adalah pada malam hari dan juga pada pagi hari. Malam hari biasanya digunakan untuk membaca, menghapal dan juga memahami materi, sedangkan pada waktu pagi hari, pada saat tubuh anak lebih fresh bisa dengan dimanfaatkan untuk mengulang materi kembali.


3. Mencatat Pokok-Pokok Materi Pelajaran



Untuk bisa menghapal sekian banyak materi pelajaran itu tidaklah mudah, apalagi gaya belajar si anak sudah terbiasa dengan SKS atau sistem kebut semalam. Mengambil intisari atau rangkuman setiap pelajaran yang sudah dibaca akan dapat mempermudah kemampuan daya ingat akan materi pelajaran tersebut.

4. Banyak-Banyak Membaca


Membaca adalah salah satu kunci belajar, paling tidak, dengan membaca materi pelajaran 2 kali dalam sehari akan dapat menambah daya ingat. Jika hal ini bisa dilakukan, maka otak kita akan lebih mudah menyimpan materi dalam waktu lama sehingga anak tidak gampang lupa.

5. Memahami Materi, Tidak Sekedar Menghapal


Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan dalam gaya belajar adalah sekedar menghapal. Menghapal memang penting sih, namun dalam memahami materi jauh lebih penting. Anak boleh jadi memiliki kemampuan menghapal 100% dengan detail pelajaran, namun juga usahakan agar anak mengerti dan memahami, terutama maksud dari materi pelajaran tersebut. Hapal dengan materi pelajaran tidak bisa dijamin ingat dalam waktu yang  cukup lama, namun apabila anak dapat mengerti dan memahami materi, itu tidak akan mudah lupa.

6. Menghapal dan Memahami Kata-Kata Kunci


Buatlah sebuah kata-kata kunci supaya lebih mudah diingat memori otak saat belajar dan dibutuhkan dalam menjawab soal-soal ujian.

7. Berlatih Dengan Menjawab Soal (Cari Mentor Belajar) 


Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya ada beberapa soal-soal latihan. Coba Anda untuk mengerjakan soal  tersebut, hal ini akan menjadi tolok ukur kemampuan belajar dalam penguasaan materi yang sudah dipelajari.

Lebih bagus lagi,  kalau bisa cari mentor dalam belajar agar dalam proses belajar lebih mudah dan sukses bisa menjawab soal-soal ulangan nantinya. 


8. Istirahat Cukup


Belajar boleh giat dan rajin, namun jangan lupakan untuk waktu  istirahat, karena setiap jeda akan digunakan untuk melemaskan tubuh dan pikiran. Dengan beristirahat, maka tubuh dan pikiran akan menjadi lebih segar.

9. Siapkan Mental


Banyak kejadian bahwa pada saat mendekati ujian, banyak anak yang terbebani dengan berbagai macam pikiran. Takut tidak bisa mengerjakan, takut dapat nilai jelek, dimarahi orang tua dan sebagainya sehingga mengurangi kesiapan anak dalam menghadapi ujian. Menumbuhkan kepercayaan diri sangat penting, yaitu dengan memberikan pengertian dan motivasi pada diri sendiri. Ujian adalah hal biasa, atau seperti ulangan-ulangan harian saja, dan usahakan untuk selalu optimis.

10. Jaga Kesehatan


Hal yang tidak kalah penting disiapkan adalah menjaga tubuh supaya tetap sehat. Seperti kata pepatah, "Di dalam tubuh kita yang sehat, maka terdapat jiwa yang kuat". Karena proses belajar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian akan menguras begitu banyak energi, untuk itu berilah tubuh dengan asupan-asupan bergizi, susu, vitamin dan lain-lain sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

Penutup


Nah itulah 10 tips belajar efektif menghadapi ulangan akhir semester. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang menikmati masa-masa indah disekolah. Okeyyyy itu info dari saya jangan lupa sebelum menjawab soal ulangan berdoa dulu yaaa,, 

Penulis : Krida Rukmana

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Belajar Efektif Menghadapi Ulangan Akhir Semester"

Post a Comment