Cara Cepat Menemukan Ide Pokok Paragraf

Mediasiana.com - Cara cepat dan mudah dalam menemukan ide Pokok Paragraf dalam sutau tulisan atau bacaan. Setiap paragraf mempunyai gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama sama artinya dengan ide pokok, sedangkan gagasan penjelas merupakan keterangan dalam sebuah paragraf.

Ide pokok paragraf dituangkan dalam kalimat utama, sedangkan gagasan penjelas di tuangkan dalam beberapa kalimat penjelas.

Ada tiga jenis pola pengembangan paragraf  berdasarkan  letak kalimat utamanya, yaitu :
  1. Paragraf deduktif : Kalimat utamanya terletak di awal paragraf
  2. Paragraf induktif : Kalimat utamanya berada di akhir paragraf
  3. Paragraf campuran : Kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan di akhir paragraf. Kalimat utama yang berada di akhir paragraf merupakan penegasan dari kalimat utama yang terletak di awal paragraf. 
Ide pokok paragraf dapat diemukan dengan menggunakan teknik membaca cepat. Membaca cepat adalah ragam kegiatan membaca dalam hati yang dilaksanakan dalam waktu singkat. Membaca cepat dapat dilakukan dengan berbagai teknik dianataranya adalah :
  1. Baca  pilih ( selecting)
  2. Baca lompat ( skipping)
  3. Baca layap ( skimming )
  4. Baca pindai ( scanning ).
Ke empat teknik membaca tersebut dapat dipergunakan sekaligus dalam arti berurutan.


Teknik membaca cepat yaitu :

1. Teknik Pilih (selecting)


Teknik membaca ini dilakukan dengan memilih bagian-bagian yang sekiranya penting untuk dibaca, misalnya membaca tiga paragraf pertama, tiga paragraf tengah, dan tiga paragraf terakhir dari keseluruhan teks.

2. Teknik Lompat (Skipping)


Seorang pembaca cepat hendaklah melakukan lompatan - lompatan dalam membaca. Maksudnya, melompati bagian-bagian bacaan tertenu yang tidak pening sehingga panjang bacaan menjadi berkurang hingga 30-40%. bagian-bagian yang boleh dilompati antara lain adalah bagian yang tidak informatif atau yang di anggap tidak perlu mendapat respons, termasuk bagian yang sudah diketahui dan bagian kalimat yang tidak berpengaruh jika dihilangkan.

3. Teknik Layap (Skimming)


Teknik layap adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum suatu bacaan atau bagiannya. Isi umum tersebut bisa merupakan pikiran pokok dan bisa juga hanya sebagai dasar untuk menduga apakah bacaan atau bagian bacaan itu berisi informasi yang telah ditentukan.

4. Teknik Pindai (Scanning)


Teknik pindai adalah teknik membaca cepat untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain, tetapi langsung ke masalah yang di cari yaitu fakta khusus/informasi tertentu. Teknik memindai biasanya kita gunakan saat mencari nomor telepon, kata tertentu pada kamus, entri pada indeks, angka-angka statistik, acara siaran televisi, dan daftar perjalanan.

Kemampuan membaca cepat tidak semata-mata mengukur jumlah kata yang berhasil dibaca dalam satu menit, tetapi juga persentase pemahaman isi bacaan.

Kemampuan membaca cepat dapat di hitung dengan menggunakan rumus :

Kemampuan membaca   =  Jumlah kata    X     Persentase jawaban benar
                                       Lama membaca (menit)

Penutup


Nah, itulah ulasan tentang Cara Cepat Menemukan Ide Pokok Paragraf, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Janganlupa baca juga artikel yang lainnya di bawah ini. Apalabila ada pertanyaan silahkan saja tuliskan di kolom komentar. Sekian saja yang dapat saya tulis pada kesempatan ini, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cepat Menemukan Ide Pokok Paragraf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel