6 Cara Mudah Merawat AC Anda Agar Tetap Awet

Mediasiana.com - Cara Merawat AC Agar Tetap Awet. AC adalah alat pendingin ruangan yang sering digunakan oleh kita dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai merek dan Tipe AC yang sering kita jumpai dalam ruangan sekolah, kantor, masjid bahkan juga dalam area olahraga.


Cara Mudah Merawat AC


Teknik merawat AC juga diperlukan pengetahuan tersendiri, tidak bisa kita asal-asalan dalam meletakkan posisi ac. Nah, untuk itu agar AC yang kita miliki dapat bertahan lama maka dalam kesempatan kali ini mimin akan berbagi tips cara merawat AC dengan mudah agar tidak merusak komponen AC tersebut.



Berikut ini Cara dan Teknik merawat AC yang baik dan benar,  yang dapat kita lakukan:


1. Menonaktifkan AC, Apabila AC tersebut tidak dibutuhkan

Seperti halnya peralatan eletronik lainnya seperti TV, mesin Cuci bahkan AC jangan di nyalakan kalau kita disaat tersebut tidak membutuhkannya. Karena kalau terus di nyalakan AC berhari-hari maka nantinya akan dapat merusak itu sendiri. Maka dalam hal ini perlu diperhatikan dan diterapkan kalau kita sedang keluar rumah beberapa hari sebaiknya AC dimatikan.


2. Lakukanlah Perawatan dan Pembersihan Pada Komponen Luar AC

Dalam hal ini, agar kita tidak merusak komponen AC dalam pembersihannya bisa membersihkan komponen luar AC baik itu debu-debu yang menempel pada Body Ac maupun Selang AC yang kotor. Dan juga Bisa membersihkan area kipas AC semampu kita. Kalau perlu bawa ke tukang jasa service untuk pengecekkan dan perawatannya setiap 6 bulan satu kali.


3. Ketika Ac menyala Maka Tutup Ruangan Dengan rapat

Nah, ini wajib kita ketahui bagi masyarakat luas, biasanya ada orang yang tidak mengetahuinya, ketika ada seorang datang ke kantor dengan ruangan ber AC maka sebaiknya tutup kembali pintu ruangan tersebut dengan rapat. Hal ini dilakukan agar AC ruangan tidak bekerja terlalu berat. Kalau nantinya ruangan yang ber AC dengan pintu atau jendela terbuka maka AC akan bekerja dengan cukup berat dan akan berakibat AC akan cepat rusak.


4. Atur Suhu AC dengan Temperatur 22 Derajat Celcius

Seperti halnya sepeda motor, AC juga memopunyai titik normal dalam kinerjanya. Jangan sampai AC di atur dengan temperatur di atas 22 dearajat Celcius. Maka kalau hal ini di langgar bisa-bisa AC akan cepat rusak, karena sistem AC akan bekerja cukup berat dalam memaksimalkan suhu di ruangan sesuai dengan peraturan temperatur yang telah di lakukan oleh manusia.

5. Hendaknya Meletakkan Kipas AC di Luar Ruangan

Tujuan untuk meletakkan Kipas AC di ruangan terbuka adalah untuk memaksimalkan kinerja AC itu sendiri, karena kipas AC akan menyedot ruangan dari luar dan kemudian di salurkan ke bagian mesin AC yang ada di dalam ruangan yang biasanya penggunanya mengatur temperatur suhu. Kalau Kipas AC di letakkan di ruangan tertutup maka di khawatirkan AC akan bekerja dengan cukup ekstra untuk memperoleh sirkualsi udara yang ada di sekitarnya dan kalau hal ini terus terjadi maka tidak baik bagi AC itu sendiri.


6. Jangan Letakkan AC di sebarang Tempat

Dalam meletakkan Mesin AC ada baiknya pilihlah area yang kering dan dalam ketinggian dari dasar lantai. Hal ini dilakukan agar mesin AC bisa tetap awet dan terhindar dari tangan Anak-anak. Serta jangan letakan mesin AC di area yang terkena paparan sinar matahari langsung dan di area yang rentan terkena air.


Penutup

Jadi, AC ini adalah Air Conditioner yang fungsunya untuk mengatur suhu pada rungan, agar ruangan tetap sejuk dan orang-orang akan merasa nyaman berada di ruangan tersebut.  Nah, itulah 6 cara yang dapat dilakukan merawat AC dengan mudah bagi kita yang mempunyai AC maupun bagi kita semua yang ruangan kerjanya terdapat Ac-nya.  Semoga artikel kali ini dapat menjadi sumber referensi bagi para pembaca, sampai jumpa diartikel tips dan tutorial yang lainnya, Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "6 Cara Mudah Merawat AC Anda Agar Tetap Awet"