Widget HTML Atas

6 Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Mediasiana.comKhasiat Mengkudu Bagi Kesehatan Kita. Mengkudu adalah buah yang memiliki bau yang cukup menyengat dan juga rasanya yang pahit, namun di balik itu semua buah mengkudu ternyata menyimpan banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Terutama buah mengkudu ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit ringan maupun penyakit berat. 


Khasiat Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

Kebanyakan orang mengonsumsi buah ini dengan mengaplikasikannya sebagai minuman segar seperti jus dan juga juga bisa dibuat dalam bentuk kapsul. Kapsul yang terbuat dari ekstrak buah mengkudu ini tentunya bisa didapatkan di Apotek wilayah Anda. 

Berikut ini 6 manfaat dari buah mengkudu yang wajib Anda ketahui. 

1. Mencegah Kanker

Buah mengkudu atau nama latinnya adalah Morinda Citrifolia ini ternyata banyak mengandung manfaat untuk kesehatan terutama untuk mencegah kanker dan juga tumor. Hal ini diketahui dari hasil penelitian dari American Association for Cancer Research.

Buah mengkudu yang mengandung kaya antioksidan diyakini mampu mengatasi risiko terjadinya penyakit mematikan tersebut. 

Buah mengkudu yang terkenal dengan rasanya yang pahit, diketahui dapat merangsang kekebalan tubuh dan juga bersifat melawan tumor.

2. Anti Mikroba

Sari buah Mengkudu ternyata juga mampu difungsikan sebagai obat alami untuk pencegah penyakit yang berhubungan dengan bakteri. 

Kandungan zat skopoletin dan juga zat anthraquinon yang terdapat di buah mengkudu ini juga berfungsi untuk memperlancar sistem peredaran darah dan juga sebagai antijamur. Karena, dengan sifat anti septiknya, maka dapat membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme pada tubuh.   

Hal inilah yang menjadi alasan, sehingga membuat buah mengkudu dapat berkhasiat sebagai anti bakteri, anti radang dan juga anti alergi. Kandungan alkaloid yang teradapat pada buah mengkudu seperti Morinda citrifolia tersebut ternyata juga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menghindarkan Kerusakan Pada Otak Akibat Strok

Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan di Negara Jepang, buah mengkudu ini diyakini dapat membantu untuk mencegah Kerusakan Pada Otak Akibat Strok. Karena buah mengkudu mengandung antioksidan dan antiinflamasi. 

Dengan minum jus sari buah mengkudu, hal ini akan dapat melindungi Anda dari kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh strok. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur setiap hari,  maka hal ini justru akan dapat mencegah penyakit Kerusakan Pada Otak Akibat Strok.

Jadi, sebaiknya Anda bersegeralah untuk mengonsumsi buah ini secara teratur setiap hari agar Anda dapat terhindar dari kerusakan akibat penyakit tersebut. 

4. Menurunkan Kolesterol

Jangan khawatir, Anda yang memiliki kenaikan pada kolestrol, Anda juga bisa segera mengatasinya dengan mengonsumsi buah mengkudu. Karena akibat kenaikan pada kolestrol ini juga bisa berisiko pada terjadinya penyakit lainnya seperti kardiovaskular yang berbahaya. 

Mungkin Anda bisa menjadikan buah mengkudu sebagai jus sehat untuk membantu mengurang kolestrol dalam jumlah besar dan sekaligus untuk meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Dimana lipoprotein ini merupakan jenis kolesterol yang baik pada tubuh kita.

5. Mengobati Arthritis

Buah mengkudu juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit yang disebakan oleh arthritis. Bahkan dengan mengonsumsi buah ini Anda akan bisa sekaligus mengurangi kerusakan sendi yang terjadi ketika terkena penyakit tersebut. 

Dengan sifat analgesic dari buah mengkudu ini, tenyata ini juga sebanding dengan obat analgesic resep yang mana biasnaya digunakan untuk mengobati rasa sakit dalam taraf sedang sampai dengan taraf parah.

Bukan hanya itu saja, daun dari buah mengkudu yang masih segar juga bisa Anda manfaatkan untuk obat meredakan radang sendi, bengkak dan juga rasa sakit akibat arthritis, Anda bisa membalut daun mengkudu di sekitar area yang bermasalah.  

6.  Mengatasi Demam

Buah mengkudu juga dapat digunakan untuk mengatasi demam. Karena sifat antivirus yang dimiliki buah mengkudu maka dapat membantu Anda dalam proses penyembuhan demam, nyeri, hingga batuk-batuk.

Penutup

Jangan tunggu waktu lama lagi ya'. Ayo segera mengonsumsi jus buah mengkudu ini dengan teratur setiap harinya, agar Anda bisa selalu menjaga kesehatan tubuh Anda dengan rutin setiap waktu.

Meskipun rasa buah mengkudu pahit dan baunya juga berbau cukup menyengat, Anda pastinya tidak akan rugi bila Anda rutin mengonsumsi buah mengkudu ini secara teratur. Karena kandungan yang terdapat pada buah mengkudu mampu menyembuhkan segala penyakit apapun.