Pengertian Alam Barzah, Mashar, Mizan, Surga dan Neraka

Mediasiana.com - Pengertian Alam Barzah, Mashar, Mizan, Surga dan Neraka. Peristiwa-peristiwa yang terjadi kelak di hari akhir diungkap dalam Al-Qur'an dan Hadist Rasulullah SAW, sebagai berikut :

  1. Yaumul Ba'ats yaitu hari bangkitnya manusia dari alam kubur
  2. Yaumul Hasyr yaitu hari berkumpulnya manusia di Mahsyar setelah bangkit dari alam kuburnya
  3. Yaumul Hizab yaitu hari perhitungan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia baik amal baik maupun amal buruknya
  4. Yaumul mizan yaitu hari pertimbangan amal manusia untuk ditetapkan masuk surga atau neraka
  5. Yaumul Jaza' yaitu pembalasan amal manusia
Pengertian alam barzah

Hubungannya dengan peristiwa-peristiwa tersebut, terdapat alam ghaib, diantaranya :

1. Alam Barzah


Alam Barzah adalah batas pemisah antara kehidupan dunia dan akhirat. Roh manusia yang telah mati sebelum kiamat kubra akan berada pada alam ini sampai nanti datangnya hari akhir. Di tempat penantian ini lah manusia akan mengalami kenikmatan atau siksaan yang sering disebut dengan nikmat kubur atau mendapatkan siksa kubur.

Orang yang selama hidupnya mengerjakan syariat islam dengan benar, banyak mengerjakan amal sholeh dan bertaqwa kepada Allah maka penantian di alam ini seakan seperti tidur nyenyak dan selalu mendapat perlakuan yang bagik dari para malaikat penjaga kubur. 

Sebaliknya orang yang selama hidupnya mengingkari syariat islam, banyak melakukan kejahatan dan kemaksiatan maka akan mendapat perlakukan kasar dan siksaan dari malaikat. Keadaan manusia di alam kubur diterangkan dalam firman Allah SWT dalam QS. Al-mu'min ayat 46, yang artinya : "Kepada mereka di nampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan pada malaikat) " Masukanlah fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras".

2. Alam Mahsyar


Padang mahsyar adalah tempat berkumpulnya manusia setelah manusia bangkit dari alam kubur pada hari kiamat. Manusia di kumpulkan untuk menjalani pemeriksaan atau perhitungan amal yang telah dilakukan selama di dunia.

Firman Allah dalam QS. An-Nahl ayat 38, yang artinya : Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh: "Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati". (tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitkannya), sebagai suatu janji yang benar dari Allah, akantetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.

Allah juga berfirman dalam QS. Al-Qiyamah ayat 3-4, yang artinya : "Apakah manusia mengira bahwa Aku tak akan mampu mengumpulkan (kembali) tulang-tulangnya ? Bukan demkian, sebenarnya Kami Kuasa menyusun (kembali) jari-jemarinya dengan sempurna".

Di padang mahsyar manusia tidak dapat saling menolong, sebab segala perbuatan kita selama di dunia adalah tanggungjawab masing- masing orang.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Mumtahanah ayat 3, yang artinya : Karib kerabat dan anak-anakmu sekali-kali tiada bermanfaat bagimu pada hari kiamat. dia akan memisahkan antara kamu. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.

3. Hisab


Hisab artinya perhitungan semua amal perbuatan manusia selama di dunia. Semua manusia akan menerima catatan amal perbuatannya dan menerima balasannya sesuai amal perbuatannya tersebut. Allah juga berfirman dalam QS. Al-Insiqaq ayat 7-13, yang artinya :

7. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya
8. Maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah
9. Dan dia akan kembali pada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira
10. Adapun orang-orang yang diberikan kitabnya dari belakang
11. Maka dia akan berteriak "celakalah aku"
12. Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)
13. Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir).

Pada saat manusia di hisab, mulut manusia di tutup dan anggota tubuhnya menjadi saksi atas perbuatan mereka.

Allah SWT berfirman dalam QS. Yasin ayat 65, yang artinya : Pada hari ini kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

4. Mizan


Mizan adalah timbangan amal perbuatan manusia yang berupa keadilan. Semua amal perbuatan manusia akan ditimbang baik yang besar maupun yang kecil.

5. Surga


Surga adalah suatu tempat di akhirat yang penuh denga kesenangan dan kegembiraan yang bersifat kekal yang disediakan bagi orang-orang yang ikhlas beribadah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. 

6. Neraka


Neraka adalah suatu tempat di akhirat yang tidak menyenangkan dan penuh dengan penyiksaan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan perintah Allah serta melanggar larangan Allah SWT.

Penutup


Itulah tadi Pengertian Alam Barzah, Mashar, Mizan, Surga dan Neraka. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian, dan cukup sekian saja yang dapat saya tulis dalam kesempatan ini, semoha bermanfaat, sampai jumpa di tulisan yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Alam Barzah, Mashar, Mizan, Surga dan Neraka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel