Adsense Right Sidebar

Pengertian Antroposfer

Mediasiana.com - Pengertian Antroposfer. Antroposfer adalah lapisan manusia yang merupakan tema sentral di anatara sfera-sfera. Karena kajian geografi merupakan tema sentral, maka kajian geografi sering disebut antroposentris. Antroposentris merupakan cabang ilmu geografi yang objek kajiannya adalah keruangan manusia. 


Asepk-aspek yang di kaji dalam antroposfer adalah penyebaran, densitas, perbandingan jenis kelamin, penduduk dari suatu wilayah, serta hubungan imbal balik antarmanusia dan lingkungannya. Pengertian yang diperkenalkan oleh Eratosthenes, geografi merupakan ilmu yang mendeskripsikan manusia dengan lingkungan alam di wilayah-wilayah tertentu berdasarkan data dan inormasi yang diperoleh. Pengkajian geografi berkaitan dengan aspek alam tentang tempat terjadinya gejala dan aspek manusia penghuni alam tersebut.

Karl Ritter menyatakan bahwa geografi mempelajari bumi sebagai tempat tinggal manusia. Antroposfer sebagai tempat tinggal manusia, memiliki lapisan yang lebih tipis jika dibandingkan dengan lapisan biosfer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel