Pengertian Beriman Kepada Rasul Allah SWT dan Nama-Nama 25 Rasul

Mediasiana.com - Pengertian beriman kepada Rasul Allah SWT. Disini juga akan saya uraikan 25 Nama Rasul Allah. Beriman yang berarti meyakini sepenuh hati, bersaksi dengan lisan dan mengamalkannya. Jadi buat sobat Mediasiana yang sedang mencari bahan kuliah ataupun bahan sekolah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang Pengertian beriman kepada Rasul Allah SWT. Agar sobat semua bisa lebih faham yuk simak ulasannya berikut ini :) !


A. Pengertian Beriman Kepada Rasul Allah SWT

Beriman kepada Rasul-rasul Allah artinya mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah memilih dan mengutus beberapa orang pilihan sebagai rasul untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya. 

Seseorang tidak dikatakan beriman jika tidak mempercayai rasul-rasul Allah. Allah berfiman dalam QS. An-Nisa ayat 136, yang artinya : Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada rasulNya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya...


Pengertian beriman kepada rasul Allah


B. Pengertian Nabi dan Rasul


Nabi menurut bahasa adalah orang yang diberi berita atau menerima berita. menurut istilah agama, Nabi adalah seseorang yang menerima wahyu dari Tuhan berkenaan dengan syariat agama islam. 

Rasul menurut bahasa adalah utusan atau orang yang dikirim untuk suatu tugas. Menurut istilah agama, rasul ialah seseorang yang menerima wahyu dari Tuhan berkenaan dengan syari'at agama dan ditugaskan untuk menyampaikan kepada orang banyak. Menurut pendapat ini, setiap rasul adalah nabi dan setiap nabi belum tentu rasul.


C. Nama - Nama Rasul yang harus diketahui

1. Nama 25 Rasul yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan Sunnah

Allah mengutus Rasul-Nya kepada tiap umat manusia untuk menyampaikan wahyu-Nya, firman Allah dalam QS. Yunus ayat 47, yang artinya : Dan tiap-tiap umat mempunyai rasul....

Jumlah nabi dan rasul sangat banyak, ketika Rasulullah ditanya tentang jumlah nabi dan rasul, beliau menjawab : Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, yang artinya : Jumlah (nabi) seratus dua puluh ribu orang dan yang menjadi rasul diantara mereka tiga ratus tiga belas orang.

Dalam Al-Qur'an Allah berfirman surat Al-mu'min ayat 78, yang artinya : Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu. Dinatara mereka ada yang kami ceritakan kepadamu dan diantara mereka ada pula yang tidak kami ceritakan kepadamu".

Rasul-rasul yang diterangkan di dalam Al-Qur'an dalam berbagai ayat ada 25 orang, yaitu :

  1. Adam AS
  2. Idris AS
  3. Nuh AS
  4. Hud AS
  5. Sholeh AS
  6. Ibrahim AS
  7. Luth AS
  8. Ismail AS
  9. Ishak AS
  10. Ya'qub AS
  11. Yusuf AS
  12. Ayub AS
  13. Syu'aib AS
  14. Musa AS
  15. Harun AS
  16. Dzulkifli AS
  17. Daud AS
  18. Sulaiman AS
  19. Ilyas AS
  20. Ilyasa AS
  21. Yunus AS
  22. Zakaria AS
  23. Yahya AS
  24. Isa AS
  25. Muhammad SAW
2. Rasul Ulul Azmi

Rasul ulul azmi adalah rasul pilihan yang memiliki keteguhan hati dan ketabahan yang luar biasa dalam perjuangan dan sabar dalam menghadapi cobaan. Rasulullah ulul Azmi ada 5, yaitu :

  1. Nabi Nuh AS
  2. Nabi Ibrahim AS
  3. Nabi Musa AS
  4. Nabi Isa AS
  5. Nabi Muhammad SAW
Para nabi tersebut pantas mendapat gelar Ulul Azmi karena memiliki keistimewaan dari pada nabi-nabi yang lain. Firman Allah SWT dalam QS. Asy - Syu'ara ayat 13, yang artinya : Dan (Allah) mensyari'atkan agama kepada kamu sekalian yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh, dan apa yang telah kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa, dan Isa yaitu tegakkanlah agama dan janganlah berberai berai di dalam melaksanakannya.

Penutup

Nah, itulah Pengertian Beriman Kepada Rasul Allah SWT dan Nama-Nama 25 Rasul, semoga uraiana kali ini dapat bermanfaat. Apabila artikel ini dapat bermanfaat untuk orang lain, silahkan share saja ke teman-teman kalian ya, sampai jumpa di pembahasan artikel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel