Pengertian Tobat, Contoh dan Dampaknya Bagi Kita

Mediasiana.com - Pengertian Tobat dan Contoh tobat sera dampak tobat bagi hidup kita sehari-hari. Pada kesempatan hari ini  Mediasiana akan memberikan materi tentang Pengertian dari tobat dan juga manfaat dari tobat bagi hidup kita. Bagi temen-temen pelajar maupun para guru dan trainer bisa Anda simak ulasannya untuk manfaat dari tobat. Agar lebih faham dan mendapatkan ilmunya yuk simak ulasannya berikut ini :) !


A. Pengertian Tobat

Kata tobat berasal dari bahasa Arab : " Ta Ba - Ya Tu Bu - Tau Batan " yang artinya Kembali, menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan. Lafal yang semakna dengan hal ini adalah : " Anaba - Ya Ni Bu - InaBan " yang berarti Kembali kejalan yang benar. Orang yang bertobat berarti berhenti dari perbuatan dosa yang telah dilakukan, kemudian kembali kejalan yang benar.

B. Hukum Bertobat

Betobat termasuk diwajibkan dalam agama. Sebagaimana firman Allah dalam QS. An-Nur ayat 31, yang artinya : ...... dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah SWT, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Setiap manusia pasti punya dosa, namun Allah Maha Pengampun terhadap hambanya, masih memberi kesmepatan bagi siapa yang mau bertobat dari dosanya. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda, yang di riwayatkan oleh Muslim, yang artinya : " Sesungguhnya Allah yang Maha Mulia dan Maha Agung membentangkan tangan-Nya diwaktu malam untuk menerima tobat hamba yang berbuat dosa pada siang harinya, dan membentangkan tangan-Nya diwaktu siang untuk menerima tobat hamba yang pada malam harinya sehingga matahari terbit dari tempat terbenamnya (hari kiamat)".

Dari Hadits tersebut, kiranya orang yang terlanjur berbuat dosa tidak perlu putus asa, selama ia mau bertobat dengan sungguh-sungguh niscaya Allah akan mengampuninya. Tobat Nasuha ia harus memenuhi syarat, yakni :

  1. Mengehntikan dosa yang dialkukannya
  2. Menyesali sedalam-dalamnya atas dosa yang diperbuat
  3. Bertekad tidak akan mengulangi perbuatan dosa lagi
  4. Apabila dosa berhubungan dengan orang lain, ia harus minta maaf kepada orang yang bersangkutan

C. Bentuk - bentuk (contoh) Perilaku Tobat Kepada Allah

Mendengar cerita dari gurunya Harun teringat sikpanya yang durhaka kepada kedua orang tuanya. Ia sangat menyesal, setelah sampai dirumah ia meminta maaf kepada bapak dan ibunya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Hari berikutnya Harun bersikap baik kepada bapak dan ibunya.

D. Dampak Positif Perilaku Bertobat

  • Bagi Perilakunya Sendiri
  1. Memperoleh semangat dan gairah hidup baru, karena dosanya terampuni oleh Allah SWT
  2. Dapat memperoleh jalan yang benar lagi
  3. Memperoleh simpati dari masyarakat lagi
  • Bagi Orang Lain (Termasuk Keluarga)
  1.  Mengembalikan nama baik keluarga
  2. Menghilangkan kecemasan keluarga maupun masyarakat, karena tidak akan terjadi kejahatan yang ia lakukan.

E. Perilaku Membiasakan Diri Bertobat

Dengan bertobat akan tumbuh sikap antara lain :
  1. Tidak memandang remeh terhadap dosa meskipun dosa kecil
  2. Menutup dosanya dengan perbuatan baik
  3. Merasa tidak senang jika ada orang lain berbuat dosa
  4. Bergaul dengan orang yang baik-baik
  5. Akan berhati-hati jika bergaul dengan orang yang buruk perangainya.

Penutup

Itulah uraian dari Pengertian Tobat, semoga dapat bermanfaat. Dan menjadikan kita sebagai pribadi yang baik lagi nantinya. Semoga ulasan tentang tobat ini bermanfaat, janganlupa baca artikel yang lainnya dibawah ini. Sampai jumpa di artikel yang lainnya. Apabila artikel ini bermanfaat untuk orang lain jangan sungkan untuk membagikannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Tobat, Contoh dan Dampaknya Bagi Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel