Pengertian Khauf, Contoh dan Dampaknya Bagi Kita

Mediasiana.com - Pengertian Khauf, contoh khauf dan dampak dari Kahuf bagi hidup kita sehari-hari. Dalam perjumpaan ini saya akan memberikan ilmu pengetahuan tentang Khauf. Mungkin bagi para sobat Mediasiana yang bersekolah di SLTA jalur umum pasti ada yang belum mengetahui apa itu Kahuf ?

Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan tentang pengertian Khauf dan juga contoh kecilnya. Semoga artikel ini juga dapat membantu teman-teman yang sedang mencari pengertian dari khauf, untuk itu yuk simak pembahasannya sampai habis.. :) !


A. Pengertian Khauf

Kata Khauf berasal dari bahasa Arab : "  Khofa - Ya Khofu - Khaufan " yang berarti takut. Islam mendidik umatnya untuk memiliki sifat Khauf, yakni takut akan murka Allah SWT, apabila terkena sisaan-Nya. Yang dituntunkan dalam islam bukan sifat takut yang negatif. Seorang muslim merasa takut jika hidupnya tidak mendapat ridho Allah SWT.

B. Perintah Untuk Memiliki Khauf

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-A'raf ayat 56, yang artinya : Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik".

Yang dimaksud takut dan penuh harap pada ayat diatas adalah :

  1. Takut akan dilepaskan oleh Allah, sehingga hidupnya jauh dari jalan yang benar dari tuntunan syariat islam
  2. Takut mendapat siksa karena berbuat masksiat dan melanggar aturan
  3. Hidupnya selalu mengharap bimbingan Allah agar hidupnya berjalan dijalan yang benar

C. Bentuk-bentuk (contoh) Khauf

Pak Haji Ali tergolong orang yang taat beragama, sebagai sosok seorang ayah ia membimbing keluarganya untuk tidak menganggap ringan untuk masalah shalat, anggota keluarganya sangat memperhatikan masalah shalat, anak-anaknya selalu diingatkan sudah salat apa belum, jika belum segera diperintah untuk melaksanakannya. Hal ini dlakukan karena sadar bahwa Pk Haji Ali berkewajiban memelihara diri dan keluarganya agar selamat dari siksa Api Neraka.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. At- Tahrim ayat 6, yang artinya : " Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan".

D. Dampak Positif Khauf

Adapun dampak postif Khauf, antara lain:
  1. Dapat menjaga kerutinan perbuatan baiknya
  2. Dapat meningkatkan kualitas baiknya karena mengharapkan Ridha dari Allah SWT
  3. Tidak menganggap ringan dengan dosa meskipun dosa kecil
  4. Tidak merasa bangga dengan amal yang dilakukan

E. Membiasakan Diri Bersikap Khauf

Agar biasa memiliki sifat takut kepada Allah, ada hal-hal yang senantiasa perlu diperhatikan, antara lain :
  1. Mengingat dosa yang lalu karena belum tentu diampuni Allah SWT
  2. Melupakan kebaikan yang pernah dilakukan
  3. Mengukur dirinya dengan orang Shalih agar bersemangat untuk mengikuti amal baiknya seperti mereka
  4. Tidak terlampau mendambakan gemerlapnya kemewahan hidup di dunia, karena dunia sifatnya sementara sedangkan akhirat adalah kekal
  5. Bersikap hati-hati dalam berusaha agar rezeki yang diperoleh halal dan berkah

Penutup

Dan itulah beberapa dampak postif dari adanya sifat khauf yang kita tanamkan dalam hati serta kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita semua bisa menjalankan Khauf ini dan mendaptkan keberkahan hidup dan diridhoi Allah SWT. Demikian uraian tentang Khauf yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan janganlupa baca artikel yang satu tema dibawah ini. Sampaijumpa di artikel yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Khauf, Contoh dan Dampaknya Bagi Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel