Pengertian Taat, Contoh dan juga Dampaknya Bagi Kita

Mediasiana.com - Pengertian taat kepada Allah SWT lengkap beserta contoh dan dampaknya bagi kehidupan kita sehari-hari. Nah, bagi sobat Mediasiana yang sedang mencari pengertian Taat dan juga contoh dari taat maka bisa simak ulasannya berikut ini, karena saya akan memberikan uraiannya dengan lengkap, yuk simak :) !

A. Pengertian Taat

Kata taat berasal dari bahasa Arab : " Too A - Ya Too U - Too A Tan " yang berarti tunduk, patuh, dan setia. Adapun taat yang akan dibicarakan dalam artikel ini adalah sikap tunduk patuh dan setia kepada Allah SWT dan Rasul-Nya baik dalam bentuk pelaksanaan perintah maupun untuk meninggalkan larangan-larangan Allah SWT.

B. Perintah Untuk Taat Kepada Allah dan Rasul-Nya

Taat termasuk perkara yang diwajibkan dalam islam. Allah berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 59, yang artinya : "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya, dan ulil amri diantara kamu.


Ayat diatas berisi perintah secara tegas setiap mukmin hrus taat kepada hukum Allah, Rasul dan Ulil Amri atau pemimpin (selama pimpinan tersebut berpegang teguh kepada Kitab Allah dan rasul-Nya. Pada QS. An-Nur ayat 51 berfirman yang artinya : "Sesungguhnya jawaban orang-orang mukmin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul menghukum (mengadili) di antara mereka' ia ucapkan. " Kami mendengar dan Kami Patuh", dan mereka itulah orang-orang yang beruntung".

C. Bentuk-bentuk (contoh) Ketaatan Kepada Allah dan rasul-Nya


  1. Pada suatu hari Ahmad melihat uang temannya yang disimpan didalam tasnya, tidak ada seorangpun dalam kelas karena waktu istirahat, maka Ahmad tidak mengambilnya karena mengetahui bahwa mencuri itu adalah dosa, dan hasil curian tidak menjadi berkah
  2. Azizah dilamar oleh seorang pemuda tampan, kaya lagi anak orang terpandang tetapi laki-laki tersebut beragama non muslim. Sebenarnya Azizah juga mencintainya. Karena islam melarang muslimah menikah dengan lelaki nonmuslim, akhirnya Azizah menolak lamaran tersebut dengan sopan.

D. Dampak Positif Ketaatan Kepada Allah dan Rasul-Nya

Orang yang taat kepada Allah akan merasakan dampak positifnya, antara lain :
  1. Memperoleh kepuasan batin, karena telah mampu melaksanakan kewajiban
  2. Memperoleh Ridho Allah karena telah melaksanakan ketaatan
  3. Memperoleh kemenangan yang besar karena balasan orang taat kepada Allah adalah surga balasannya.
Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. An-Nisa ayat 13, yang artinya : Barangsiapa taat kepada Allah dan rasul-Nya, niscaya Allah akan memasukannya kedalam syurga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedangkan mereka kekal didalamnya; dan itulah kemenangan yang besar.

E. Membiasakan Diri Taat Kepada Allah SWT

Untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya harus harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari supaya menjadi kebiasaan dan perilaku seorang muslim. Cara membiasakan diri untuk taat' antara ;ain :
  1. Usahakan Shalat tepat waktu tidak menunda-nunda apabila sudah tiba waktunya
  2. Melatih diri untuk disiplin dalam segala hal, termasuk belajar dan menyelesaikan tugas sekolah
  3. Disiplin mentaati tata tertib Sekolah
  4. Selalu melaksanakan Taqwa dimana saja berada dan kapan saja.

Penutup

Nah, itulah uraian tentang Pengertian Taat, Contoh dan juga Dampaknya Bagi Kita, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan para pembaca. Apabila artikel ini bermanfaat untuk orang lain, jangan sungkan untuk membagikannya. Demikian yang dapat saya sajikan janganlupa membaca artikel yang lainnya dibawah ini. Sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Taat, Contoh dan juga Dampaknya Bagi Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel