Pengertian, Contoh dan Dampak dari Ikhlas

Mediasiana.com - Pengertian ikhlas beserta contoh dan juga dampak positif dari ikhlas. Akhlat terpuji kepada Allah SWT. Pada kesempatan kali ini mediasiana akan menguraikan tentang pengertian dari ikhlas lengkap beserta contoh dan juga dampak dari ikhlas bagi kehidupan kita sehari-hari.

Pengertian, Contoh dan Dampak dari Ikhlas

A. Pengertian Ikhlas

Kata ikhlas berasal dari bahasa Arab yaitu " Akhlasa - Yukhlisu - Ikhlasan" yang berarti memurnikan niat hanya semata-mata mencari rida Allah SWT. Atau semata-mata mentaati perintah-Nya. Setiap muslim agar ikhlas dalam mengerjakan apapun. 

Orangt yang beramal secara ikhlas disebut mukhlis. Hanya amalan yang yang ikhlaslah yang diterima Allah SWT. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-An'am ayat 6 ,yang artinya :  Katakanlah : Sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semsta Alam".

B. Perintah untuk beramal secara Ikhlas

Orang yang beramal shalih, tetapi tidak dilakukan dengan ikhlas maka amalnya sia-sia, ia akan rugi, karena tidak berpahala. Allah juga berfirman dalam hadis Qudsi yang diriwayatkan Al-Bazzar, yang artinya : "Aku adalah sebaik-baik sekutu (teman). Barang siapa mempersekutukan aku bersama yang lain, dia (diserahkan) kepada sekutu itu. Wahai sekalian manusia, ikhlaskan amalmu karena Allah, karena sesungguhnya Allah tidak akan menerima amal seseorang kecuali amal yang di ikhlaskan kepada-Nya".

Berdasarkan hadis Qudsi diatas, seberapa banyak amal yang dilakukan oleh seseorang , namun niatnya tidak ikhlas, maka amal tersebut akan sia-sia, tidak akan memperoleh pahala. Pada hadits lain Rasulullah SAW juga bersabda, yang di riwiayatkan oleh Muslim dari Umar bin Khatab, yang artinya : Sesungguhnya amal-amal itu (harus) dengan niat, dan sesungguhnya setiap (amal) seseorang tergantung pada niatnya.

C. Bnetuk - bentuk (contoh) Perilaku Ikhlas

Beramal secara ikhlas berarti beramal mencari ridha Allah semata-mata. Contoh beramal ikhlas, antara lain :

  1. Hasanah adalah siswi kelas VI Madrasah Tsanawiyah. Setiap hari senin, ia melaksanakan tugas piketnya disekolah sehingga ia datang lebih pagi  daripada hari biasanya dan tidak menunggu kedatangan temannya. Selama mengerjakan piket ia tidak pernah mengeluh dan tidak mengharapkan pujian dari guru maupun teman-temannya.
  2. Hasan adalah siswa kelas IX, iya rajin mengaji. Setelah ia memahami surat Al-ma'un hatinya terketuk untuk membantu kaum dhuafa dan anak yatim. Kemudian Hasan menyantuni anak yatim karena semata-mata melaksanakan kandungan surat Al- Ma'un.

D. Dampak Positif Beramal secara Ikhlas

Danpak positif ikhlas, antara lain :
  • Merasa ada kepuasan tersendiri dalam batin, karena apa yang dilakukan sesuai dengan kehendak Allah SWT
  • Merasa senang karena adanya harapan Ridha dari sisi Allah SWT
  • Menjaga keikhlasannya, walaupun amalnya tidak dilihat oleh orang lain

E. Membiasakan Diri Beramal secara Ikhlas

Untuk menjaga keikhlasan beramal, dapat diupayakan hal-hal sebagai berikut :
  1. Melatih diri agar tidak merasa bangga atau perbuatannya dan gila pada pujian
  2. Tidak merasa kecewa meskipun perbuatannya diremehkan oleh orang lain
  3. Melatih diri untuk beramal sembunyi-sembunyi untuk menghindari sifat riya
  4. Tidak suka memuji perbuatannya.

Penutup

Nah, itulah uraian tentang Pengertian, Contoh dan Dampak dari Ikhlas, semoga dapat bermanfaat dan menambah penhetahuan sobat semua. Janganlupa baca artikel yang setema dengan ini dibawah ini. Sampaijumpa di pembahasan artikel yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Contoh dan Dampak dari Ikhlas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel