Widget HTML Atas

20 Sifat Mustahil Bagi Allah dan Pengertiannya

Mediasiana.com - Sifat Mustahil bagi Allah lengkap dengan pengertiannya akan saya sajikan pada kesempatan ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan para pembaca. Yuk simak ulasannya berikut ini..!


Pengertian Sifat Mustahil Bagi Allah SWT

Sifat Mustahil Bagi Allah dan Pengertiannya

Sifat mustahil bagi Allah yaitu sifat yang tidak layak dan tidak mungkin ada pada Allah, dan sekiranya ada sifat tersebut akan melemahkan derajat Allah SWT.


Sifat-sifat Mustahil Bagi Allah SWT

Sifat mustahil ini merupakan kebalikan dari sifat-sifat wajib bagi Allah, karena itu jumlahnya sama. Adapun sifat-sifat yang tidak pantas dan tidak mungkin dimiliki oleh Allah. Yang termasuk sifat mustahil bagi Allah adalah, antara lain :


1. " Adam " artinya Tidak ada

Allah adalah dzat yang Maha Pencipta, tidak mungkin Allah itu tidak ada. Mungkinkah alam semesta muncul dengan sendirinya ? tentu tidak mungkin. Akal sehat manusia pasti menerima bahwa alam ini pasti ada penciptanya yaitu Allah SWT. Dengan adanya alam ini membuktikan adanya Allah sebagai dzat Yang Maha Pencipta segala sesuatu. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Mu'minun ayat 78, yang artinya : "Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian pendengaran, penglihatan, dan hati (tetapi) amat sedikitlah kamu bersyukur.


2. " Huduts " artinya Baru atau permulaannya

Setiap yang baru atau ada permulaannya, selalu didahulukan dengan tidak ada. Untuk menjadi ada pasti ada yang mewujudkannya atau menciptakannya. Jika Allah diciptakan, siapa penciptanya ? Mustahil Allah bersifat baru. Selain itu setiap yang baru atau ada permulaannya pasti ada akhirnya. Jika Allah baru pasti Allah akan berakhir. Hal ini tidak mungkin, seperti yang telah diterangkan dalam QS. Al-Hadid ayat 3, yang artinya : "Dialah yang awal dan yang akhir, yang Dhahir dan yang batin. Dan dia yang Maha Mengetahui Sesuatu".


3. " Fana " artinya Musnah atau Rusak

Mustahil Allah memiliki sifat yang bisa musnah. Akal sehat kita tentu tidak menerima, jika Allah yang mengendalikan jalannya seluruh alam semesta yang teramat rumit ini memiliki sifat fana "musnah". Berbeda dengan makhluk, semuanya akan binasa atau musnah.



4. Mumatsalatuhu lil hawadits   : Ada yang menyamai

Mustahil bagi Allah, apabila ada makhluk ciptaannya menyamai wujud Allah. Dan sungguh akal manusia sangat terbatas dalam memikirkan dzat Allah. Dan Allah itu bebda dengan yang lainnya.

5. Ihtiyajuhu lighairihi    : Memerlukan yang lain

Allah yang Maha Kuasa dan juga maha segalanya, mustahil bagi Allah apabila memerlukan pertolongan dari yang lainnya. Karena Allah ini adalah Maha kuasa dan berkehendak.
6. Ta'adud       : Berbilang

Allah yang Esa tidak beranak ataupun diperanakan. Jadi Allah itu hanya ada satu, tidak ada yang lainnya aapalgi sampai terbilang.

7. Ajzun      : Lemah

Allah maha perkasa dan kuasa, tentunya Allah itu tidak mungkin lemah, maka dari itu Allah juga tidak memerlukan pertolongan dari Makhluknya.

8. Karahah   : Terpaksa

Allah itu maha berkendak, tidak ada suatu appaun yang dilakukan oleh Allah itu karena terpaksa, karena segalanya Allah itu punya rencana.

9. Jahlun      : Bodoh

Allah itu Maha Pintar, dengan kepintarannya Allah menciptakan Alam semsta ini lengkap beserta isinya. Sampai-sampai Allah ciptakan Jin, malaikat dan juga Manuisa, semua ini tentunya dengan kecerdasannya.

10. Mautun   : Mati

Allah itu, maha hidup dan tidak pernah mati. Oleh karena itu Allahlah yang mengatur kehidupan ini. Hanya makhluknyalah yang bisa mati.

11. Shamamun   : Tuli

Allah itu juga tidak tuli, Allah bisa mendengar apa saja yang dibicarakan oleh makhluk-Nya. Jadi buat kita sebagai seorang hamba hendaknya menjaga lisan kita dalam berucap yang tidal baik.

12. 'Umyun   : Buta

13. Bukmun  : Bisu

14. Kaunuhu Ajizan   : Lemah

15. Kaunuhu Karihah  : Terpaksa

16. Kaunuhu Jahilan : Bodoh

17. Kaunuhu Mayyitan : Mati

18. Kaunuhu Ashamma : Tuli

19. Kaunuhu 'A'ma  : Buta

20. Kaunuhu Abkam : Bisu

Penutup

Nah, itulah sifat-sifat Mustahil bagi Allah SWT dan pengertiannya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca terutama para pelajar Indonesia. Janganlupa baca artikel yang satu tema dibawah ini, sampai jumpa di artikel yang lainnya.