Pengertian Biosfer dan Pembagian Biosfer

Mediasiana.com - Pengertian Biosfer dan pembagian biosfer. Biosfer adalah lapisan di permukaan bumi yang mendukung kehidupan organisme. Biosfer juga meliputi tanah, air dan udara. Biosfer adalah sistem ekologi global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan mereka termasuk interaksi mereka dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara). 

Bumi adalah satu-satunya tempat yang kita ketahui dimana kehidupan berlangsung. Biosfer adalah bagian luar dari planet bumi mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. 



Pengertian Biosfer


Pengertian Biosfer

Biosfer berasal dari kata bios yang berarti hidup dan sphaira yang berarti lapisan. Jadi secara etimologis, biosfer adalah lapisan bumi yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Setiap makhluk hidup memerlukan tempat tinggal. Tempat hidup inilah yang dinamakan biosfer.

Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui mendukung kehidupan. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 miliar tahun dari 4,5 miliar tahun usia bumi.


Pada biosfer hidup berbagai macam organisme yaitu ada Manusia, Tumbuhan, Hewan serta makhluk biotik yang berdampingan dengan benda mati (abiotik). Makhluk akan hidup akan berinteraksi dengan satu dan yang lainnya sehingga membentuk suatu kesatuan. Kesatuan flora dan fauna yang tersebar di permukaan bumi inilah yang disebut dengan biosfer.



Pembagian Biosfer

Biosfer terdiri dari atas tiga lingkungan utama, yaitu :
  1. Biocycle yaitu biocycle darat, 
  2. Biocycle air tawar (sungai, danau, atau kolam), dan 
  3. Biocycle air asin (laut). Tempat 
Tempat hidup yang khas dari suatu organisme disebut dengan habitat. Contohnya habitat air tawar adalah sungai, danau, rawa, kolam. Sedangkan habitat bunga teratai adalah permukaan air tawar. Karakteristik kehidupan suatu flora yang khas pada suatu wilayah disebut dengan bioma.

Penutup

Nah, itulah penjelasan dari Pengertian Biosfer dan Pembagian Biosfer, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat Mediasiana. Janganlupa buat sobat semua baca artikel pendidikan yang lainnya dibawah ini. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar, sampaijumpa di artikel yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Biosfer dan Pembagian Biosfer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel