Pengertian Husnuzan, Tawaduk, Tasamuh dan Ta'awun

Mediasiana.com - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah Pengertian Husnuzan, Tawaduk, Tasamuh dan Ta'awun. Allah SWT menciptakan alam semesta seperti bumi, langit, laut dan segala isinya menjadi bukti dan wujud kebesaran Allah serta sebagai rahmat bagi makhluk hidup khususnya manusia. Nah, untuki itu saya akan memberikan sebuah informasi tentang Pengertian Husnuzan, Tawaduk, Tasamuh dan Ta'awun semoga dengan adanya uraian ini dapat memperkuat keimanan dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.


Pengertian Husnuzan, Tawaduk, Tasamuh dan Ta'awun, berikut ini :

1. Husnuzan


Husnuzan artinya berprasangka baik, maksudnya berprasangka baik kepada Allah, kepada rasul-Nya dan kepada orang lain. Berprasangka baik terhadap Allah dan Rasul-Nya merupakan kewajiban bagi umat islam, karena dengan prasangka baik sangat berkaitan dengan keimanan seseorang terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya.

Sedangkan berprasangka baik kepada selain Allah dan Rasul-Nya hukumnya Mubah atau Boleh. Lawan kata dari husnuzan adalah suuzan yang artinya berprasangka buruk, dan prasangka buruk harus di jauhi.

2. Tawaduk


Tawaduk artinya sikap merendahkan diri terhadap Allah maupun terhadap sesamanya. Sikap tawaduk merupakan bagian dari akhlak mahmudah atau perilaku terpuji. Sikap tawaduk seharusnya dimiliki oleh setiap manusia, karena sikap ini akan dapat menghilangkan rasa takabur atau menyombongkan diri.

Sikap tawaduk bukan berarti rendah diri, melainkan merendahkan diri karena iman dan taqwa kepada Allah SWT. Kebalikan sdari tawaduk adalah takabur atau menyombongkan diri. Sikap takabur harus dijauhi oleh seiap orang, sebab sikap takabur akan mengakibatkan kebencian terhadap seseorang.

3. Tasamuh


Tasamuh memiliki dua kedudukan, yaitu sebagai makhluk individu dan sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk individu manusia memiliki hubungan vertikal yaitu hubungan dengan Allah SWT.

Sedangkan manusia sebagai makhluk sosial memiliki hubungan horizontal dengan sesama manusia. Salah satu wujud dari manusia sebagai makhluk sosial adalah tasamuh.

Pengertian Tasamuh secara bahasa  artinya toleransi atau tenggang rasa. Sedangkan menurut istilah, tasamuh adalah sikap menghormati atau tenggang rasa terhadap orang lain untuk melaksanakan hak-haknya. Tenttang rasa maksudnya adalah tidak mengganggu, tidak menghina atau memandang rendah suku, bangsa, agama dan kebudayaan orang lain.

Tasamuh dalam sudut pandang Islam bukan berarti mengikuti agama atau kegiatan-kegiatan agam lain, tetapi tidak mengganggu aktivitas pemeluk agama lain atau tidak memaksakan kehendak kepada orang lain untuk memeluk islam.

4. Ta'awun


Dalam istilah bahasa arab, ta'awun disebut dengan tolong-menolong. Tolong-menolong merupakan suatu kegiatan terpuji yang dapat meringankan beban orang lain. Tolong-menolong merupakan sikap yang mencerminkan bahwa penderitaannya dan kebahagian orang lain merupakan kebahagiaannya juga.

Penutup

Nah, itulah tadi Pengertian Husnuzan, Tawaduk, Tasamuh dan Ta'awun, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan dapat menambah wawasan kita semua. Janganlupa sebarkan jika artikel ini bermanfaat untuk orang lain, sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Husnuzan, Tawaduk, Tasamuh dan Ta'awun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel