Adsense Right Sidebar

Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian

Mediasiana.com - Pengertian Populasi dan Sampel biasanya digunakan untuk materi kuliah sedang melakukan penelitian. Berhubung saya sudah wisuda dan lulus S1 maka pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan apa itu populasi dan apa itu sampel.


Pengertian Populasi


Jadi, Populasi adalah keseluruhan subjek atau totalitas subjek penelitian yang dapat berupa orang, benda, atau suatu yang dapat diperoleh dan atau dapat memberika informasi (data) penelitian. Dengan kata lain, Populasi adalah keseluruhan objek penelitian.

Penggunaan Populasi untuk penelitian antara lain memerlukan biaya cukup besar, waktu yang cukup lama, melibatkan banyak tenaga, dan lingkup yang luas. 

Pengertian Sampel


Sampel adalah sebagian dari keseluruhan objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi disebut dengan sampel penelitian. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik tertentu sehingga sampel sedapat mungkin mewakili populasi yang disebut teknik sampling.

Sampel digunakan jika populasi yang diteliti besar dan peneliti tidak mungkin mempelajari seluruh populasi. Pilihan pengambilan sampel antara lain karena keterbatasan biaya, tenaga, dan waktu yang dimiliki peneliti. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan sampel adalah menentukan tujuan penelitian dan membatasi populasi.

Penelitian populasi harus dibatasi agar kesimpulan yang diambil dari samping menggambarkan populasi. Nilai penelitian bukan nilai besar kecilnya populasi, tetapi bagaimana peneliti mendeskripsikan sasaran penelitiannya.

Baca juga : Teknik Pengambilan Sampel Penelitian

Contoh Populasi Penelitian

Di dalam sebuah Perusahaan PT. Indo Jaya Terdapat 3000 Karyawan

Total populasi di perusahaan Indo jaya sebanyak 3000 Karyawan

Contoh Sampel Penelitian

Setelah dihitung menggunakan rumus Slovin ternyata didapat sampel sebanyak 1500 orang

Penutup


Nah, itulah pengertian dari Populasi dan Sampel, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat, dan jangan lupa baca juga artikel yang lainnya dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel