Widget HTML Atas

7 Alasan Kenapa Kita Harus Kuliah

Alasan Kita Harus Kuliah dan kenapa kita harus kuliah ? Tentu dengan kuliah agar kita mempunyai pola pikir yang lebih baik setuju enggak ? Sebenarnya untuk lanjut kuliah itu ada berbagai alasan, baik itu karena dorongan profesi dari pekerjaan, mencari pengalaman, menambah ilmu pengetahuan, bahkan sampai karena dorongan orang terkasih.


Pentingnya Kita Kuliah 


Dari alasan-alasan diatas ada beberapa faktor yang berasal dari luar dan dari dalam diri. Namun alasan kuliah yang sering di alami oleh teman-teman,  khususnya teman saya dan mungkin ini juga berlaku bagi temen-temen para pembaca setia. Dimana kuliah ini bukan sekedar mencari sebuah titel semata apalagi peeihal ijazah.




Alasan Kenapa Kita Harus Kuliah



Alasan Harus Lanjut Kuliah


Hidup di jaman sekarang ini kuliah itu bukan jadi faktor utamanya melainkan skillah yang menentukan kita. Akantetapi dengan kuliah maka cita-cita kita akan lebih mudah terwujudkan. Karena untuk sekarang ini, khususnya dunia kerja dari perusahaan sampai dengan tingat pemerintahan yang namanya titel ataupun ijazah ini diperlukan, walaupun secara kasarnya ada yang bilang kuliah dijaman ini tidak terlalu penting.

Akan tetapi namanya taqdir ataupun nasib seseorang itu berbeda-beda, tidak ada salahnya kita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, contohnya seperti mengikuti program Studi D3, S1, S2 dan S3. Kuliah adalah salah satu jembatan kita untuk memenuhi tuntutan jaman, selain skill, ke intelektualan kita juga harus di sokong dengan gelar pendidikan.

Kalau dulu orang tua bilang, nak kamu harus lanjut sekolah yang tinggi agar nanti bisa jadi orang besar, sebenarnya ungkapan ini sah-sah saja akan tetapi lebih baiknya dirubah begini, nak kamu harus sekolah yang tinggi agar skil dan pengetahuanmu bertambah,  jadi orang yang baik serta bisa bermanfaat untuk orang banyak. Namanya juga hidup,  maka kita harus bisa memberikan manfaat dalam kebaikan bukan jadi orang besar tapi menindas rakyat.

Baik teman, itu tadi hanya intermezo saja, semoga tambah semangat untuk membaca artikel ini.

Pada kali ini akan saya rangkum beberapa alasan orang harus kuliah, ini saya dapatkan melalui beberapa responden yang pernah saya wawancarai.


7 Alasan Kenapa Kita Harus Kuliah


1. Kuliah Karena Tuntutan Orang Tua


Alasan yang pertama adalah dorongan oleh kedua orang tua baik itu ayah ataupun ibu. Karena sang ibu atau ayah menginginkan masa depan anaknya bisa lebih baik,  maka mau tidak mau sang anak harus menuruti apa yang dikehendaki orang tua. Yang namanya anak kan harus berbakti pada kedua orang tua, kalau menurut orang tua baik dan menurut kaca mata anak juga baik,  maka tidak ada salahnya kita selaku anaknya menuruti apa yang diminta ayah ibu kita.

Kalaupun kedua orang tua ini hidup mapan atau tidak, hal ini bukan jadi alasan, yang terpenting kedua orang tua masih ikut andil dalam mebiayai sekolah anaknya ke jenang pendidikan yang lebih tinggi,  berkat usaha dan Do'a. Betapa bahagianya orang tua bisa melihat anaknya jadi Mahasiswa dan lulus jadi seorang Sarjana dan bisa bekerja dan mempunyai jabatan yang baik. Sungguh bahagia orang tua yang memiliki anak seperti itu.


2. Kuliah Karena Kemauan dan Cita-Cita


Ambisi ! Hal ini bagus, akantetapi jangan sampai terlewat batas, karena antara hayalan dan realita itu bisa tidak sama. Yang terpenting diri kita bisa mengendalikan apa yang nantinya saat melihat hasilnya. Kuliah itu tidak sama dengan bersekolah di SLTA, fenomena-fenomena di dunia perkuliahan ini berbeda-beda di setiap semesternya.

Sebelum Anda kuliah, maka pertimbangkan dengan baik jurusan yang ingin di ambil agar nantinya disaat Anda sudah jadi Mahasiswa bisa mengikuti fase yang lebih nyaman dan tidak tertekan karena keadaan.

Yang terpenting kemauan yang kuat terus di pupuk dan dibangun agar nantinya bisa menjadi lulusan yang terbaik, sykur-sykur lulus bisa dapat beasiswa S2, jadi bisa mengirit biaya.


3. Kuliah Karena Teman Atau Kekasih


Ternyata saya kira cuma satu atau dua orang saja melanjutkan kuliah karena ajakan teman atau pacar, ternyata banyak juga mahsiswa lanjut keperguruan tinggi karena dorongan teman dan pacar. Memang  sih inilah perlunya kita punya sahabat atau teman yang perduli, jadi bukan hanya sebagai tempat curhat saja disaat mereka kesusahan akan tetapi saling membantu, mensuport dan memberikan solusi.

Begitu juga dengan pacar, walaupun kata pacar ini identik dengan hal negatif namun tidak semua berbuah negatif ada juga positifnya, buktinya teman saya bisa kuliah karena ada dorongan dari pacaranya, sykur-sykur bisa satu kampus ya walaupun beda jurusan yang terpenting bisa saling mensuport satu sama lain.


4. Kuliah Karena Ingin Punya Titel


Sah-sah saja ko, kalau tujuan kuliah ingin punya titel yang terpenting bisa menggunakan titelnya dengan baik setelah lulus jadi bukan punya titel terus nganggur, hal ini malah yang jadi salah. Dengan punya titel kita akan lebih percaya diri dan diakui dalam dunia kerja seperti halnya kalau mau punya jabatan yang lebih tinggi. Tetapi bagi yang tujuannya punya titel jangan berlagak sombong, justru punya titel ini harga diri semakin dipertaruhkan. Yang namanya orang berpendidikan maka harus mencerminkan perilaku yang baik kepada orang lain. Karrna orang berpendidikan bisa berharga karena adabnya bukan cuma menyandang sebuah gelar belaka.


5. Kuliah Karena Ingin Menambah Skil dan Ilmu Pengetahuan


Alasan yang kelima ini adalah alasan saya dan bisa jadi ini adalah alasan kalian teman-teman ?

Alasan ini adalah alasan yang menurut saya cukup kompeten jika disandingkan dalam dunia pendidikan. Yang namanya kuliah kan bukan hanya titel melainkan ilmu pengetahuan. Jadi dengan adanya ilmu pengetahuan maka kita bisa mengasah skill dan mendapatkan pengalaman baru.

Yang dulunya saat sekolah di bangku SLTA pola belajar moton terhadap guru maka disaat kuliah sudah berbeda dan lebih mandiri, inisatif dan lebih kreatif. Jadi didunia perkuliahan itu lebih santai dalam segi belajar walaupun setelah proses belajar selesai tugas tetap ada.

Nah, selain dapat ilmu pengetahuan di bidang studi kita juga bisa mengasah skill melalui kegiatan UKM yang ada di kamus kita. Kita bisa ikut kegiatan sesuai dengan apa yang kita minati, dengan bergabung di oragnisasi baik itu yang ada di dalam kampus dan diluar kampus maka kita akan dapat banyak pengalaman dan juga skill baru.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah kita dapat teman banyak, jaringan lebih luas maka akan mempermudah kita saat sudah lulus nanti punya banyak koneksi.


6. Kuliah Karena Profesi


Ada juga dari teman -teman saya itu alasannya itu karena tuntutan profesi, jadi kalau mau naik jabatan maka harus kuliah dulu, mau-tidak mau karena tuntutan profesi pekerjaan mereka banyak yang melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi. Bahkan dalam hal ini Mahasiswa juga harus siap untuk membagi pikiran dan waktunya bahkan materi karena kuliah itu butuh modal dan juga pikiran. Biasanya orang yang sudah bekerja dan kuliah untuk memenuhi tuntutan profesi terkadang tidak fokus dan tujuannya untuk mendapatkan ijazah dan titel tersebut.

Selain itu, mahasiswa yang bekerja dan sambil kuliah harus pintar memanajemen waktu karena harus membagi mana waktu mengerjakan tugas kampus dan mana waktu untuk bekerja dan mengerjakan tugas pekerjaan. Apalagi kerjanya bisa dikatan dari jam 08.00 - 17.00 tentu kuliahnya bisa dilakukan di malam hari atau di hari libur kerja.


7. Kuliah Karena Keadaan


Alasan yang terakhir ini cukup menantang, dan mungkin ini dialami juga oleh temen-temen para pembaca. Alasan keadaan disini maksudnya adalah ingin mengubah nasib. Benar memang teman saya berasal dari keluarga yang tidak mampu, namun bukan berarti tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak juga teman-teman saya yang berprofesi kuli, atau buruh kasar, tukang bangunan, ojek online, jadi kasir, penjual mainan anak-anak, dan juga penjual makanan lanjut kuliah karena mereka punya tekad yang kuad dan impian yang ingin diwujudkan yaitu merubah nasib agar bisa lebih baik hidup yang akan datang.

Jadi hal ini adalah pesan yang mendalam. Kuliah itu bisa dilakukan siapa saja, asalkan mau berusaha dan sungguh-sungguh ingin kuliah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Memang benar untuk saat ini kita orang susah, profesi rendahan namun siapa tahu hidup kita di masa yang akan datang. 

Jangan gengsi, karena gengsi itu butuh modal dan hanya dilakukan oleh orang-orang bermental msikisn. Kita ini miskin secara harta namun kita ini kaya secara tekad dan semangat. Mental kita ini kaya, maka jangan sia-siakan waktu yang masih terbuka lebar ini, mari kita wujudkan impian kita, impian orang tua kita, dan juga cita-cita para pahlawan kita yang sudah memerdekakan negara Indoensia.


Baca juga : 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Cepat WISUDA


Nah inilah alasan dari mereka, sungguh terahru ketika aku mendengarkan apa yang mereka ungkapkan dari hati yang paling dalam, semoga kita bisa lebih semangat dan berjuang untuk mewujudkan impian kita yang gemilang.



Penutup

Dan mungkin hanya itu saja yang dapat saya uraikan dalam ulasan ini, semoga bisa memotivasi temen-temen semuanya yang saat ini sudah jadi mahasiswa ataupun yang sedang berjuang menjadi mahasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisanku yang selanjutnya. :)