7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi di Kampus, 100% PENTING !

Mediasiana.com - Organisasi Kampus. Inilah alasan kenapa kamu sebagai mahasiswa harus ikut organisasi ataupun UKM di Kampus. Sebelum saya menguraikan seberapa pentingnya ikut organisasi di kampus, saya akan menjelaskan dulu apa itu Organisasi. Jadi, pengertian Organiasi adalah sekumpulan orang baik itu dua orang atau lebih yang berada di suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama.

Sebenarnya mahasiwa baru itu ada yang sudah berkecimung diorganisasi pada masa SLTA yaitu  di OSIS, Pramuka bahkan organisasi lainnya. Akantetapi, beradasarkan pengamatan saya dilapangan, mayoritas mahasiswa baru mengenal organisasi itu pada saat mereka berada pada posisi sebagai Mahasiswa, terutama saat mahasiswa baru di semester 1. "Oh.. inikah yang namanya Organisasi, dulu saya pernah juga aktif di organiasi di sekolah tapi dulu taunya cuma SOSIS aja gak tau istilah secara teorinya" mayoritas mahasiswa baru banyak berkata demikian. 



manfaat ikut organisasi di kampus


Jadi buat kalian calon mahasiswa baru ataupun yang saat ini menjadi mahasiswa baru pada kesempatan ini akan saya berikan pegangan untuk kalian agar nantinya kalian bisa lebih mantap saat mulai berkecimung di organisasi. Karena luku-liku di organisasi itu cukup beragam, kita banyak bertemu dengan rekan-rekan se organisasi yang mempunyai pola pikir dan argumen yang berbeda, nah jadi kita juga harus siap untuk menjadi pendengar argumentasi yang baik.

Saya ucapkan beruntung bagi kalian calon mahasiswa baru yang membaca artikel ini, karena artikel ini sangatlah penting untuk di ketahui bagi kalian. Bisa jadi ini adalah kisi-kisi bagi kalian untuk menjajaki dunia Akademis di kampus kalian masing-masing. Jadi nantinya kalian akan lebih mudah untuk menentukan pilihan mau bergabung di organisasi yang mana saja, karena organisasi di kampus ini sangat beragam di Fakultasnya.

Itu, tadi baru pengertian organisasi secara umumnya, kalau di Kampus itu ada yang namanya UKM. UKM itu ya salah satu bentuk dari organisasi.


Pengertian UKM "Kampus"


UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa. Jadi tujuan adanya UKM di kampus ini adalah untuk mengembangkan skil, bakat, minat dari para mahasiswa. Nah, jadi buat kalian para mahasiswa ataupun mahasiswa baru sangatlah penting untuk ikut UKM yang ada di kampus kalian masing-masig. Kegiatan UKM ini juga beragam sesuai dengan naman ataupun misi-visi UKM itu sendiri.

UKM di kampus itu ada yang namanya UKM Seni Tari, UKM Olahraga, UKM Panahan, UKM LDK, PRAMUKA, UKM MAPALA, UKM Catur, UKM Futsal dan masih banyak UKM-UKM yang lainnya.

dari penjelasan diatas mungkin hanya sebagai pengantar saja, nah pada kesempatan ini saya akan meberikan beberapa alasan sesuai dengan judul pada artike ini, bagi kalian yang makin penasaran yuk simak ulasannya berikut ini :


7 Alasan Kenapa Kamu Harus ikut Organisasi di Kampus



1. Mencari Pengalaman dan menemukan Inspirasi


Tentunya alasan yang pertama adalah untuk mencari pengalaman baru. Tentu berbeda suasaanya disaat ikut organisasi di masa SLTA dengan masa anak kuliahan. Apalagi buat mahasiswa baru yang baru mengenal organisasi atau UKM di kampus tentunya hal ini akan membuat mereka mendapatkan kisah hidup yang baru. Dengan kalian ikut organisasi di kampus maka kalian akan lebih banyak mendapatkan pengalaman, teman, lebih banyak mendapatkan relasi, belajar bersosial yang baik dengan satu sama lain, dan berorganisasi yang baik sesuai dengan UKM yang di ikuti.


2. Mengasah Skil


Skil yang saya maksud disini adalah kemampuan dalam diri baik itu belajar menjadi seorang pemimpin, mengasah mental bagimana berbicara di depan orang lain dengan gaya yang santai dan bijaksana. Terus juga kita bisa belajar untuk mengutarakan pendapat, beradu argumen dan juga belajar mengambil keputusan. Jadi kamu akan lebih bijak dalam menyikapi suatu masalah apalagi berhubungan dengan nasib organisasi.


3. Secara tidak langsung "Praktek Teori kuliah"


Kalau di dalam kelas saat kuliah kita biasanya hanya mendapatkan teorinya saja tentang organiasi akantetapi disaat kita terjun dan bergabung di organisasi baik itu UKM ataupun organisasi diluar kampus seperti PMII, HMI, GP Anshor, FSLDK dan lainnya, tentu kita selaku mahasiswa langsung mempraktekkan ke dunia nyata. Tidak hanya teori tapi pengaplikasiannya secara real.


4. Kamu akan mengerti Betapa Pentingnya itu Disiplin, Perencanaan, Aksi, Evaluasi


Kalau kalian bergabung di organiasi kalian akan mengetahui betapa pentingnya itu Disiplin waktu, karena kita harus pintar dalam memanajemen waktu, tugas kuliah menunggu belum lagi tugas organisasi yang satunya lagi maka dari itu ketika kalian nanti terjun ke dunia kerja sudah tidak kaget lagi kalau tuntutan disiplin itu tinggi. Selain sikap disiplin ada juga Perencanaan. Yang namanya bergorganisasi itu ibaratnya kita naik mobil. 

Dan yang menyupir itu adalah seorang pemimpin organisasi, kemanapun si supir ini membawa kita maka pastinya ketika hendak mobil ini berjalan harus di rencanakan dulu dengan matang arah tujuan untuk berhentinya.

Kalau sudah direncanakan tentunya harus ada aksi atau aktion. Jadi apa yang kita programkan bisa tercapai dengan baik. Selesai aksi maka ada yang namanya Evaluasi, dengan adanya Evaluasi di dalam organisasi maka akan mendapatkan apa-apa saja yang menjadi kendala selama kegiatan tersebut berlangsung, jadi nantinya setiap anggota organisasi akan memberikan argumentasinya masing-masing dan disitulah mencari solusi sama-sama.


5. Tanpa kamu sadari kamu akan menampilkan posisi terbaikmu di teman-teman yang lainnya


Hal ini marak terjadi, tapi manusiawi. Biasanya di suatu organisasi akan muncul orang-orang yang berpengaruh dan orang tersebut akan menjadi generasi penerus atau pepimpin di organisasi tersebut. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang idealis dan ramah serta bisa menghargai pendapat teman yang lainnya. Jadi kamu di organisasi secara tidak langsung bersaing dengan teman yang lainnya.

Ketika kamu nantinya sudah lulus kuliah maka tidak canggung lagi saat terjun kedunia kerja menghadapi orang-orang yang baru kamu kenal, dan kamu akan mudah menyesuaikan diri dengan orang-orang baru.


6. Dapat Nilai Plus dari Dosen


Selain kamu pandai dalam dunia kuliah, kamu juga memiliki pengaruh di lingkungan kampus tentunya kamu akan mendapat nilai plus dari dosen-dosen yang ada di Kampusmu. Biasanya ini terjadi pada jajaran para mahasiswa yang menjadi Pengurus BEM "Badan Eksekutif Mahasiswa" serta juga ada DPM "Dewan Perwakilan Mahasiswa" ataupun Pengurus HIMAPRODI "Himpunan Mahasiswa Program Studi" di masing-masing Fakultas. 


7. Sebagai Media Promosi Diri


Yang tidak kalah pentingnya kita ikut organisasi di kampus adalah, kalian secara tidak langsung, ikut organisasi ini sebagai sarana promosi diri atau aktualisasi diri. Jadi ketika kalian ini pernah menjadi mejabat sebagai Pemimpin UKM, Ketua BEM ataupun jadi PRESMA "Presiden Mahasiswa" di suatu Universitas tentunya kualitas diri kalian tidak diragukan lagi. Sejak menjadi Mahasiswa saja sudah ada pengalaman menjadi pemimpin tentunya ketika lulus kalian akan lebih mudah untuk bekerja dengan jabatan yang cuukup bergengsi sesuai dengan Nasib kalian masing-masing.

Tapi, kebanyakan mahasiswa yang pernah menduduki posisi Ketua atau Pemimpin baik itu di UKM, BEM ataupun jadi PRESMA mereka mayoritas bisa dengan mudah dan menemukan banyak relasi perihal pekerjaan setelah lulus menjadi seornag Diploma ataupun Sarjana.

Karena diperusahaan besar itu membuthkan orang-orang yang berpengalaman dan mempunyai skil seuai dengan bidang yang dibutuhkan.

Penutup

Nah, itulah penjelasan kenapa penting sekali untuk kita bisa bergabung di organisasi semasa menjadi seorang Mahasiswa. Dengan kita bergabung di organisasi kita akan menemukan banyak teman, menemukan orang yang dapat menginspirasi, membuka wawasan dan juga mendapatkan banyak relasi, tentunya hal ini sangat berguna sebagai bekal untuk kita pada waktu nantinya kita sudah lulus kuliah.

Demikian yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau masih terdapat kesalahan kata ataupun kurangnya dalam pejelasan. Sekian sampai jumpa di pembahasan yang lainnya. :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel