7 Cara Jitu Menemukan Inspirasi Ide Menulis Artikel

Mediasiana.com - Cara menemukan ide menulis artikel dengan mudah adalah harapan semua orang bahkan seorang Blogger, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai penulis lepas atau writer. Menulis sebuah artikel itu cukup sulit kalau kita tidak menemukan sebuah ide atau gagasan yang ingin di angkat dalam sebuah tulisan. Karena tulisan yang baik itu terarah dan mempunyai isi yang disampaikan kepada para pembaca. Jadi dalam menemukan ide atau judul tulisan didalam pikiran ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Cara Menemukan Inspirasi Ide Menulis Seorang Blogger


Pada kesempatan ini berhubung saya juga lagi bingung mau nulis apa dan akhirnya saya putuskan nulis cara jitu menemukan inspirasi ide menulis saja. Ternyata kebuntuan saya ini menemukan saya akan sebuah judul artikel, yaitu Cara untuk menemukan inspirasi menulis.

Cara menemukan ide menulis artikel

Jadi, menulis yang paling nikmat adalah menulis apa yang kita mau dan sudah tergambar di dalam pikiran. Jadi ketika kita duduk diepan laptop maka kita dengan mudahnya menuangkan isi dari pikiran kita kedalam bentuk narasi atau tulisan.

Buat kalian para blogger terutama maupun penulis buku ada cara-cara jitu dalam menemukan ide atau judul yang bisa dibahas dan dijadikan sebuah tulisan. Berikut ini akan saya berikan cara-caranya, untuk itu silahkan kalian simak ulasannya berikut ini..!

7 Cara Menemukan Inspirasi Ide Menulis Artikel


1. Cari refernsi dengan melihat Fenomena Hidup yang sedang Terjadi


Yang paling mudah itu adalah menulis suatu hal yang lagi buming, viral atau trending dan kemudian diangkat menjadi sebuah artikel. Maka tidak heran situs-situs berita dengan mudahnya mereka memproduksi tulisan setiap harinya. Karena mereka menulis artikel dengan beragam topik berita yang sedang terjadi di hidup masa kini. Bahkan seorang penulisnya juga banyak di situs-situs berita. Dengan mudahnya mereka selalu update setiap waktu.

Nah, jadi buat kalian yang lagi kebingungan menentukan judul tulisan atau ide gagasan sebuah tulisan bisa dengan melihat fenomena yang sedang terjadi di lingkungan Anda.

2. Baca-baca dan Lihat Tulisan orang lain dengan sekilas


Cara yang kedua adalah dengan mencari referensi membaca artikel orang lain kemudian kita mengupragde kembali dengan tulisan yang lebih baru dan kekinian. Namun perlu diingat dalam mencari ide tipe seperti ini harus ada target batasan waktu dalam membaca artikel orang lain. Jangan sampai kita malah hanyut atau keasikan hanya mencari referensi saja. 

3. Menulis Sesuai dengan Mod


Biasanya orang yang sulit untuk menulis itu karena tidak ada ide dan juga karena mereka hanya berpikir aku harus nulis dengan hal yang waw, alhasil ketika mereka belum mendapatkan topik yang bagus mereka tidak memutuskan untuk menulis dan sangking kelamaan menunggu sehingga dia tidak juga menulis. Jadi saya sarankan dalam hal ini menulislah sesuai dengan selera atau mod Anda, karena hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan.

4. Menulis Berdasarkan Pengalaman Hidup


Bisa juga, kita menulis suatu artikel dengan mengangkat atau menceritakan pengalaman perjalanan hidup baik itu gambaran suatu wilayah ataupun manfaat dari makanan yang pernah kita makan dan hal lainnya.

5. Bawa Ngopi sambil Nonton Tv


Kalau otak udah bumpet dan gak dapat inspirasi sebaiknya bawa santai dulu, bisa ngopi sambil nonton TV. Karena kalau otak itu sudah bumpet dan dipaksakan maka tidak baik bisa-bisa diri kita stres sendiri dalam memaksakan untuk menulis sebuah artikel.

Biasanya ide itu akan datang dan muncul secara tiba-tiba ketika kita dalam kondisi nyaman baik itu ketika melihat iklan maupun disaat duduk santai sambil menikmati hidup.

6. Menuangkan Imajinasi (khayalan)


Cara yang ke enam adalah dengan menggunakan daya imajinasi. Ketika seseorang mempunyai imajinasi yang tinggi maka akan dengan mudah kita dalam merangkai kata untuk menuliskan imajinasi yang sudah terbayang di dalam pikiran kita. Tentunya tulisan yang kita tulis akan lebih mudah dan cepat selesai.

7. Pegi Ke Tempat yang sejuk dan Rindang 


Kalo tubuh lelah  atau pikiran lagi stress, maka Anda bisa pergi dan meninggalkan pekerjaan Anda sejenak untuk ke tempat yang sejuk dan rindang. Karena udara dan tempat yang rindang akan dapat menyehatkan tubuh dan fisik Anda, karena oksigen yang ada akan membuat pori-pori tubuh Anda dapat bekerja dengan baik, sistem peredaran darah juga akan berjalan normal dan hal ini akan membuat Anda berpikir bisa lebih tenang dan rileks.

Biasanya juga pergi ke tempat yang rindang apalagi smabil bawa laptop maka akan lebih mudah untuk menulis sebuah artikel.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam menemukan insiprasi ide menulis. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi referensi bagi teman-teman semua. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Jitu Menemukan Inspirasi Ide Menulis Artikel"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel