Cara saya Bisa Kuliah Gratis Sampai Lulus S1

Mediasiana.com - Cara bisa kuliah Gratis dan dapat beasiswa tentunya diinginkan mayoritas mahasiswa. Bahkan tidak sedikit mahasiswa yang menunggu adanya kabar mengenai beassiwa yang baru rilis, tentunya mereka akan menyerbu dengan cepat. Namun berbeda dengan saya, saya dulu saja tidak begitu mengetahui tentang informasi beasiswa, selain lokasi kota dengan kampung sangat jauh dan juga sejak itu yang namanya internet juga masih tahap perkembangan.

Cara saya bisa kuliah Gratis sampai lulus S1 sebenarnya cukup unik. Saya ini hanya lulusan SLTA yang ada di Desa. Lulus di tahun 2014 dan sempat berhenti satu tahun karena mau kuliah tidak ada biaya. Berhubung biaya tidak cukup untuk daftar kuliah ditambah lagi kendaraan pada waktu itu masih belum ada sehingga mau tidak mau saya putuskan untuk menunda satu tahun.



cara bisa kuliah gratis

Kisah Saya Bisa Kuliah Gratis Sampai Lulus Sarjana "S1" 


Dalam waktu satu tahun saya putuskan untuk mencari modal untuk daftar kuliah, ya sekalian merefreshkan otak. Seiring berjalannya waktu, saya sambil usaha kecil-kecilan di kampung jualan makanan ringan. Hasil jualan saya tabung dikit demi sedikit sambil menunggu waktu pengumuman penerimaan mahasiswa baru. 

Ya namanya juga baru lulus sekolah SLTA, mau kerja ikut orang juga rasanya tidak memungkinkan apalagi saat itu saya tidak mau kerja ikut sama orang, soalnya terlalu banyak aturan. Sehingga saya putuskan buka usaha sendiri aja yang penting bisa buat persiapan daftar kuliah, bayar SPPS dan SKS di awal semester dan untuk waktu bisa leluasa santai di rumah disi dengan kegiatan yang lainnya.

Seiring berjalannya waktu, saya jualan makanan ringan dan juga tidak lupa saya niatkan apa yang saya lakukan untuk biaya kuliah. Kalau melihat teman-teman se angkatan sudah pada kuliah sedangkan saya sendiri belum bisa kuliah karena terbatas dana tadi, saya makin semangat untuk mencari uangnya.

Sambil menikmati proses hidup, saya juga sadar, bahwa hidup ini sudah ada yang mengatur, mungkin teman saya kuliah duluan tak apa, dan mungkin tahun depan keinginan saya bisa terkabul. Karena pada awal saya lulus dari SLTA saya berkeinginan bisa kuliah gratis, entah itu darimana asalnya. Yang terpenting saya yakin dan saya sandarkan keinginan saya ini kepada Allah, " Ya Allah, Yang Maha Penolong dan Memberi Pertolongan "saya juga ingat arti dalam QS. Ghafir ayat 60, kata Allah Berdoalah kepadaku Niscaya akan kuperkenankan bagimu, maka aku mintalah kepada Allah" agar aku ini bisa kuliah Gratis. 

Singkat cerita, 9 bulan berlalu, liku-liku hidup dalam mengumpulkan uang untuk daftar kuliah Alhamdulillah terkumpul. Akhirnya Tahun 2015 aku bisa ikutan daftar kuliah. Sampailah pada bulan Juni aku daftar kuliah ditemani dengan kakaku. Dan disaat aku daftar kuliah aku tidak ada niat untuk mencari informasi beasiswa, hanya saja kemauanku ingin bisa kuliah gratis agar nantinya tidak membebani orang tua. 

Pada awal mendaftar akupun layaknya calon mahasiswa yang lainnya menyodorkan berkas pendaftaran dan lainnya membayar biaya pendaftaran. Dan disaat itu aku tidak ada sedikitpun terpikir untuk menanyakan informasi beasiswa kepada pihak kampus ataupun petugas penerimaan pendaftaran mahassiwa baru.

Selesailah, proses pendaftarannya lalu aku dan kakaku pulang. Berselang satu hari kemudian hatiku tak enak, rasanya ada yang mengganjal mengenai jurusan yang ingin aku ambil, lalu aku pergi ke kampus tersebut untuk merubah jurusan yang aku ambil pada pendaftaran di hari sebelumnya.

Alhamdulillah setelah aku sampai di kampus dan bernegosiasi dengan pihak manajemen pendaftaran mahasiswa baru, alasanku kenapa jadi pindah jurusan diterima oleh mereka. Lalu aku rubahlah jurusanku di bidang Manajemen Bisnis. 

Setelah proses itu selesai dan aku duduklah diruang tunggu, ada kursi jadi aku bisa duduk santai dulu karena kalau pulang langsung rasanya badan capek rumah jauh soalnya. Dan beberapa menit kemudian aku bertemu dengan seoarng Dosen dan beliau ketika aku tanya menjabat sebagai Kemahasiswaan. Nah, pada saat itu akupun di tanyai oleh bapak Dosen yang menjabat sebagai kemahasiswan tersebut tentang : nama kamu siapa ? rumah kamu dimana ? lulusan tahun berapa ? orang tua kerja apa? kamu ngambil jurusan apa di kampus ini nanti ?

Orang tau kerja sebagai petani dan ibu saya ibu runah tangga pendapatan masih dibawah 2 juta, apalagi jarak rumah sama kampus saja jauh butuh biaya ekstra. 

Kata beliau "Kalau pendapatan orang tuamu segitu cukup nda buat biaya kuliahin kamu ? "ya jelas kalo pendapatan minim ndak cukup pak, "jawabku". Syukur-syukur kalau ada yang ngasih biaya ke aku Alhamdulillah. 

Nah dari perbincangan ini, saya ditawarin dan diajak masuk keruang kerja beliau. Kata beliau begini : " kalau kamu mau kuliah gratis di kampus ini lengkapi berkas ini secepatnya, besok saya tunggu di kampus ini, saya besok ada dari pagi sampai sore, "kata dosen tersebut. Kata beliau 'kebetulan saya juga lagi cari mahasiswa baru yang ngambil jurusan manajemen bisnis jadi pas banget aku ketemu kamu lagian untuk beasiswa ini yang sudah kebanyakan dapat mahasiswa jurusan lainnya jadi ini peluang buat kamu nanti bisa diajukan keatasan maka dari itu secepatnya lengkapi persyaratannya.

Kata dosen tersebut beasiswa itu namanya Bidik Misi.

Kata saya " ok siap, akan saya usahakan hari ini akan saya proses persyaratannya dan besok saya bisa membawa berkas yang diminta ke sini lagi.

Alhamdulillah, aku sepertinya bisa kuliah Gratis sampai lulus S1. Dan semua proses akhirnya dilancarkan sehingga berkas yang diminta bisa aku penuhi dengan cepat. Dan pada waktu itu yang dicari hanya 10 orang mahasiswa baru saja, dan Alhamdulillah dianatar 10 orang tersebut aku termasuk didalamnya dan puji syukur atas Karunia dan pertolongan Allah aku bisa kuliah gratis sampai lulus S1.

Alhamdulilah. Dan kini aku sudah lulus S1 di tahun 2019 lalu. Aku kuliah empat tahun, masuk awal kuliah di pertengahan tahun 2015. 

Dan keinginanku sekarang adalah tahun 2021 aku bisa kuliah gratis lagi S2, semoga Allah mempermudah jalanku ini. Dan sambil mengisi kegiatan freeku ini aku isi dengan berbagai kegiatan dan tentunya mencari modal untuk biaya kuliah S2 nanti di tahun depan.

Karena aku, kemaren dapat info dari temenku yang lanjut ke S2 untuk biayanya totalnya 30 juta itu 2 tahun. Dan melihat biaya cukup banyak maka diarasa perlu untuk menyiapkannya dari sekarang ini. 

Tips dapat keajaiaban dari Allah SWT :
  • Jaga Sholat 5 waktu dan tambahkan sholat Sunat yang lainnya
  • Janganlupa bersedekah
  • Janganlupa kasih hadiah kepada temanmu atau orang lain " supaya kita banyak didoakan orang sesuai dengan hajat yang kita inginkan".
  • Janganlupa berdoa sehabis sholat dengan do'a yang tepat dan tidak berlebihan
  • Berbakti kepada kedua orang tua
  • Tetap berikhtiar " niat di awal saya tadi tetap Nabung tidak mengharap beasiswa" tapi saya hanya berdoa bisa kuliah Gratis.

Nah, inilah ceritaku, semoga dapat menambah pelajaran dan pengetahuan serta menambah motivasi bagi para teman-teman yang lainnya. Jadi disini saya menuangkan hikmah tentang yang namanya hidup ini sudah ada yang mengatur, kita sebagai seorang hamba hanya bisa berikhtiar, beroda dan tentunya bertawakal kepada Allah SWT.

Cukup sekian dari saya, kejadian seperti ini adalah langka dan menurut saya adalah suatu ekajaiban yang diberikan Allah kepada saya pribadi tentunya. Karena biasanya orang mau dapat beasiswa itu kan di cari informasinya kalau hal ini saya tidak mencari tapi Alhamdulillah Allahlah yang mengabulkan do'aku dan doa kedua orang tuaku. Sampaijumpa di pembahasan yang lainnya. :) Janganlupa bersyukur ya  teman :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara saya Bisa Kuliah Gratis Sampai Lulus S1 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel