Widget HTML Atas

8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kita

Mediasiana.com - Manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan Kecantikan tubuh kita. Lidah buaya atau bisa disebut dengan tanaman Aloe Vera. Aloe Vera adalah tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat, bahkan tanaman ini populer digunakan mayoritas orang sebagai bahan utama dalam obat herbal, tumbuhan lidah buaya telah digunakan selama ribuan tahun sebagai bahan pengobatan tradisonal dan herbal. Lidah buaya biasa digunakan untuk mengobati luka kulit, selain itu juga memiliki beberapa efek menguntungkan lainnya bagi kesehatan manusia.

Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan dan Kecantikan


Mungkin dari teman-teman ada yang suka menanam Lidah Buaya sebagai hiasan taman di muka rumah. Ya, saya juga memiliki tanaman lidah buaya ini dan saya tanam di muka rumah. Terkadang batang atau daun lidah buaya ini saya ambil ketika sudah berukuran cukup besar. Saya pergunakan dagingnya sebagai obat herbal untuk mengatasi ketombe. Dan Alhamdulillah ternyata sanga manjur. Ketika saya oleskan daging lidah buaya ke bagian kulit rambut saya rasanya setelah itu dingin dan rasa gatal yang tadinya disebabkan ketombe jadi hilang.

manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Namun tidak hanya itu saja, ternyata lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal lainnya. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk mengulas manfaat dari tumbuhan Aloe Vera ini. Dan buat teman-teman agar lebih mengetahui manfaat lidah buaya ini silahkan kalian simak ulasannya berikut ini..!

Inilah 8 Daftar Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan :


1. Mengandung Senyawa yang Sehat


Aloe Vera atau lidah buaya adalah tanaman tebal, bertangkai pendek yang menyimpan air didalam daunnya. Lidah buaya juga banyak digunakan dalam dunia industri kosmetik, farmasi dan makanan. Bahkan untuk harga jual lidah buaya ini cukup fantasis, di perkirakan memiliki nilai jual pasar tahunan adalah $13.000.000.000 secara global atau dunia.

Lidah buaya juga dengan dagingnya yang tebal, runcing, dan daunnya berwarna hijau, yang dapat tumbuh sepanjang 12-19 inci (30-50 cm). Pada setiap daun lidah buaya ini penuh dengan jaringan berlenku yang menyimpan banyak air, dengan demikian membuat daun lidah buaya menjadi tebal. Slimy pada lidah buaya ini, terdapat jjaringan yang berisi air disebut dengan  "gel " yang biasa kita kaitkan dengan produk Aloe Vera ini.

Gel mengandung senyawa bioaktif, termasuk juga terdapat vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan yang cukup tinggi. Maka tidak heran daun lidah buaya ini banyak sekali digunakan sebagai obat herbal meliputi, obat panas dalam, ketombe, membasmi racun yang masuk kedalam tubuh, untuk kecantikan kulit dan juga masih banyak lainnya.

2. Kaya Antioksidan dan Sifat Antibakteri


Zat Antioksidan adalah zat yang sangat penting bagi kesehatan. Gel Aloe Vera atau Lidah buaya ini mengandung antioksidan yang sangat banyak, karena lidah buaya ini termasuk dalam keluarga besar zat yang dikenal sebagai polifenol. Polifenol yang ada di dalam lidah buaya bersama dengan beberapa senyawa lain, sehingga dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya dimana bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi pada tubuh manusia.

3. Dapat Mempercepat penyembuhan luka bakar


Lidah buaya adalah tumbuhan yang paling sering digunakan sebagai obat topikal, karena lebih nyaman di gosok ke kulit daripada dimakan. Tentunya cara penyembuhan luka bakar menggunakan lidah buaya seperti ini telah lama dikenal. Karena lidah buaya sebagai pengobatan untuk luka, terutama luka bakar, termasuk sunburns.

Salah satu Studi menunjukkan bahwa lidah buaya itu adalah bahan pengobatan topikal yang efektif untuk mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua.

Sebuah review dari 4 penelitian eksperimental yang pernah dilakukan, hasilnya menemukan bahwa Aloe Vera dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar oleh sekitar 9 hari dibandingkan dengan obat konvensional.

4. Dapat Mengurangi plak pada gigi


Kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah untuk mengurangi penumpukan plak (bakteri biofilm) pada gigi. Dalam membilas mulut yang pernah diuji coba, studi 300 orang sehat, 100% jus lidah buaya murni dibandingkan dengan bahan obat kumur standar Chlorhexidine.

Setelah 4 hari pemakaian, Aloe Vera atau lidah buaya untuk mencuci mulut atau membilas ditemukan untuk bahwa sama efektifnya sebagai Chlorhexidine dalam mengurangi plak gigi. Studi lain menemukan manfaat yang sama dari membilas menggunakan lidah buaya maka mulut bisa segar bisa mampu bertahan selama periode 15 sampai 30-hari. Aloe Vera bisa membunuh plak pada gigi yang menghasilkan bakteri Streptococcus mutans di mulut, serta ragi Candida albicans.

5. Lidah Buaya Membantu mengobati sariawan


Banyak orang telah mengalami sariawan. Sariawan biasanya terbentuk di bawah bibir, di dalam mulut, dan berlangsung selama sekitar 7-10 hari. Studi telah menunjukkan bahwa pengobatan Aloe Vera dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Dalam studi lain, Aloe Vera gel tidak hanya mempercepat penyembuhan sariawan, juga mengurangi rasa sakit yang terkait dengan mereka.

6. Lidah Buaya dapat Mengurangi sembelit


Aloe Vera sering digunakan untuk mengobati sembelit. Kali ini bukan gel, tetapi lateks, yang memberikan manfaat. Lateks residu kuning lengket ditemukan tepat di bawah kulit daun lidah buaya. Senyawa ini ternyata kunci yang bertanggung jawab untuk menimbulkan efek atau disebut aloin, atau barbaloin, yang memiliki efek pencahar mapan.

7. Lidah Buaya Dapat memperbaiki kulit dan mencegah keriput


Dalam satu studi yang diambil dari 30 wanita di atas usia 45 tahun, penggunaan gel pada lidah buaya untuk kulit ernyata dapat meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit selama periode 90-hari.

Studi lain menemukan bahwa Aloe Vera mengurangi eritema (kemerahan pada kulit), tetapi juga ditemukan untuk mencegah dehidrasi pada sel kulit . Jadi sangat bagus juga untuk penangkal sinar radiasi oleh matahari.

8. Lidah Buaya dapat Menurunkan kadar gula darah


Lidah buaya terkadang digunakan sebagai obat diabetes tradisional. Karena lidah buaya dapat digunakan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu meningkatkan manajemen gula darah.

Beberapa studi hewan dan manusia di jenis 2 penderita diabetes telah benar-benar menemukan hasil yang menjanjikan dari mengkonsumsi ekstrak Aloe Vera. Namun, kualitas studi ini cukup nihil, jadi pasti prematur untuk merekomendasikan Aloe Vera untuk tujuan ini.

Penutup

Lidah buaya memiliki beberapa sifat terapeutik yang unik, terutama bila diterapkan sebagai salep untuk kulit dan untuk gusi kita. Berbagai produk Aloe Vera juga tersedia di toko kesehatan atau online shop, termasuk Aloe Vera gel, jus, suplemen, minyak, dan bubuk. Namun sebelum menggunakan produk berbahan lidah buaya ini saya sarnkan konsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan produk lidah buaya ini sebagai obat herbal yang sifatnya konsumtif.