Widget HTML Atas

Virus Corona : Pengertian, Gejala, Obat dan Cara Mencegahnya

Pengertian Virus Corona, Gejala yang disebabkan oleh Virus corona dan cara mencegah Virus corona. Virus Corona atau Koronavirus adalah jenis virus yang berasal dari familia Coronaviridae dimana virus ini dapat menyebabkan penyakit pada hewan burung dan mamalia. Adapun untuk strukur tubuh dari virus corona ini terdiri dari membran, glikoprotein dan selubung lipid bilayer yang menyerupai sebuah protein nukleokapsid, paku, dan genom RNA positif.

Pengertian Virus Corona


Virus corona ini juga dapat menyerang pada manusia bahkan sekaramg ini heboh di beberapa negara terutama di negara Cina. Organisasi kesehatan dunia (WHO) juga telah memberikan sebuah panduan dalam menghadapi serangan virus corona. Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips dari WHO dalam melawan virus corona ini.

virus corona

Penyebaran Virus Corona


Pada umumnya virus corona ini ditemukan pada biantang dan juga bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) virus corona ini tidak hanya menyebar diantara binatang melainkan virus corona ini juga bisa menyebar dari biantang ke manusia.

Virus corona ini juga memiliki kedekatan dengan virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan juga MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Bahkan virus corona ini juga sempat muncul di negara Timur Tengah sampai-sampai di buat sebuah aturan pengunjung di sana dilarang berfoto dengan unta.

Gejala Virus Corona


Apabila orang terkena virus corona maka biasanya akan sakit pada bagian saluran pernafasan disebabkan infeksi pada organ pernafasan serta bisa flu ringan. Jadi bentuk penyakit yang disebabkan oleh virus corona pada manusia adalah batuk, pilek, sakit tenggorokan, pusing dan juga delam dalam beberapa hari.

Walaupun terlihat masih ringan akantetapi bisa berbahaya bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah seperti orang tua yang usia lanjut dan juga kalangan anak-anak. Penyakit akibat infeksi dari virus corona ini adalah akan sakit pada organ pernapasan bawah atau istilahnya pneumonia dan bronkitis.

Gejala Penyakit Virus Corona


Layaknya penyakit flu batuk pilek, virus ini mudah menular melalui liur, batuk yang menyebar melalui udara. Oleh karena itu keika Anda berdekatan dengan orang yang terkena virus corona sebaiknya jangan mendekati mereka dan gunakanlah masker.

Cara Mencegah Virus Corona


Apalagi untuk saat ini Obat Virus Corona ini belum ditemukan, akantetapi pihak Dokter terus melalukan percobaan untuk mendapatkan obat dari virus corona ini. Agar kalian tidak mudah terkena virus corona (COVID-10) silahkan baca ulasannya berikut ini :

1. Biasakan Hidup Sehat Setiap Hari


Pemerintah Indonesia pada pekan ini telah memberikan himbauan untuk berjemur di terik matahari pagi setiap pukul 10.00 di setiap daerah tujuannya dari berjemur ini tiada lain agar tubuh kita mendapatkan sinar matahri terutama vitamin D dan juga untuk membekali tubuh agar mendapatkan keringat dan tentunya lebih sehat.

2. Janganlupa untuk Bercuci Tangan dan Kaki apabila Hendak Masuk Rumah


Pemerintah juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan air berish, mengalir dan juga dengan sabun. Tujuannya adalah agar tangan ataupun anggota tubuh kita bisa terhindar dari Virus dan juga kotoran. Maka dengan rutin mencuci tangan sebelum masuk rumah maka berarti keadaan kita lebih steril dari bakteri ataupun virus.


3. Jangan keluar Rumah ataupun Jalan-jalan ke tempat Keramaian


Sebaiknya selama masa COVID-19 ini hindari untuk keluar rumah ataupun jalan-jalan di tempat keramaian. Hindari kerumunan ataupun juga bisa jaga jarak dengan orang lain 1 Meter kalau Anda berada di tempat umum.

4. Terapkan Lockdown


Yang paling aman untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan berdiam dirumah dan jangan keluar daerah ataupun berpergian ke tempat yang tidak penting. Karena virus corona atau COVId-19 ini sangat cepat penularannya. Bisa melalui udara, cairan, besi, pintu ataupun fasilitas umum. Bahkan virus corona ini mampu bertahan 3 jam lamanya jika berada di ruang ber AC dan menempel di besi ataupun tembaga dan semacamnya.

5. Pergunakan Masker


Kalau Anda sedang pergi keluar rumah maka cara yang cukup untuk mencegah proses penularan Virus Corona adalah dengan mengenakan Masker yang Steril atau Masker khusus. Hal ini tujuannya untuk menghindari kontak uadara ataupun cairan dari batuk orang lain di tempat umum.

6. Budayakan Minum - Minuman Sehat (Jahe) atau Jus Buah


Agar tubuh tetap lebih sehat dan prima maka janganlupa untuk minum-minuman sehat herbal alami seperti jahe, temu lawak ataupun jus buah yang kaya Vitamin. Dan hal ini tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

7. Janganlupa BerOlahraga di Lingkungan Rumah


Nah, sebaiknya selama masa Lockdown janganlupa untuk berolahraga, walaupaun olahraganya berada di dalam rumah ataupun di dingkungan rumah. Janganlupa tetap memberi pemanasan pada tubuh kita. Yang tak kalah penting usahakan menerapkan pola hidup sehat serta jangan lupa minum air putih yang cukup dan istirahat.

8. Kordinasi Denga  Dokter Terdekat


Nah, apabila Anda ada yang mengalami gejala terkena virus corona maka saya sarankan sebaiknya menghubungi Dokter terdekat di wilayah Anda, agar Virus yang ada pada diri Anda tidak menular ke orang lain ataupun ke keluarga Anda dan juga Anda bisa segera untuk di tangani dokter spesialis.

cara mencegah virus corona

Buat kalian yang sudah terjangkit virus corona maka bisa berkonsultasi dan berobat ke klinik terdekat ataupun kerumah sakit.

Penyebaran Virus Corona di Dunia


Perlu kalian ketahui bahwa pertama kali muncul virus corona ini di China pada November 2002. Pada tanggal Juli 2003 ditemukan ada 8.000 kasus yang disebabkan oleh virus ini dan ada 774 orang yang telah meninggal dunia. Wabah virus corona ini telah menyebar ke negara lain seperti di Amerika Utara, Amerika Selatan, serta negara Eropa dan Asia.