Virus Corona : Pengertian, Gejala, Obat dan Cara Mencegahnya

Mediasiana.com - Pengertian Virus Corona, Gejala yang disebabkan oleh Virus corona dan cara mencegah Virus corona. Virus Corona atau Koronavirus adalah jenis virus yang berasal dari familia Coronaviridae dimana virus ini dapat menyebabkan penyakit pada hewan burung dan mamalia. Adapun untuk strukur tubuh dari virus corona ini terdiri dari membran, glikoprotein dan selubung lipid bilayer yang menyerupai sebuah protein nukleokapsid, paku, dan genom RNA positif.

Pengertian Virus Corona


Virus corona ini juga dapat menyerang pada manusia bahkan sekaramg ini heboh di beberapa negara terutama di negara Cina. Organisasi kesehatan dunia (WHO) juga telah memberikan sebuah panduan dalam menghadapi serangan virus corona. Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips dari WHO dalam melawan virus corona ini.

virus corona

Penyebaran Virus Corona


Pada umumnya virus corona ini ditemukan pada biantang dan juga bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) virus corona ini tidak hanya menyebar diantara binatang melainkan virus corona ini juga bisa menyebar dari biantang ke manusia.

Virus corona ini juga memiliki kedekatan dengan virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan juga MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Bahkan virus corona ini juga sempat muncul di negara Timur Tengah sampai-sampai di buat sebuah aturan pengunjung di sana dilarang berfoto dengan unta.

Gejala Virus Corona


Apabila orang terkena virus corona maka biasanya akan sakit pada bagian saluran pernafasan disebabkan infeksi pada organ pernafasan serta bisa flu ringan. Jadi bentuk penyakit yang disebabkan oleh virus corona pada manusia adalah batuk, pilek, sakit tenggorokan, pusing dan juga delam dalam beberapa hari.

Walaupun terlihat masih ringan akantetapi bisa berbahaya bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah seperti orang tua yang usia lanjut dan juga kalangan anak-anak. Penyakit akibat infeksi dari virus corona ini adalah akan sakit pada organ pernapasan bawah atau istilahnya pneumonia dan bronkitis.

Gejala Penyakit Virus Corona


Layaknya penyakit flu batuk pilek, virus ini mudah menular melalui liur, batuk yang menyebar melalui udara. Oleh karena itu keika Anda berdekatan dengan orang yang terkena virus corona sebaiknya jangan mendekati mereka dan gunakanlah masker.

Cara Mencegah Virus Corona


Apalagi untuk saat ini Obat Virus Corona ini belum ditemukan, akantetapi pihak Dokter terus melalukan percobaan untuk mendapatkan obat dari virus corona ini. Agar kalian tidak mudah terkena virus corona maka bisa memakai masker ketika bermain dengan biantang dan juga menerapkan pola hidup sehat serta jangan lupa minum air putih yang cukup dan istirahat.

cara mencegah virus corona

Buat kalian yang sudah terjangkit virus corona maka bisa berkonsultasi dan berobat ke klinik terdekat ataupun kerumah sakit.

Penyebaran Virus Corona di Dunia


Perlu kalian ketahui bahwa pertama kali muncul virus corona ini di China pada November 2002. Pada tanggal Juli 2003 ditemukan ada 8.000 kasus yang disebabkan oleh virus ini dan ada 774 orang yang telah meninggal dunia. Wabah virus corona ini telah menyebar ke negara lain seperti di Amerika Utara, Amerika Selatan, serta negara Eropa dan Asia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Virus Corona : Pengertian, Gejala, Obat dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel