10 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Mediasiana.com - Manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh ternyata sangat bagus sekali. Rajin minum air putih itu bagus untuk tubuh. Selain kandungan airnya yang terkesan netral ternyata menyimpan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Apalagi disaat tubuh kita lelah habis berkativitas seperti olahraga ataupun kegiatan kerja berat yang lainnya. Tentunya disaat tubuh banyak mengeluarkan keringat maka akan mudah sekali terjadi dehidrasi nah dengan minum air putih ini dalam memulihkan stamina tubuh karena kandungan ionnya yang ada di air putih ini memulihkan kembali cairan tubuh yang terbuang dalam bentuk keringat.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan


Beragam manfaat minum air putih yang bisa kita dapatkan, selain dalam memulihkan lagi tenaga juga ada manfaat lainnya. Apalagi bagi kalangan orang dewasa mengeluarkan urine sekitar 1,5 liter perharinya, belum lagi ditambah dengan aktivitas kerja. Maka sangat dianjurkan minum air putih setiap harinya minimal sebanyak 2 liter atau 8 gelas dengan ukuran agak besar. Namun ukuran tersebut tidak berlaku bagi mereka yang bekerja di lapangan pada suasana terik matahari, tentunya mereka akan di anjurkan mengkonsumis lebih banyak lagi airnya sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Apalagi manusia ini terdiri dari 60 % cairan yang ada di dalam tubuh. Kalau cairan itu berkurang tentunya akan menghambat sistem peredaran pada tubuh manusia, baik itu sistem pernapasan, peredaran darah dan penyaluran zat lainnya di dalam tubuh. Kalau orang kurang minum maka akan mudah sekali badannya lemas bahkan bisa pingsan.

Dengan mencukupi cairan tubuh setiap harinya akan mempermudah kinerja sistem peredaran pada tubuh manusia, seperti otot tubuh, jantung, paru-paru, peredaran darah, sistem pencernaan semua akan dapat berjalan normal ketika tubuh kita mendapatkan cairan yang cukup melalui air putih. Karena air putih ini adalah air yang bagus dibandingkan dengan air-air minuman yang sudah tercampur zat kimia maupun pemanis buatan.

Nah, untuk itu buat kalangan anak-anak sampai orang tua sangat di anjurkan mium air putih setiap hari. Jadi, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk merangkum manfaat dari minum air putih setiap hari bagi kesehatan tubuh kita. Buat kalian jangan lewatkan untuk membaca artikel ini sampai selesai. Tanpa banyak basa-basi lagi mari simak ulasannya berikut ini :

10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh Kita :


1. Membentuk Ludah dan Lendir


Rutin minum air putih yang cukup setipa hari dapat memberikan asupan air pada tubuh termasuk dalam menyediakan air ludah dan lendir pada organ manusia seperti pada bagian rongga mulut dan rongga hidung serta pada bagian tubuh lainnya. Maka dari itu sangat dianjurkan sekali kita untuk minum air putih setiap hari.

2. Melumasi Persendian


Yang namanya persendian manusia juga butuh yang namanya cairan. Jadi kalau sendi kering tentunya akan bisa menimbulkan kerusakan pada tulang. Anggaplah air ini layaknya oli yang merawat dan melumasi bagian-bagian persendian.


3. Menyalurkan Oksigen ke Seluruh Tubuh


Dalam menyalurkan makanan dan juga darah ternyata oksigen di dalam tubuh juga membutuhkan media pengantar. Dan untuk media pengantar yang sangat baik dan steril adalah air putih. Apabila kita kekurangan air putih maka tubuh akan mudah lelah bahkan tidak bertenaga.Hal ini dikarenakan peredaran oksigen dalam tubuh tidak merata dan tersendat dengan kita rutin mimun air setiap hari dengan kadar yang cukup maka oksigen akan mudah di salurkan oleh air ke bagian tubuh kita.

4. Menyehatkan Kulit


Kulit manusia juga membutuhkan kelembapan. Biasanya air yang ada di dalam tubuh inilah yang berperan membantu untuk menyehatkan kulit. Tidak heran kalau banyak dokter menyarankan kita minum air putih setiap hari salah satu tujuannya adalah agar kulit kita lebih sehat.

5. Sebagai bantal Otak, Tulang Sumsum dan jaringan tubuh lainnya


Air juga dapat mendukung kinerja otak menjadi lebih baik. Air juga dapat mendukung produksi neurotransmitter jadi dapat memperbaiki sistem kerja otak dan dapat membuat manusia lebih mudah dalam bernalar.

6. Dapat membantu mengatur suhu Tubuh


Suhu tubuh manusia juga berubah-ubah seiring suhu lingkungan dan juga kesehatan tubuh. Air yang cukup berada di dalam tubuh juga dapat membantu dalam mengatur suhu tubuh manusia.

7. Membantu sistem kerja Pencernaan


Air juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Sangat dianjurkan kita minum air putih secara rutin agar sistem pencernaan kita lebih lancar dan bisa bekerja dengan baik. Sistem pencernaan ini juga meliputi usus, urin dan hal lainnya.

8. Membersihkan sisa-sisa makana dalam Tubuh


Air putih layaknya pembersih sisa-sisa makana maupun racun. Maka tidak heran kalau dokter menyarankan minum air putih secara rutin agar racun yang ada di dalam tubuh ini bisa terbuang melalui BAB ataupun buang Air Kecil.

9. Membantu Menjaga Tekanan Darah


Tekanan darah yang tidak stabil juga bisa disebabkan oleh faktor tubuh yang kekurangan air. Maka dari itu sangat di anjurkan kita menjaga asupan kandungan air dalam tubuh agar badan tetap vit dan tekanan darah bisa stabil.

10. Melancarkan Saluran Udara


Dengan sering minum air putih secara rutin setiap hari maka kita akan bisa terhindar dari Asma. Disaat seseorang mengalami dehidrasi otomatis saluran udara akan dibatasi maka untuk membuka ataupun melancarkan saluran udara tersebut seseorang tersebut di anjurkan untuk minum air putih.

Penutup

Nah, itulah beberapa hal dari manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga dengan adanya ulasan manfaat air putih ini menjadikan kita lebih gemar minum air putih ketimbang minum-minuman yang berwarana ataupun mengandung zat yang berbahaya. Demikian yang dapat saya sajikan semoga bisa menjadi referensi bagi para pembaca sekalian. Demikian dari saya sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel