Mengenal Struktur Kerangka Manusia

Mediasiana.com - Mengenal Struktur Kerangka Manusia. Suatu kebesaran Tuhan sebagai Maha Pencipta sehingga manusia mempunyai rangka yang terdiri dari berbagai jenis tulang yang bentuknya bermacam-macam. Tulang ada yang berbentuk pipih, pendek, dan panjang. Apa yang terjadi jika manusia tidak memiliki rangka? Coba diskusikan dengan temanmu!


Struktur Kerangka Manusia


Perhatikan Gambar 1dibawah ini, ada berapa bagian rangka manusia?



Struktur Kerangka Manusia

Rangka manusia terbagi atas tiga bagian, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Apakah bentuk tulangnya sama? Coba bandingkan bentuk rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Apa fungsi masing-masing?

1. Kerangka Kepala


Kerangka Kepala Manusia


Rangka kepala dikenal dengan nama tengkorak. Amati Gambar 1.2. Rangka tulang kepala berbentuk bulat, disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipih. Tulang-tulang ini bersatu membentuk sendi, tetapi tidak dapat digerakkan. Tulangnya keras, gunanya untuk melindungi otak. Otak merupakan bagian tubuh manusia yang amat penting dan sangat lunak.

2. Rangka Badan


Amati Gambar 1.3, terdiri dari tulang apa saja rangka badan manusia?

Kerangka Badan Manusia


Rangka badan disusun oleh berbagai macam tulang, yaitu sebagai berikut.
  1. Ruas-ruas tulang belakang. Sambungan antartulang ini dapat digerakkan. Coba gerakkan tubuhmu ke depan atau membungkuk ke depan, atau gerakkan tubuhmu ke pinggir. Kamu dapat membungkukkan tubuhmu karena adanya tulang-tulang belakang.
  2. Tulang dada. Sambungan tulang-tulang ini tidak dapat digerakkan.
  3. Tulang-tulang rusuk. Sambungan tulang-tulang ini dapat digerakkan.

Tulang rangka badan ada yang berbentuk pipih, misalnya pada tulang rusuk dan belikat. Ada juga yang bentuknya pendek, misalnya pada ruas-ruas tulang belakang. Rangka badan membentuk rongga dada sehingga berfungsi untuk melindungi paru-paru, jantung, hati, dan lambung.

3. Rangka Anggota Gerak


Rangka anggota gerak pada manusia terdiri atas rangka tangan dan rangka kaki. Coba perhatikan Gambar 1.4 berikut ini.

Kerangka anggota gerak manusia


Bentuk rangka tangan dan rangka kaki yang memanjang disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipa dan keras. Masing-masing tulang dihubungkan dengan sendi sehingga dapat bergerak. Gerakan pada tangan dan kaki berbeda-beda.


Coba gerakkan lenganmu! Kamu dapat memutarkan lengan ke segala arah. Sendi yang membantu gerakan ini disebut sendi peluru.

Coba gerakkan kakimu, apakah kamu dapat memutarkan kakimu? Coba gerakkan lengan bagian siku dan kaki bagian lutut. Apakah dapat diputar? Kaki dan tanganmu dapat
ditekuk. 

Gerakan menekuk dapat dilakukan karena pada siku dan lutut terdapat sendi engsel. Coba kamu tekuk kakimu, apakah sendinya sama dengan sendi pada lenganmu? Setelah mengenal masing-masing struktur rangka kepala, badan, dan anggota gerak. Apa guna rangka tubuh? Coba amati apa yang menempel pada tulang tubuhmu?

Rangka tubuh manusia berguna untuk:

a. menentukan bentuk tubuh;
b. menegakkan tubuh;
c. melekatnya otot atau daging;
d. melindungi bagian-bagian tubuh yang penting dan lunak.

Rangkuman
  1. Rangka manusia disusun oleh bermacam-macam bentuk tulang, yaitu tulang pipih, tulang pendek, dan tulang pipa.
  2. Rangka manusia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.
  3. Tulang-tulang yang membentuk rangka kepala berbentuk pipih.
  4. Tulang-tulang yang menyusun rangka badan ada yang berbentuk pipih, misalnya pada tulang rusuk dan belikat, ada juga yang pendek misalnya pada ruas-ruas tulang belakang.
  5. Tulang-tulang yang menyusun rangka anggota gerak berbentuk pipa.
  6. Rangka berguna untuk menentukan bentuk tubuh, menegakkan dan menguatkan tubuh, tempat melekatnya otot atau daging, dan melindungi bagian-bagian yang penting dan halus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Struktur Kerangka Manusia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel