Mengenal Alat Indra Manusia

Mediasiana.com - Mengenal Pancaindra Manusia. Kita harus bersyukur karena dapat melihat, mendengar, meraba, mencium bau, dan merasakan enaknya makanan. Semua ini karena kita memiliki alat indra ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Coba sebutkan alat indra apa saja yang ada pada manusia! Apakah alat indra yang kita miliki harus kita rawat? Bagaimana cara merawat alat indra tersebut? Lalu bagaimana jika alat indra tidak berfungsi dengan baik? Untuk lebih memahami mengenai alat indra ini, mari kita pelajari uraian berikut ini.


Pancaindra Manusia


Jumlah indra pada tubuh kita ada lima sehingga sering disebut pancaindra. Apa saja yang termasuk pancaindra? Apa kegunaan pancaindra bagi kita?


1. Indra Penglihat


Kita dapat mengetahui bermacam-macam warna, terang, gelap, dan pemandangan yang indah dengan mata. Alangkah bahagianya orangorang yang bermata sehat karena dapat menikmati segala keindahan alam. Bagaimana jika mata tidak berfungsi dengan baik?


mata manusia


Mata bisa melihat karena ada cahaya atau terang. Coba amati warna iris matamu di cermin. Amati pula warna iris mata temanmu. Apakah warnanya sama? Iris mata berwarna cokelat. Iris mata berfungsi untuk menyerap cahaya.

Cahaya masuk ke dalam mata melalui pupil. Bagaimana keadaan pupil jika kamu dan temanmu berada di tempat terang? Bagaimana pula jika di tempat gelap? Untuk mengetahuinya, lakukan kegiatan berikut ini.

Pada tempat terang dan redup atau gelap, ukuran pupil mata ada perbedaan. Di tempat terang, pupil akan mengecil karena cahaya yang masuk ke dalam mata hanya perlu sedikit supaya tidak menyilaukan. Sebaliknya di tempat yang redup atau cahayanya kurang, pupil akan membesar karena cahaya yang masuk harus lebih banyak. Jadi, pupil mata berfungsi untuk memasukkan cahaya ke dalam mata sehingga mata dapat melihat atau mata berfungsi sebagai indra penglihat.

Bagian lain dari mata adalah lapisan bening dan kelopak mata. Lapisan bening berfungsi untuk melindungi bagian mata agar dapat melihat, sedangkan kelopak mata berfungsi untuk melindungi mata dari debu.


2. Indra Pendengar


Di sekitar kita terdapat berbagai macam bunyi. Telinga kita dapat mendengar bunyi-bunyian tersebut. Apa saja bagian-bagian telinga dan bagaimana cara kerja telinga? Amati Gambar 2.2 berikut ini.


indra pendengaran


Telinga terdiri atas telinga luar, tengah, dan dalam. Telinga luar terdiri atas daun telinga yang berfungsi untuk menampung suara. Antara telinga luar dan telinga tengah terdapat gendang telinga atau selaput getar.

Gendang telinga akan digetarkan oleh suara yang masuk. Selanjutnya suara masuk ke telinga bagian tengah melalui tulang-tulang telinga. Kemudian suara masuk ke telinga bagian dalam melalui rumah siput dan serabut saraf yang dihubungkan ke otak. Melalui proses tersebut orang dapat mendengar berbagai suara. Apa yang terjadi jika selaput gendang pecah?


3. Indra Pembau


“Alangkah harumnya bunga ini.” Itulah ungkapan seorang siswa kelas 4 SD yang sedang berjalan-jalan di taman bunga. Hidung merupakan alat indra untuk mencium bau. Apa saja bagian-bagian hidung dan bagaimana hidung dapat mencium bau?


indra penciuman


Apakah temanmu itu dapat menerka dengan betul seluruhnya? Jika tebakan yang betul lebih banyak daripada yang salah, kepekaan hidung temanmu sudah baik.

Udara akan masuk ke dalam hidung melalui lubang hidung sehingga udara yang bau akan tercium oleh hidung karena bagian rongga hidung peka terhadap bau. Dalam rongga hidung terdapat ujung-ujung saraf yang menerima bau, kemudian oleh saraf-saraf tersebut disampaikan ke otak sehingga kita dapat mencium berbagai macam bau. Jika kamu influenza, dapatkah mencium bau?


4. Indra Pengecap



indra pengecap


Jika kita sedang sehat, memakan makanan apa saja rasanya enak, tetapi jika kita sedang sakit, makanan apa pun berasa tidak enak. Apakah sebabnya? Bagian apa dari tubuhmu yang dapat merasakan rasa makanan? Lakukan kegiatan berikut ini.

Coba julurkan lidahmu di depan cermin, apa yang kamu lihat di permukaan lidahmu? Permukaan lidah memiliki tonjolantonjolan kasar yang peka terhadap rasarasa tertentu. Rasa manis diterima oleh bagian ujung lidah. Rasa asin dan asam diterima oleh bagian kiri dan kanan lidah. Rasa pahit diterima oleh bagian belakang lidah. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar lidah dan daerah-daerah rasa.


5. Indra Peraba



indra peraba

Coba kamu raba baju yang kamu pakai. Apa yang kamu rasakan? Kulit manusia terdiri atas dua bagian, yaitu kulit ari dan kulit jangat. Kulit ari merupakan kulit yang tipis terdapat di permukaan kulit, sedangkan kulit jangat merupakan kulit bagian dalam. Perhatikan bagian-bagian kulit pada gambar berikut ini.

Apakah kulit dapat merasakan kasar atau halusnya kain? Kulit manusia sangat peka terhadap rasa kasar atau halus. Selain itu, kulit juga peka terhadap panas atau dingin, dan rasa nyeri. Kasar atau halusnya kain akan dapat dirasakan oleh kulit karena kasarnya kain terasa oleh ujung saraf pada kulit, kemudian dilanjutkan ke otak sehingga kita dapat mengetahui kekasaran kain tersebut. Jadi, kulit merupakan indra peraba.


Cara Merawat Pancaindra Manusia


Pada bagian sebelumnya, kamu telah mempelajari pancaindra dan fungsi pancaindra. Apakah pancaindra harus kita rawat? Bagaimana cara merawat pancaindra? Untuk mengetahuinya, pelajari uraian berikut ini. Kesehatan pancaindra dapat menentukan kemampuan pancaindra dalam melakukan fungsinya. Apa yang terjadi jika salah satu indra kita terganggu?


1. Perawatan Mata


Mata yang sehat dapat melihat dengan baik. Agar mata kita tetap baik dan sehat, hal-hal yang harus kita lakukan misalnya kalau membaca harus di tempat yang terang, jarak mata dengan buku jangan terlalu dekat, dan jangan membaca sambil berbaring atau dalam kendaraan. 

Jika matamu terkena debu, jangan langsung digosok-gosok karena mata dapat terluka. Teteskan obat tetes mata agar debu yang masuk ke dalam mata mudah keluar. Selain itu, biasakan pula makan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, misalnya wortel, tomat, pepaya. Vitamin A dapat membantu memperkuat kemampuan mata dalam melihat.


2. Perawatan Telinga


Telinga merupakan bagian indra yang sebagian besar bagianbagiannya tidak dapat dilihat dari luar. Telinga dapat dibersihkan dengan menggunakan alat-alat pembersih telinga dengan hati-hati dan pelanpelan supaya tidak luka dan infeksi. Untuk menjaga kesehatan telinga, jangan suka mengorek-ngorek telinga terlalu dalam. Jika kita merawat telinga dengan baik, kita akan terhindar dari penyakit pekak dan peradangan yang merusak alat
pendengaran kita.


3. Perawatan Hidung


Hidung yang sehat akan membuat kita nyaman dalam bernapas dan mencium bau. Hidung dapat dibersihkan pada saat mandi. Hidung jangan sampai terkena benturan benda keras, dan jangan memasukkan bendabenda kecil ke dalam hidung. Jika kesehatan hidung kita terganggu, pernapasan kita pun akan terganggu dan daya penciuman akan menurun.


4. Perawatan Lidah


Apa yang kamu rasakan jika lidahmu sakit? Lidah yang mengalami gangguan karena suatu penyakit menyebabkan daya mengecap rasa hilang, nafsu makan berkurang, dan berbicara pun agak susah. Perawatan lidah erat kaitannya dengan perawatan mulut. Agar lidah selalu sehat, kita harus menghindari minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin serta makanan yang pedas. Ada baiknya juga membersihkan lidah setiap selesai makan dengan cara berkumur. Kebiasaan berkumur setelah makan dapat membantu merawat lidah.


5. Perawatan Kulit


Kulit harus kita pelihara karena selain sebagai indra peraba, kulit juga melindungi tubuh bagian dalam. Apa yang kamu rasakan jika kulitmu kotor dengan tanah? Perawatan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya mandi sedikitnya dua kali sehari dengan air bersih dan memakai sabun mandi. Biasakan pula untuk berganti pakaian yang bersih setiap hari, khususnya pakaian dalam. Selain itu, biasakanlah untuk memakan
makanan yang mengandung vitamin, misalnya sayuran sehingga kulitmu halus dan segar. Jika akan ada kegiatan di bawah panas matahari atau berenang, sebaiknya kulit diolesi dengan pelembap atau “sun block” (penahan sinar matahari).

Rangkuman


1. Mata dapat melihat karena iris mata menyerap cahaya, kemudian dimasukkan ke dalam mata melalui pupil mata.
2. Telinga dapat mendengar bunyi karena bunyi dapat menggetarkan selaput gendang.
3. Udara yang bau dapat tercium oleh hidung karena rongga hidung peka terhadap bau.
4. Pada permukaan lidah terdapat tonjolan-tonjolan kasar tetapi halus sehingga dapat merasakan rasa asin, manis, asam, dan pahit.
5. Kulit merupakan alat indra peraba untuk panas atau dingin, kasar atau halus dan untuk rasa nyeri.

Peta Konsep Alat Indra Manusia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel