Widget HTML Atas

Teks Eksplanasi : Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contohnya

Mediasiana.com - Contoh Teks Eksplanasi, Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri Teks Eksplanasi beserta Struktur Teks Ekplanasi akan saya berikan ulasannya berikut ini, untuk itu silahkan Anda simak dengan tertib dan hati yang damai agar materinya mudah Anda pahami.  

Karena pada perjumpaan ini akan saya berikan Pengertian Teks Eksplanasi, Contoh Teks Eksplanasi dan juga ciri Teks Eksplanasi lengkap beserta Struktur Teks Eksplanasi.
Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi sebuah pertanyaan tentang bagaimana dan mengapa suatu kejadian atau peristiwa sosial, budaya, peristiwa alam, tentang ilmu pengetahuan dan masih banyak yang lainnya. Jadi, Teks Eksplanasi ini menjelaskan tentang suatu peristiwa baik itu kejadian sosial, ekonomi, kejadian alam yang terjadi dilingkungan kita, kejaidan suatu peristiwa tentunya tidak lepas dengan namanya sebab akibat dan juga proses,

Ciri - ciri Teks Eksplanasi

Adapun untuk ciri-ciri Teks Eksplanasi akan saya berikan pada kesempatan ini, utnuk itu silahkan Anda pahami ciri-ciri Teks Eksplanasi dibawah ini:
  1. Untuk informasi yang di bahas dan dimuat adalah berdasarkan Fakta (faktual)
  2. Identik yang dibahas dalam Teks Eksplanasi ini adalah suatu fenomena yang umumnya bersifat keilmuan ataupun masih berhubungan dengan ilmu pengetahuan
  3. Menceritakan tentang suatu kejadian atau peristiwa, jadi masih menyangkut peristiwa alam dan juga berhubungan dengan ilmu pengetahuan
  4. Untuk sifat Teks Eksplanasi ini bersifat Informatif dan juga tidak berusaha untuk mempengaruhi para pembaca untuk bisa percaya terhadap hal-hal yang sedang dibahasa dalam Teks Eksplanasi ini
  5. Menggunakan kata-kata penanda yang berurutan
  6. Struktur dalam hal ini terdiri dari tiga bagian, seperti :Pertanyaan umum, interprestasi dan sebab akibat
  7. Biasanya lebih fokus pada hal umum atau Generik, bukan partisipan kepada manusia, contohnya seperti tentang : Tsunami, gempa bumi, hujan. banjir, tanah longsor dan lainnnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Adapun untuk Sruktur Teks Eksplanasi ini terdiri dari beberapa bagian, agar kalian bisa lebih paham maka pada kesempatan ini akan saya berikan Struktur Teks Eksplanasi untuk itu silahkan Anda pahami struktur Teks Eksplanasi dibawah ini !

1. Pertanyaan Umum

Pertanyaan umum adalah paragraf pertama, biasanya pada paragraf pertama ini terdapat ide pokok gagasan sehingga paragraf pertama adalah inti dari awal pembukaan suatu bahan bacaan. Dan biasanya ini akan teralur dan beururtan ke paragraf yang kedua, jadi pembahasannya masih bersangkutan

2. Urutan Sebab dan Akibat

Pada bagian yang kedua, disini akan berisi suatu uraian tentang cerita terjadinya peristiwa. Jadi kalian bisa uraikan sebab dan akibatnya kenapa peristiwa itu bisa terjadi dan akibatnya untuk masyarakat ataupun kondisi alam bagimana. Maka uraikan hal tersebut pada bagian ini.

3. Interprestasi

Adapun untuk Interprestasi adalah suatu paragraf yang berisikan kesimpulan dari apa yang dibahas seperti pembahasan peristiwa tanah longsor maka pada bagian ini kalian akan menguraikan dengan singkat dan padat yang berupa kesimpulan pembahasan, seperti layaknya penelitian ilmiah atau skripsi. Jadi kalain bisa memberikan saran bagaimana cara mengatasi peristiwa tersebut supaya tidak bisa terjadi nantinya.

Dengan adanya Struktru Teks Eksplanasi ini maka bahan bacaan ataupun suatu tulisan akan terstruktur dengan baik dan menjadi satu kesatuan, mudah di pahami, dan pembahasannya berurutan serta adanya kesimpulan pada akhir tulisan.

Kaidah Teks Eksplanasi


Kaidah pembahasan Teks Ekplanasi biasanya terdapat beberapa hal, adapun agar Anda lebih faham maka akan saya berikan Kaidah Teks Eksplanasi berikut ini :

Biasanya pembahasannya lebih fokus pada hal umum / Generic, jadi bukan partisipan pada manusia atau nonhuman participants. Contohnya : Terjadi Musibah Gempa Bumi, Tsunami, Gunung Meletus, Tanah Longsor, Banjir, Hujan Es dan lainnya.
Biasanya dalam tulisannya lebih banyak menggunakan istilah ilmiah
Biasanya banyak menggunakan Verba material dan juga Verba relasional atau kata kerja aktif
Lebih condong menggunakan bahasa pasif
Tulisan Eksplanasi ini lebih ditulis dan dibuat berdasarkan justifikasi artinya suatu kejadian diterangkan secara kausal itu memang sebenarnya benar adanya.

Contoh Teks Eksplanasi


Berikut Contoh teks Eksplanasi akan saya berikan agar kalian lebih paham, untuk itu silahkan Anda simak dengan baik ulasannya berikut ini!

Judul : Banjir di Kota Jakarta

1. Pertanyaan Umum sebagai Pembuka :

Banjir adalah suatu hal yang sering terjadi di Kota Jakarta apabila Turun Hujan dengan insenti deras dengan waktu 1- 2 jam saja. Banjir di Kota Jakarta bisa mencapai setinggi 1 Meter bahkan bisa dua meter. 

Kenapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini terjadi karena hujan dan penyebab utamanya adalah karena Sungai yang tidak bisa menampung debit air yang semakin banyak.

2. Deretan Penjelas / Isi

Banjir di Kota Jakarta sangat mudah terjadi karena banyaknya sampah yang memenuhi dasar sungai bahkan selokan atau aliran sungai tertutup oleh sampah plastik yang sangat banyak. Ditambah dengan bangunan beton membuat air lambat meresap kedalam tanah. Sehingga kalau terjadi hujan selama 1 - 2 jam saja di Kota Jakarta akan mudah sekali banjir.

3. Penutup / Interprestasi

Dengan hal demikian maka hendaknya para masyarakat ataupun penduduk Kota Jakarta jangan lagi suka buang sampah sembarangan apalagi dibataran sungai ciliwung. Kalau hal seperti ini terus dilakukan maka banjir akan mudah sekali terjadi. Dan untuk bangunan beton kalau bisa Pemerintah terkait membuatkan pori-pori tanah sebagai resapan air agar nantinya di Jakarta tidak mudah terjadi Banjir.

Nah, itulah pembahasan tentang Teks Eksplanasi : Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contohnya. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman semua. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan dalam perjumpaan kali ini, semoga bermanfaat sampai jumpa dipembahasan yang lainnya.
.....KLIK 1X (CLOSE).....